close
Uncategorized

13 Tips Agar Kamu Lolos SBMPTN 2020/2021

Apakah kamu sudah menerima hasil pengumuman SNMPTN? Apakah kamu menerima kabar kurang baik dari Hasil SNMPTN? Tidak perlu bersedih, masih ada jalur SBMPTN yang dapat kamu ikuti. Jalur SBMPTN ini, juga bisa mengantarkan kamu ke kampus impian kamu. Terkadang kamu harus melakukan usaha yang lebih, barulah mencapai impian terbesar kamu.


Bukan berarti jika tidak lolos SNMPTN, maka pudar semua harapanmu. Masih banyak cara yang dapat kamu perjuangkan, agar bisa masuk PTN salah satunya dengan mengikuti SBMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Kenapa kamu gagal SNMPTN? Salah satunya adalah kurangnya strategi yang baik untuk mengikuti SNMPTN. Kamu bisa membaca 8 TIPS AGAR KAMU LULUS DAN BERHASIL DI SNMPTN 2020.


Jika kamu mengikuti SBMPTN, maka kamu harus menyiapkan diri dengan baik untuk menghadapinya. Karena di SBMPTN ini, kamu bakalan mengikuti yang namanya UTBK. Didalam SBMPTN nanti kamu akan mengerjakan 2 tipe jenis soal, yaitu:

  1. TPS (Tes Potensi Skolastik), soal tipe ini berisikan soal-soal yang mengetes kemampuan kognitif, penalaran, dan pemahaman umum.
  2. TKA (Tes Kompetensi Akademik), sedangkan tipe soal jenis ini lebih kepada membahas materi-materi yang ada disekolah.

Nah Nantinya hasil UTBK SBMPTN ini, akan digunakan untuk mendaftar di Perguruan Tinggi Negeri yang hendak kamu tuju. Nilai yang kamu peroleh itu sangat menentukan sekali, dengan jurusan yang kamu ambil di PTN tersebut.

Terus apa yang menjadi rahasia utama, agar kamu dapat lolos dengan mudah di SBMPTN 2020 kali ini. Dan kami dari Tim Kampus Impian, telah merangkumnya agar kamu dapat menerapkannya di SBMPTN tahun ini.

Berikut ini 13 Tips Ampuh Untuk Lolos SBMPTN, tahun ini:

1. Urutkan Pilihan Jurusan Sesuai Peringkat Maupun Peminatnya

Hal pertama yang harus sangat kamu perhatikan adalah dalam penempatan jurusan yang akan kamu pilih di SBMPTN. Karena banyak peserta SBMPTN yang gagal, karena kurang memperhatikan dengan baik dalam penempatan jurusan yang mereka pilih. Tipsnya untuk yang pertama ini, kamu harus melihat dengan baik peminat dari jurusan yang kamu pilih. Dimana kamu harus mengurutkan pilihan utama kamu dari yang terbesar hingga yang terkecil. Selain itu hal yang harus kamu perhatikan dengan baik adalah Passing Grade dan Rank dari universitas yang kamu tuju.

2. Usahakan Ketiga Pilihan Berada Dalam Jurusan Yang Sama

Jika kamu menginginkan peluang besar untuk lolos di PTN yang kamu tuju di SBMPTN ini, kamu juga harus memperhatikan dengan baik terhadap jurusan yang kamu ambil. Dan salah satunya adalah kamu bisa memilih jurusan yang sama pada PTN yang berbeda. Dimana ini akan dianggap sangat Rasional oleh pihak penyeleksi, karena kamu benar-benar serius dipilihan tersebut.

3. Pilih Jurusan Sesuai Dengan Minat Dan Bakat

Jurusan yang diambil di SBMPTN pun jangan sembarangan, karena ini akan kamu jalani selama di kampus nanti. Maka dari itu pilihlah jurusan yang benar-benar sesuai dengan passhionmu, agar tidak ada penyesalan nantinya.Berhentilah mememilih jurusan dengan memandang, prospek kerjanya. Namun sesuaikan dengan diri kamu, apakah benar-benar sesuai untuk kamu atau tidak? Sebagai catatan 80% Orang bekerja tidak sesuai bidangnya, dan 20 % lagi baru sesuai bidangnya. Silakan kamu jawab pertanyaan berikut ini, Apakah setiap orang jurusan HUKUM semuanya akan bekerja menjadi Pengacara semua? Dan apakah yang memilih jurusan Dokter, nantinya akan menjadi dokter semua? Silakan kamu renungkan kembali.

4. Manfaatkan Keuntungan Di Balik Sistem Penilaian Yang Baru

Penilaian SBMPTN tahun ini berbeda-beda seperti tahun 2018 kebawah, dimana kamu tidak perlu takut untuk mendapat point minus dari soal yang kamu kerjakan. Kamu dapat mengerjakan soal SBMPTN ini menjadi lebih banyak. Akan tetapi kamu juga harus teliti dan juga berusaha untuk mengerjakan soal-soal yang memiliki tingkat kesulitan yang tinggi, karena itu juga memiliki point yang besar.

5. Ikuti Try Out SBMPTN Untuk Melatih Kemampuan Kamu

Untuk lebih mengetahui seberapa jauh kemampuan yang telah kamu miliki, dan seberapa banyak materi yang telah kamu kuasai. Kamu dapat menguji kemampuan kamu dengan mengikuti Try Out SBMPTN yang telah tersedia banyak di Indonesia. Karena percuma kamu telah banyak belajar, tapi kamu belum mengetahui dengan baik, seberapa jauh kamu siap untuk mengikuti SBMPTN tahun ini.

6. Mempersiapkan Fisik Dan Menjaga Kesehatan

Kamu boleh belajar, dengan waktu yang ekstra. Akan tetapi jangan lupa juga, untuk menyediakan waktu untuk tubuhmu beristirahat. Karena kesehatan fisik yang sehat juga akan membuatmu menjadi lebih baik, saat mengisi soal-soal nanti. Saat kondisi tubuhmu kurang baik, hal tersebut bisa saja nantinya menjadi penghambat dan menganggu kosentrasi kamu dalam mengerjakan soal nantinya. Tetap jaga porsi olahraga, makanan, dan belajarmu hindari aktivitas yang terlalu memaksakan otak karena itu tidak akan membuatmu menjadi lebih maksimal, malah akan membuatmu menjadi sebaliknya.

7. Belajar Dengan Sungguh-Sungguh

Tentu SBMPTN ini tidah hanya bicara tentang strategi saja, namun juga sangat dipangaruhi dari usaha yang kamu lakukan. Sepintar apapun kamu, jika kamu tidak belajar dan berusaha dengan baik maka kamu tidak akan memahami sesuatu dengan baik. Dan hasil juga disesuikan dengan, usaha dan kerja keras yang kamu lakukan. Agar kamu tetap menjaga semangatmu, dalam belajar untuk mengikuti SBMPTN kamu harus ingat kembali dengan tujuan awal kamu. Bayangkan jika kamu nantinya lolos di PTN favorit kamu, jika kamu tidak ingin kehilangan kesempatan untuk masuk kesana. Maka fokuslah dan belajarlah lebih giat lagi.

8. Mengatur jadwal belajar

Untuk menghadapi SBMPTN dengan baik, kamupun mulai sekarang harus memiliki Jadwal Belajar yang baik juga. Karena akan buang-buang waktu saja, saat kamu belajar diwaku yang tidak tepat. Pada dasarnya setiap orang punya waktu yang berbeda-beda untuk dapat menyerap yang dipelajarinya dengan baik. Ada yang akan lebih mudah paham jika belajar diwaktu pagi, sore, ataupun malam. Kira-kira kamu akan lebih mudah memahami yang dipelajari pada waktu apa?

9. Latihan Soal-Soal

Hal yang tidak boleh kamu lewatkan adalah untuk selalu banyak latihan-latihan soal simulasi  SBMPTN. Kamu dapat mencari contoh-contoh soal SBMPTN tahun sebelumnya, dan mulailah untuk mengerjakan dengan baik. Karena dengan banyak latihan soal, maka kemampuan kamu dalam mengerjakan soal SBMPTN ini akan lebih mudah nantinya.

10. Membuat kelompok belajar

Jika kamu mengalami kesulitan dalam latihan-latihan mengerjakan soal-soal SBMPTN, ada baiknya kamu mencari orang terdekat yang juga sedang berjuang sama seperti kamu untuk mengikuti SBMPTN. Dengan adanya sebuah kelompok untuk belajar, maka kamu akan dapat dengan mudah bertukar wawasan dengan orang lain terhadap soal-soal yang mungkin sangat sulit untuk dikerjakan.

11. Belajar melalui video yang ada di internet

Dierah sekarang ini, kamu harus dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi dengan maksimal untuk mendukung aktivitas belajar kamu. Belajar tidak hanya sebatas, melalui media cetak seperti buku saja. Kamu dapat memanfaatkan internet seperti situs Youtube, untuk mendapatkan info-info terbaru seputar tips dalam mengerjakan soal SBMPTN.

12. Mengerjakan soal dengan pelan-pelan

Meskipun waktu sangat menjadi bahan pertimbangan dalam mengerjakan soal SBMPTN, tapi ketenangan dalam mengerjakan sangat dibutuhkan. Kamu harus memperhatikan, dan memahami soal satu persatu dengan baik. Dan hindari aktivitas terburu-buru dalam mengerjakan soal, karena ingin cepat selesai. Dalam keadaan apapun, belatihlah untuk selalu tenang.

13. Jangan lupa untuk selalu berdoa

Dan terakhir yang tidak boleh dilupakan adalah selalu berdoa, meskipun kamu sudah berusaha dengan sangat keras tapi jangan lupa untuk berdoa dan bertawakal. Banyak-banyaklah berdoa, agar apa yang kamu kerjakan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Demikianlah 13 Tips Lolos SBMPTN 2020 yang dapat kamu coba terapkan, dan semoga kamu lolos di kampus impian ya.

Alek Sander

Founder Kampusimpian.com | Penulis | Programer “You do not need to be great to start something. Do it now and do not ever put off because the chance may not come twice.”
Back to top button