close

10 Ide Bisnis Sampingan Fleksibel untuk PNS, Tanpa Mengganggu Jam Kerja

Banyak pekerjaan part-time yang bisa dijadikan sebuah bisnis sampingan bagi seorang (Pegawai Negeri Sipil) PNS.  Terutama di era digital seperti sekarang ini, di mana seseorang bisa memulai sebuah bisnis hanya dengan menggunakan smartphone saja. 

Pegawai negeri merupakan profesi yang sangat dicari, terutama oleh kaum muda karena dinilai memiliki banyak keuntungan, seperti stabilitas keuangan, dana pensiun, serta terbebas dari PHK. Namun, menjadi pegawai negeri juga perlu mengembangkan bisnis sendiri. Hal ini terutama benar dengan tingkat inflasi yang sangat berpengaruh terhadap kebutuhan pokok sehari-hari. Sehingga membuka bisnis sampingan akan menjadi keuntungan tersendiri.

Selain itu, Badan Kepegawaian Negara (BKN) juga sangat mendorong para pegawai negeri untuk berwirausaha, terutama sejak adanya pandemi Covid-19. Sebelumnya, ini tidak diizinkan, tetapi Kepala BKN Bima Harla Wibisana berpendapat bahwa sekarang memiliki bisnis sampingan bisa menciptakan lapangan pekerjaan serta meningkatkan kesejahteraan secara mandiri.

PNS harus memiliki bisnis sampingan karena dapat meningkatkan finansial rumah tangga, mempersiapkan ekonomi rumah tangga setelah pensiun.

Adapun alasan PNS boleh mulai berbisnis, diantarnya untuk: menyalurkan hobi, dan mengisi waktu luang dengan produktif. Gaji PNS mungkin sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, tetapi memiliki tanggungan lain seperti cicilan dan biaya sekolah anak. Selain itu, biaya hidup juga akan terus bertambah setelah pensiun, sehingga mempersiapkan finansial sejak dini sangat penting. 

PNS juga dapat menyalurkan hobi tertentu menjadi bisnis yang menguntungkan. Bisnis sampingan yang dijalankan tidak perlu besar, bisa hanya membuat sesuatu yang kreatif untuk mengisi waktu luang dengan produktif.

Berikut ini adalah beberapa daftar perkerjaan sampingan yang cocok untuk PNS.

1. Menjadi  Reseller

Menjadi reseller buku merupakan bisnis yang tidak membutuhkan waktu dan modal yang banyak serta dapat dilakukan secara online menggunakan gadget. Bisnis ini sangat cocok untuk PNS karena memiliki pertemanan yang luas yang dapat menyarankan buku pendidikan, bisa dilakukan secara online saat waktu luang, sistem dropship yang memudahkan dalam hal stok dan pengiriman, margin keuntungan yang fleksibel dan besar, produk dengan niche market yang memudahkan dalam mencari pelanggan, serta banyak keuntungan lain yang dapat diperoleh. Bisnis lain yang cocok bagi PNS adalah menjadi guru online atau memberikan les privat, bisnis yang bermodal kecil namun menghasilkan

2. Membuka Jasa Les Privat

Bisnis guru online atau les privat merupakan bisnis yang memfokuskan pada memberikan jasa belajar atau bimbingan belajar secara online atau tatap muka kepada siswa atau murid. Bisnis ini bisa dikerjakan oleh seorang PNS yang memiliki keahlian atau pengalaman dalam bidang tertentu, seperti bahasa, matematika, komputer, atau bidang lain yang dapat diajarkan. Bisnis ini dapat dilakukan secara online melalui aplikasi atau website yang menyediakan platform untuk mengajar, atau bisa juga dilakukan secara tatap muka dengan datang ke tempat siswa atau menyediakan tempat untuk belajar.

3. Jualan di Shopee

Bisnis jualan di Shopee adalah bisnis yang memfokuskan pada menjual produk secara online melalui platform e-commerce bernama Shopee. Shopee merupakan salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia yang menyediakan berbagai macam produk dari berbagai kategori, seperti fashion, elektronik, peralatan rumah tangga, dan lain-lain.

Untuk memulai bisnis jualan di Shopee, Kamu harus terlebih dahulu mendaftar sebagai penjual di platform tersebut. Setelah terdaftar, Kamu dapat membuat toko online di Shopee dengan mengunggah produk yang akan dijual, memberikan deskripsi produk, harga, dan foto produk. Selanjutnya, Kamu dapat mempromosikan toko dan produk yang dijual melalui media sosial atau iklan di Shopee untuk menarik pembeli.

Bisnis jualan di Shopee bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan karena memiliki jangkauan pasar yang luas dan proses transaksi yang mudah.

4. Toko Buku Online

Bisnis toko online adalah bisnis yang memfokuskan pada menjual produk secara online melalui platform e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan lain-lain. Bisnis toko online bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan karena memiliki jangkauan pasar yang luas dan proses transaksi yang mudah. 

Selain itu, bisnis toko online juga fleksibel karena dapat dijalankan dari mana saja asalkan terhubung dengan internet.

Untuk memulai bisnis toko online, Kamu perlu memutuskan apa yang akan dijual di toko tersebut. Ini bisa berupa produk fisik atau digital yang Kamu buat sendiri atau yang Kamu jual sebagai reseller. Selanjutnya, Kamu perlu memilih platform e-commerce yang akan digunakan untuk mengelola toko online tersebut. Setelah memilih platform e-commerce, Kamu perlu mendaftar sebagai penjual dan membuat toko online dengan mengunggah produk yang akan dijual, memberikan deskripsi produk, harga, dan foto produk.

5. Bisnis Katering

Bisnis katering adalah bisnis yang memfokuskan pada menyediakan makanan dan minuman untuk acara-acara seperti pesta pernikahan, kantor, seminar, atau acara lainnya. Bisnis katering bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan karena permintaan akan jasa katering cenderung tinggi, terutama di kota-kota besar.

Untuk memulai bisnis katering, pertama-tama Kamu perlu mempersiapkan konsep bisnis yang akan ditawarkan, seperti menu makanan dan minuman yang akan disediakan, harga yang ditawarkan, dan jenis acara yang akan dilayani. Selanjutnya, Kamu perlu mempersiapkan fasilitas dan peralatan yang dibutuhkan, seperti peralatan masak, piring, sendok, dan lain-lain.

6. Jualan Paket Data, Pulsa dan Tagihan

Bisnis jualan paket data, pulsa, dan tagihan adalah bisnis yang memfokuskan pada menjual produk-produk tersebut kepada konsumen. Bisnis ini bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan karena permintaan akan produk-produk tersebut cenderung tinggi, terutama di era digital saat ini dimana orang membutuhkan koneksi internet dan pulsa untuk mengakses berbagai layanan online.

Untuk memulai bisnis jualan paket data, pulsa, dan tagihan, pertama-tama Kamu perlu memutuskan produk apa saja yang akan dijual, seperti paket data internet, pulsa, atau tagihan listrik atau air. Selanjutnya, Kamu perlu mempersiapkan modal untuk membeli produk tersebut dari pemasok, seperti operator selular atau perusahaan penyedia layanan listrik dan air.

7. Menjadi Seorang Freelance

Menjadi freelance adalah sebuah pekerjaan yang memfokuskan pada menyediakan jasa secara mandiri tanpa terikat dengan suatu perusahaan atau organisasi. Pekerjaan freelance bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan karena Kamu dapat menentukan waktu kerja dan proyek yang akan dikerjakan sesuai dengan kemampuan dan waktu yang Kamu miliki.

Untuk menjadi freelance, pertama-tama Kamu perlu memutuskan jenis jasa apa yang akan ditawarkan. Ini bisa berupa jasa desain grafis, penulisan artikel, pembuatan website, atau jenis jasa lainnya. Selanjutnya, Kamu perlu mempersiapkan portofolio yang menunjukkan pengalaman dan kemampuan Kamu dalam bidang tersebut.

8. Buat Kerajinan

Bisnis ciptakan kerajinan adalah bisnis yang memfokuskan pada menciptakan dan menjual kerajinan tangan seperti perhiasan, aksesoris, atau produk kerajinan lainnya. Bisnis ini bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan karena permintaan akan produk kerajinan tangan cenderung tinggi, terutama di kalangan konsumen yang mencari produk yang unik dan terbatas.

Untuk memulai bisnis ciptakan kerajinan, pertama-tama Kamu perlu memutuskan produk apa yang akan diciptakan dan dijual. Ini bisa berupa perhiasan, aksesoris, atau produk kerajinan tangan lainnya yang memiliki nilai tambah seperti keunikan atau keindahan. Selanjutnya, Kamu perlu mempersiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat produk tersebut, serta mempelajari teknik pembuatan produk kerajinan tangan yang tepat.

9. Menjadi MC 

Menjadi MC (Master of Ceremony) adalah sebuah pekerjaan yang memfokuskan pada menjadi moderator atau pembawa acara untuk acara-acara seperti pesta pernikahan, konser, seminar, atau acara lainnya. Pekerjaan ini bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan karena permintaan akan MC cenderung tinggi, terutama di kota-kota besar.

Untuk menjadi MC, pertama-tama Kamu perlu mempersiapkan diri dengan memperkuat kemampuan berbicara di depan umum, seperti kemampuan membaca teleprompter atau membawakan acara dengan lancar.

10. Mendaftar Program Afiliasi

Menjamurnya e-commerce di Indonesia ternyata membuka banyak peluang pekerjaan sampingan, salah satunya menjadi afiliasi atau affiliate e-commerce tersebut.

Dengan memilih bisnis sampingan yang fleksibel, Kamu bisa mengelola waktu Kamu dengan lebih efektif dan tetap menjalankan pekerjaan utama sebagai PNS dengan baik. Selain itu, memiliki bisnis sampingan juga dapat menambah pengalaman dan kemampuan yang berguna bagi karier Kamu di masa depan.

Back to top button