close

6 Tips Jitu Agar Bisa Lulus SNBP 2023

Hallo sobat kampus, apakah kamu sudah mengetahui bahwa jalur masuk PTN tahun 2023, mengalami perubahan secara drastis lo. Dan yang mengelolah jalur masuk PTN yang awalnya adalah LTMPT sekarang berubah menjadi Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3). 

Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) merupakan jalur terbaru masuk PTN, yang diumumkan oleh BP3 sesuai dengan ketentuan yang terdapat pada Permendikbudristek Nomor 48 Tahun 2022. SNBP sendiri merupakan pengganti dari sistem seleksi masuk PTN sebelumnya yaitu SNMPTN.

Komponen yang dinilai dalam SNBT terbagi dalam 2 bagian penting, yaitu didasarkan pada prestasi akademik dan juga non akademik. Selain itu juga rata-rata nilai raport pada seluruh mata pelajaran sangat berpengaruh pada jalur ini.

Terus gimana donk ka, memaksimalkan peluang agar bisa lolos di SNBP tahun ini? Yuk simak intip tipsnya.

1. Mencari Tahu Ketentuan Umum Jalur SNBP

55mIH4pwZ7 1Bp1tF3R yRaIDdBgV9kiZcxXwDQk82dohnmAVPP5fFXD3hSgpY89CM8rXmIKetfYOTrVkM9GeIcCNUqopXemIWEyzufUO6jUtGppH1t3lf1z3xCxAyXE WRa5MnQCU bFG7qWg

Langkah awal yang perlu kamu lakukan adalah membaca informasi sedetail-detailnya tentang jalur SNBP. Mulai dari persyaratan untuk mendaftar, hingga jadwal seleksi dilakukan. Pastikan kamu membaca dilaman resmi dari SNBP.

2. Fokus Ke Jurusan Yang Akan Kamu Pilih

MKuWzkFTFMYpDygtVaSDBF jExXhYAuuobOhFjXjpGLeLu8Ol4uhqvwpbYcjZt3xPu1LsSw1t6Ya0RjnqcJGaJygbw4cJjAilURUihQ0etGZK7dO0Zp2kltdgTTjOp2JR

Kamu harus yakin dengan pilihan kamu saat mengikuti SNBP. Memilih jurusan di perguruan tinggi negeri (PTN), tidak boleh sembarangan. Kamu harus mengenali bakat kamu, dan prospek jurusan yang akan kamu pilih kedepannya. Masih Labil Mau Jurusan Apa? Inilah Tips Sesuai dengan Passionmu.

Sebaiknya juga, jangan lintas jurusan. Agar peluang kamu lebih besar saat ingin masuk ke ptn yang kamu tuju.

3. Memiliki Nilai Rapor Konsisten dan Pencapaian Prestasi Lain 

ggss1tHLeKCpxFqUMaMqX9gptTW8U3W CBYOzzAE8Vkk12enNVlVkjUwsquzfAqIjCZdgRM352mXxjP f9VkDsMAFic8lCR

Gimana biar tidak salah jurusan saat SNBP? Kamu harus mulai menganalisis, nilai raport dan prestasi akademik kamu selama ini. Pastikan kamu memiliki rata-rata nilai raport yang stabil dan terus meningkat.

Karena mustahil banget dengan nilai rendah, kamu bisa memilih jurusan dan kampus top. Artinya kamu harus mengetahui batas kemampuan kamu. Dan jangan memilih jurusan karena gengsi, atau mengikuti teman. Karena ini akan membahayakan kamu.

Sangat menjadi nilai plus, saat kamu memiliki prestasi lain yang menunjang. Prestasi yang kamu peroleh, apalagi sudah mencapai jenjang Nasional – Internasional. Ini juga menjadi nilai beda kamu, dibanding dengan siswa/siswi lain.

4. Melihat Daya Tampung dan Peminat Jurusan di PTN

ToxhmBgiDqAzrr1zn53mfs3LfsOPafblTNR9jvwdKQiEjvjgUpJHbLylUXJ0 XKSwKzi2qe2S6vlMa1dEGrJIfqR drHnA8ANGgJKvHfVpbZ0iNp kH1K p SA7uV1mjOwII5yFqr8bOGMer0SpHJ46lqBoHaeOdgW5Rw8dD EqqNZhYocWBy1Ao0Q

Pada bagian ini, kamu dapat menganalisis daya tampung dan peminat di sistem masuk PTN sebelumnya. Mengingat daya tampung dan peminat SNBP, belum diketahui secara pasti akan seperti apa. Namun dengan data-data daya tampung dan peminat di masing-masing prodi tahun sebelumnya, akan sangat membantu kamu sekali nantinya.

Kamu dapat melihat peminat dan daya tampung ptn sebelumnya di Daya Tampung PTN. Semakin tinggi peminat dijurusan yang kamu pilih, artinya persaingan di jurusan itu juga semakin besar.

5.  Mencari Tahu Ketentuan Khusus Tiap PTN

cDSgrxzUo6R7y4LWmMpG0OxASkIsdseLMtODZUINasLNQqUKhTzqRBhkpOO5KxOj7 yqF04UjN1FUmNhHQrUhiT 5Q3BQZ7xyvXFUhfrLt

Kamu harus memperhatikan aturan tiap PTN, pada tiap jurusan. Karena bisa saja berbeda, aturan tiap PTN pada seleksi pada prodinya. Beberapa kampus, dengan jurusan tertentu tidak bisa dimasuki oleh semua jenjang pendidikan SMA/SMK/MA. Ada beberapa yang bisa dimasuki oleh jenjang SMA namun tidak untuk SMK atau sebaliknya.

6. Berdoa dan Minta Dukungan Orang Tua

2xzOpbVamJBBRE7aA88kQ3cFTyLvROkstu9qK PRm4rFnussOsCD9M 99aUBNuGE gs5W5n05KmfzC9fEvZ8Vbu4HTiSnOTTadEhcPKQKHC9Dk6c0na8SvVreOTMkWDYyHPtKpMU97nohTYo55mULKwdQUnxXocRjQ9WVMODEv7u8L9zgjPWtSn g

Sebagai orang yang beragama, kamu harus percaya bahwa manusia hanya bisa berikhtiar. Namun semua itu atas kehendak yang kuasa, untuk itu kamu juga harus banyak berdoa agar dimudahkan segala urusan dan berhasil masuk di PTN yang kamu pilih. Terutama doa seorang ibu, itu sangat mujarab.

Kita juga selalu mendoakan, semoga kamu yang membaca hingga akhir ini juga sukses dalam mengikuti SNBP tahun ini. Tetap semangat, dan jaga selalu kesehatannya ya.

Semoga bermanfaat.

Back to top button