close

3 Hal yang Harus Kamu Pertimbangkan Saat Salah Jurusan Saat Kuliah

3 Hal yang Harus Kamu Pertimbangkan Saat Terlanjur Salah Jurusan Saat Kuliah  – Buat kamu para mahasiswa atau kamu calon mahasiswa, kamu punya jurusan kuliah impian gak sih? Mengenali minat bakat diri sendiri itu merupakan hal yang penting. Ketika kita udah paham betul dengan apa yang kita minati dan tau bakat kita ada di bidang apa biasanya untuk menentukan tujuan meraih cita-cita itu akan lebih terarah.

Baca Juga: 6 Hal yang Harusnya Kita Pelajari di Sekolah

Apabila minat bakat tidak kamu kenali dengan baik, ini berpotensi bikin kita jadi salah mengambil langkah dan akhirnya tidak nyaman dalam menjalani prosesnya. Dalam konteks pendidikan, biasanya pilihan yang tidak sesuai dengan keinginan dan hasilnya adalah salah jurusan.

Baca Juga: 3 Tips Mengatasi Masalah Keuangan dan Biaya Kuliah

Terkadang beberapa orang berpikir jalan yang terbaik adalah pindah jurusan, dengan harapan ketika kamu berada dijurusan yang kamu inginkan kamu akan lebih rajin, semangat dan bisa menjalani dunia perkuliahan dengan lebih niat. Tapi ketika kamu memutuskan untuk pindah jurusan bisakah kamu mempertanggungjawabkan bahwa jurusan yang nantinya kamu pilih itu bisa membuat kamu nyaman dan sesuai dengan target kamu di masa depan? Kecuali kamu punya argumen yang kuat dan alasan yang tepat untuk pindah jurusan.

Baca Juga: 3 Cara Mudah Menemukan Passion Diri Kamu

Tapi salah jurusan bukan berarti akhir dari segalanya. Mengembangkan minat bakat masih bisa dilakukan ketika masuk jurusan yang menurut kamu salah. Atau justru jurusan yang dipilih dapat membantu proses kamu untuk menjadi orang sukses.

Apa aja sih hal-hal yang harus kamu pertimbangkan dahulu sebelum kamu pindah jurusan?

1. Rencana Karir yang Jelas

Kamu harus memikirkan tujuan hidup kamu kedepannya dan kenapa kamu menginginkan pindah jurusan, apakah jurusan yang akan kamu pilih bisa menjamin masa depan kamu? Jangan sampai setelah pindah jurusan malah kamu ngerasa nggak nyaman lagi dan berpikir ini bukan tujuan kamu. Sayang aja kan sudah pindah jurusan eh malah merasa hal yang sama lagi. Intinya kamu harus punya rencana karir yang jelas baru memutuskan jurusan yang benar-benar mendukung untuk karir kamu kedepannya.

2. Terbuka Pada Semua Opsi

Pastikan kamu terbuka pada semua opsi termasuk nggak pindah jurusan. Buang jauh-jauh pikiran bahwa kamu berada ditempat yang salah. Dengan tetap mempertahankan jurusan yang sekarang kamu ambil, bisa aja nantinya timbul ketertarikan dengan sendirinya, sejatinya kenyamanan itu timbul karena terbiasa. Coba kamu pikirkan apa yang bisa kamu raih kalo kamu tetap dijurusan yang sekarang, bisa jadi kamu menemukan hal-hal baru yang bisa membuat potensi kamu jadi lebih keren, karena sukses itu tidak hanya lewat satu jalan. Anggap aja itu sebuah takdir kamu menuju sukses, dan jalan takdir setiap orang pasti berbeda-beda.

3. Gali Lebih Lanjut Jurusan Kamu Sekarang

Pastikan juga kamu telah menggali lebih dalam tentang program studi yang sekarang, jangan pindah karena ketidaktahuan. Justru dari ketidaktahuan itulah kamu belajar lebih dalam mengenai jurusan yang sekarang. Jadi coba kamu teliti lagi siapa tau kamu bisa menemukan sesuatu yang hebat atau kamu mendapatkan skill baru yang tidak semua orang miliki, dan bisa jadi juga malah jurusan ini mendukung tujuan hidup kamu yang tidak pernah kamu pikirkan sebelumnya. Ambil positifnya aja segala sesuatu yang tejadi tidak terlepas dari skenario Tuhan dan pasti ada manfaatnya.

Jadi, jangan mudah menyerah ketika kamu sudah terlanjur salah jurusan. Cari manfaat sebanyak-banyaknya yang sekiranya bisa membantu kamu meraih cita-cita kamu sebenarnya. Toh, dari salah jurusan itu kamu juga bisa bertemu dengan berbagai macam orang dan pengalaman baru yang bermanfaat pula di kemudian hari. Perlu diingat memilih jurusan bukanlah hal yang sepele jadi pastikan kamu sudah mengeksekusi dengan baik suapaya kamu berada dijurusan yang tepat.

Back to top button