close
Uncategorized

10 Jurusan Kuliah IPS dengan Prospek yang Menjanjikan

Persaingan dunia kerja begitu ketat, semua orang dituntut untuk terus meningkatkan skill dibidang apapun. Pendidikan juga memiliki peran penting dalam menentukan posisi dan status kamu kedepannya. Jadi banyak siswa SMA yang memutuskan untuk melanjutkan kuliah.

Latar belakang jurusan, membuat kamu harus memilih fokus jurusan kuliah yang masih memiliki relasi dengan jurusan kamu saat di SMA. Misalkan kamu masa sma nya adalah siswa dari jurusan IPS. Biasanya saat kuliah nantinya memilih jurusan kuliah yang memiliki hubungan dengan ilmu sosial. Begitupun jika kamu dari anak IPA, biasanya memilih jurusan yang berkaitan dengan ilmu Sains dan Kesehatan. Namun tak sedikit juga yang melakukan lintas jurusan.

Terkhusus untuk kamu yang dari SMA jurusan IPS, ada beberapa jurusan yang bisa kamu pilih. Jurusan-jurusan ini bisa terbilang menjanjikan untuk kedepannya.

Catatan:

Semua jurusan memiliki peluang untuk sukses kedepannya. Sukses atau tidaknya kita nantinya, semua itu sesuai dengan usaha dan kerja keras.

Penasaran jurusan apa saja, yang bisa kamu pilih saat kuliah dengan prospek yang menjanjikan? Yuk simak!

1. Sistem Informasi Manajemen

Jurusan yang pertama ini yaitu jurusan yang mengabungkan, bisnis dengan teknologi. Cocok untuk kamu yang suka dengan penerapan bisnis berbasis IT. Jurusan ini dapat memberikan sebuah solusi, terhadap masalah yang ada dalam dunia industri

2. Manajemen Bisnis

Jurusan yang kedua ini, masih terkait dengan dunia bisnis. Namun disini lebih kepada bagaimana mengembangkan sebuah bisnis agar mendapatkan keuntungan yang maksimal, membangun sebuah kekuatan bisnis, serta dapat memberikan solusi yang logis dalam dunia bisnis. Pada umumnya, berpeluang mendapat posisi sebagai Direktur, Manajer, Asisten Manajer dan Sekretaris.

3. Pemasaran

Kalau kamu mendengar kata pemasaran, apa yang terbayang dari pikiran kamu? Tentunya jurusan pemasaran ini kaitan dengan membangun sebuah branding yang baik terhadap sebuah bisnis dan produk. Tapi jurusan ini tidak hanya terfokus pada promosi saja, namun juga memasuki bidang operasi sampai penjualan. Dari jurusan ini bisa menghasilkan mahasiswa yang entreprenur, dan ini bisa membantu meningkatan angka wirausaha di Indonesia.

4. Ekonomi

Jurusan Ekonomi tentu kental sekali dengan jurusan IPS ya. Jurusan yang satu ini banyak mempelajari hal-hal yang kaitannya dengan pembuatan laporan keuangan, kampuan analitis, komunikasi, angka pemahaman, dan juga pemecahan masalah yang erat dengan keadaan ekonomi dalam kehidupan sehari-hari.

5. Keuangan

Jurusan ke-5 ini masih berhubungan erat dengan ilmu akutansi dan ekonomi serta statistik, namun jurusan keuangan disini adalah hasil kombinasi keduanya. Kalo kamu yang dulunya di IPS suka matematika atau hitung-hitungan, jurusan ini bisa jadi pilihan.

6. Akuntansi

Jurusan ini bisa dikatakan populerlah untuk kalangan anak IPS. Lebih tepatnya sih jurusan ini penggabungan dari matematika dan praktis bisnis. Dijurusan akutansi kamu bakalan banyak belajar tentang pengetahuan bisnis, serta pengetahuan dan kompetensi teknologi informasi dan ekonomi. Untuk Prospek kerjanya banyak loh, bisa di Institusi Pemerintah, Pendidikan, Perusahaan BUMN maupun Swasta. Dari jurusan Akutansi kamu berpeluang menjadi seorang Manajer, Akuntan, Auditor, dan Marketing.

7. Ilmu Komunikasi

Jurusan ke-7 ini juga memiliki prospek yang besar untuk kamu dari anak IPS. Disini kamu akan banyak belajar tentang tata cara berkomunikasi yang efektif. Dari jurusan ilmu komunikasi kamu bisa bekerja di dunia Komunikasi Pemasaran, Advertising, Broadcasting, Public Relations, dan Komunikasi Bisnis.

8. Ilmu Hukum

Jurusan hukum juga bisa menjadi pilihan kamu saat kuliah nantinya. Banyak anak-anak IPS yang masuk di jurusan hukum, karena prospeknya yang juga luas. Dari jurusan hukum kamu bisa bekerja sebagai  Notaris, Staff Legal, dan Pengacara. Gaji untuk jurusan yang satu ini, udah pada taulah ya. Mungkin yang masa SMA nya suka berbicara didepan banyak orang dan berdebat, potensinya bisa disalurkan disini.

9. Psikologi

Apa yang kamu pikirkan tentung jurusan Psikologi? Jurusan ini bisa dikatakan kesehatan versi anak IPS. Biasanya lulusan dari jurusan Psikologi banyak ditempatkan diposisi HRD (Human Resources Development) pada sebuah perusahaan. Namun nggak sebatas HRD ya, kamu juga bisa bekerja sebagai seorang konselor, dosen, guru BK, psikolog. Kamu bisa baca lebih lengkap tentang 11 Prospek Kerja & Gaji untuk Lulusan Jurusan Psikologi.

10. Hubungan Internasional

Bagi kamu yang di SMA nya memiliki kemampuan bahasa asing yang baik, jurusan ini recommended sekali. Dijurusan ini kamu banyak belajar tentang dunia diplomatik. Kamu juga akan banyak belajar tentang bagaimana membangun hubungan dan membangun kerjasama bidang sosial, hukum, ekonomi, dan politik dengan negara lain. Dan bakalan sering jalan-jalan keluar negeri jika sukses dijurusan ini.

Demikianlah beberapa jurusan kuliah IPS yang menjanjikan yang bisa kamu pilih. Namun sebenarnya tidak sebatas jurusan diatas saja, yang menjanjika. Masih banyak sekali jurusan yang dapat kamu pilih, ini hanya contoh sebagian kecil saja.

Tunggu juga jurusan kuliah IPA yang memiliki prospek menjanjikan.

Alek Sander

Founder Kampusimpian.com | Penulis | Programer “You do not need to be great to start something. Do it now and do not ever put off because the chance may not come twice.”
Back to top button