close

10 Prospek Kerja Lulusan Teknik Metalurgi Beserta Gajinya

Kamu yang tertarik masuk jurusan metalurgi tentu punya alasan sendiri kenapa memilih jurusan ini. Entah itu karena bagian dari hobi, sedekar penasaran dengan program studinya, karena memiliki peluang karir yang luas atau ada alasan lainnya, yang terpenting jika kamu belajar bersungguh-sungguh maka dijamin tidak akan menyesalinya setelah lulus nanti.

Masih banyak orang yang tidak mengetahui jurusan kuliah satu ini, bahkan mendengarnya pun belum pernah. Lantas apasih sebenarnya jurusan Teknik Metalurgi itu?

Teknik metalurgi adalah program studi yang berisikan seni, ilmu dan teknologi untuk mengolah mineral dan logam serta merekayasa sifatnya sesuai keinginan. Metalurgi lebih fokus kepemahaman rekayasa suatu material untuk dimanfaatkan untuk hal-hal tertentu. Seperti halnya merekayasa besi menjadi baja untuk membangun sebuah struktur dan juga merekayasa sebuah polimer menjadi plastik untuk berbagai macam keperluan.

Pada proses perkuliahannya di program studi Teknik Metalurgi, kamu nantinya akan belajar mengenai berbagai hal yang menarik. Diantaranya ada operasi teknik metalurgi, termodinamika metalurgi, kimia analitik, refraktori, coating, kimia fisik, pengolahan mineral, metode numerik, teknik tenaga listrik, perhitungan proses metalurgi, pirometalurgi.

Bagi kamu yang kuliah di jurusan Teknik Metalurgi, beberapa prospek kerja Teknik Metalurgi yang bisa kamu jadikan pilihan setelah lulus kuliah di antaranya :

1. Industri Pertambangan

Prospek kerja yang pertama yaitu industri pertambangan. Tidak dapat disangkal bagi pencari kerja, bekerja di perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan adalah impian akan masa depan yang cerah. Perusahaan pertambangan minyak dan gas dikenal sebagai perusahaan yang memberikan gaji/kompensasi tinggi yang nantinya menjadi daya tarik menggiurkan bagi setiap pencari kerja.

Gaji yang diperoleh karyawan perusahaan tambang minyak yaitu mulai dari 4 juta rupiah hingga mencapai 7 juta rupiah per bulan.

2. Industri Ekstraksi dan Peleburan Logam

Pekerjaan di sektor ini sangat cocok bagi lulusan teknik metalurgi. Logam adalah hasil tambang yang pada awalnya didapatkan dalam bentuk mentah. Tentunya barang mentah itu harus diolah agar menjadi barang setengah jadi ataupun barang jadi. Untuk urusan olah mengolah logam, lulusan teknik metalurgi tidak perlu diragukan lagi.

Kisaran gaji sebagian besar pekerja pada profesi pelebur logam yaitu dari 3 juta rupiah hingga 5 juta rupiah per bulan.

3. Industri Baja

Tentu saja pekerjaan ini cocok bagi lulusan teknik metalurgi karena berhubungan dengan pengolahan logam. Karena tingginya permintaan pasar akan baja, industri ini berkembang  pesat dan membutuhkan  lulusan teknik metalurgi yang ahli di bidangnya.

Gaji yang bisa kamu dapatkan dari bekerja di industri baja yaitu sekitar 4 juta rupiah hingga mencapai 6 juta rupiah per bulan.

4. Industri Manufaktur

Industri manufaktur yang ada kaitannya dengan logam juga merupakan prospek kerja bagi lulusan teknik metalurgi termasuk di dalamnya yaitu industri otomotif, produksi mesin,  seperti industri pipa baja PT. KHI, PT. Bakrie Pipe Industry, industri pengecoran logam, industri otomotif, pesawat terbang, kereta api, perkapalan, industri pembuatan mesin dan komponen.

Gaji yang bisa kamu peroleh dari profesi ini yaitu mulai dari 4 juta rupiah hingga mencapai nominal 6 juta rupiah per bulan.

5. Industri Perminyakan dan Gas (Migas)

Apakah lulusan teknik metalurgi bisa bekerja di sektor migas? Tentu bisa. Sebenarnya sektor migas adalah bidang bagi lulusan teknik perminyakan atau jurusan lain yang sesuai. Namun dalam industri perminyakan tentunya tidak lepas dari berbagai peralatan dan mesin yang terbuat dari logam seperti pipa, tabung, dan lain-lain. Lulusan teknik metalurgi bisa bekerja di bagian teknisi, inspektur dan lain-lain.

Gaji yang bisa kamu peroleh dari profesi ini yaitu mulai dari 6 juta rupiah hingga mencapai nominal 8 juta rupiah per bulan.

6. Perdagangan dan Pemasaran Bahan Logam

Sebenarnya urusan perdagangan dan marketing bukan bidang lulusan teknik metalurgi. Namun untuk pemasaran logam atau benda-benda logam tidak menutup kemungkinan bisa diisi oleh lulusan teknik metalurgi yang lebih tahu tentang logam.

Gaji yang bisa kamu peroleh dari profesi ini yaitu mulai dari 4 juta rupiah hingga mencapai nominal 6 juta rupiah per bulan.

7. Peneliti

Tantangan terberat bidang metalurgi adalah menemukan material baru sebagai sumber energi baru. Tentunya perlu dilakukan banyak penelitian untuk menemukan sumber energi baru. Profesi sebagai peneliti juga merupakan prospek kerja teknik metalurgi.

Gaji yang bisa kamu peroleh dari profesi ini yaitu mulai dari 3,6 juta rupiah hingga mencapai nominal 6 juta rupiah per bulan.

8. Dosen atau Tenaga Pengajar

Ahli metalurgi bisa mengajarkan ilmunya dengan menjadi guru di SMK atau dosen di perguruan tinggi. Namun untuk menjadi tenaga pengajar perlu mengikuti pendidikan tentang pengajaran.

Gaji yang bisa kamu peroleh dari profesi ini yaitu mulai dari 3 juta rupiah per bulan.

9. Konsultan

Profesi sebagai konsultan juga bisa kamu masuki setelah lulus dari jurusan teknik metalurgi ini. Jika memang kamu adalah ahli logam dan pandai menganalisis serta memecahkan masalah, kamu bisa bekerja sebagai konsultan tentang logam.

Gaji yang bisa kamu peroleh dari profesi ini yaitu mulai dari 5 juta rupiah hingga mencapai 6 juta rupiah per bulan.

10. Kesehatan

Mungkin kamu bertanya dan bingung, apa hubungannya logam dengan kesehatan? Di zaman modern ini transplantasi logam ke tubuh manusia bukanlah hal yang aneh. Tentunya dibutuhkan ahli logam untuk melakukan ini.

Gaji yang bisa kamu peroleh dari profesi ini yaitu mulai dari 5 juta rupiah hingga mencapai nominal 7 juta rupiah per bulan.

Itulah beberapa bidang pekerjaan buat kamu yang lulusan Teknik Metalurgi. Di proyek industri minyak dan gas, kualitas material merupakan suatu hal yang sangat diperhatikan. Insinyur Metalurgi menjadi pilihan profesi yang bisa diandalkan untuk memegang kendali memastikan standar kualitas material.

Back to top button