close

5 Kegiatan ini Bisa Menghabat Kelancaran Perkuliahanmu

Setiap Mahasiswa pada umunya menginginkan untuk cepat dalam menyelesaikan kuliahnya. Namun seiring berjalannya waktu, tujuan tersebut mulai melemah bahkan beberapa permasalahan sudah mulai muncul. Hal itu dirasakan oleh semua orang, permasalahan itu dapat berupa permasalahan internal maupun eksternal. Misalnya saja pada internal yaitu berupa pola gaya hidup yang buruk, yang menyebabkan terbentuknya sebuah habits yang negatif.

Namun pertanyaannya sekarang adalah apakah kamu dapat menyelesaikan kuliahmu tepat waktu? Jawabannya sangat bisa, itu disesuaikan kembali dengan kemaunmu. Tidak sedikit orang menyelesaikan kuliahnya hanya dalam dalam 4 tahun, bahkan ada yang sampai 3 setengah tahun.

Baca Juga: 5 Tips Menyelamatkan IPK Walau Sibuk Organisasi

Kamu boleh sibuk dengan banyak kegiatan, namun kamu juga harus ingat bahwa kamu sekarang sedang dalam perjalanan menyelesaikan pendidikan kamu. Masih banyak PR yang harus kamu kerjakan setelah kuliah ini nantinya

Baca Juga: 5 Tips Untuk Mendapatkan IPK Tinggi Di Kampus

Sebernya kegiatan seperti apa sih yang bikin kita lama selesai kuliah? Berikut ini kami sajikan beberapa kegiatan yang bisa mengurangi kelancaran kamu dalam kuliah nantinya.

1. Menonton

Menonton adalah salah satu aktivitas yang banyak menghabiskan waktu produktif kamu. Kecuali jika kamu menonton video edukasi atau pembelajaran.

Apakah menonton tidak boleh? Menonton tidak menjadi masalah, selagi masih dalam batasan. Namun ia akan menjadi masalah saat kamu menghabiskan waktu berjam-jam untuk menonton. Jika kamu termasuk orang yang suka menonton film, nonton dibioskop, sinetron, atau bahkan anime. Mulai sekarang harus bisa kamu kurangi. Selain itu kegiatan menonton yang terlalu sering ini juga, tidak baik untuk kesehatan kamu.

2. Bermain Game

Kegiatan yang tidak produktif dan menghabiskan banyak waktu lagi yaitu bermain game. Mungkin hal yang wajar sih, kalau kamu bosan belajar terus di kampus. Butuh hiburan, misalnya bermain game. Kamu bermain game sebenarnya tidak dilarang. Namu kebanyakan dari orang setelah bermain game itu bakalan jadi ketagihan, apalagi jika itu merupakan game online. Bagi kamu yang belum bisa mengkontrol diri kamu dengan baik dalam bermain game, ada baiknya kamu mengurangi dalam bermain game.

3. Begadang

Kegiatan begadang merupakan kegiatan dimana kamu tetap menjalankan aktivitas yang lama pada malam hari. Tentu saja kegiatan ini akan mengurangi waktu istirahat kamu untuk tidur. Kurang tidur bisa menyebabkan kamu menjadi kurang maksimal dalam mengerjakan aktivitas lain di esok harinya. Hal ini wajar sebagai respon dari tubuhmu yang kelelahan.

Tentu hal ini menjadi buruk bagi kamu saat begadang dilakukan untuk aktivitas yang tidak penting seperti bermain game ataupun menonton. Namun begadang ini dibolekan jika, kamu mengerjakan tugas perkuliahan kamu yang memang benar-benar penting untuk pendidikan kamu.

Saat kamu sering begadang, kamu bisa mengalami insomnia dan kurang bersemangat dalam aktifitas apapun.

4. Nongkrong

Banyak mahasiswa yang sering melakukan kegiatan ini, yaitu kumpul-kumpul yang tidak jelas. Bukan berarti melarang kamu untuk kumpul dengan temanmu ya. Namun kumpul hanya untuk bercerita dan bermain saja akan menjadi tidak produktif dan menghabiskan waktu yang ada. Terkadang karena kumpul seperti ini, mahasiswa sering datang terlambat ke kelas.

5. Jalan – jalan

Mungkin diantara kita ada yang hobi jalan-jalan. Entah itu jalan-jalanya hanya untuk liburan, berbelanja, atau nonton. Nggak ada yang melarang kamu untuk jalan-jalan sih, namun akan menjadi banyak waktu yang dihabiskan karena seringnya jalan-jalan ini. Karena banyak juga diantaranya yang jalan-jalan pulangnya hingga larut malam. Yang menyebabkan banyak kegiatan lain yang tidak termanajemen dengan baik.

Nah itulah kira-kira kegiatan-kegiatan yang bisa menghambat kamu dalam menyelesaikan kuliahmu. Semoga dengan membaca ini, kegiatan kamu yang ada diatas dapat dikurangi bahkan tidak melakukannya lagi.

Tim Kampus

Platform Pendidikan digital yang berdiri sejak 2019 banyak membagikan Tips belajar, Info Kampus, dan Materi belajar gratis.

Artikel Terkait

Back to top button