close

Akreditasi ITERA (Institut Teknologi Sumatera) 2024/2025

Akreditasi Institut Teknologi Sumatera (ITERA) tahun 2024 adalah  “Baik” yang diberikan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) berdasarkan No.SK 108/SK/BAN-PT/Akred/PT/II/2021 dan berlaku hingga 23 Februari 2026.

Akreditasi Kampus

Akreditasi kampus adalah proses penilaian kualitas pendidikan tinggi yang dilakukan oleh lembaga independen yang disebut Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Tujuan akreditasi kampus adalah untuk menjamin standar mutu pendidikan tinggi di Indonesia dan meningkatkan kredibilitas kampus di mata masyarakat dan dunia. 

Proses akreditasi kampus meliputi penilaian terhadap delapan aspek, yaitu visi, misi, tujuan, dan strategi; tata pamong, tata kelola, dan kerjasama; mahasiswa dan lulusan; sumber daya manusia; keuangan, sarana, dan prasarana; pendidikan; penelitian dan pengabdian kepada masyarakat; serta penilaian diri, monitoring, evaluasi, dan perbaikan berkelanjutan. Hasil akreditasi kampus dinyatakan dalam bentuk peringkat dari A (sangat baik) hingga E (tidak terakreditasi).

Profil Kampus

Institut Teknologi Sumatera (ITERA) adalah perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Lampung Selatan, Provinsi Lampung. ITERA didirikan pada tahun 2014 dengan visi menjadi perguruan tinggi unggul di bidang teknologi, sains, dan seni. ITERA memiliki fasilitas yang lengkap dan modern, seperti laboratorium, perpustakaan, gedung kuliah, asrama mahasiswa, pusat olahraga, dan lain-lain. ITERA juga memiliki kampus yang hijau dan asri, dengan luas lahan sekitar 300 hektar. 

ITERA menawarkan berbagai program studi di tingkat sarjana, magister, dan doktor, baik di bidang teknik, sains, maupun seni dan desain. ITERA berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas, berdaya saing, dan berkontribusi bagi pembangunan bangsa.

Akreditasi Program Sarjana (S1)

Program StudiStrataPeringkat
Teknik LingkunganS1B
Teknik GeologiS1B
Sains DataS1B
Rekayasa Tata Kelola Air TerpaduS1B
Rekayasa KosmetikS1B
Rekayasa Minyak Dan GasS1B
Rekayasa Instrumentasi Dan AutomasiS1B
Teknik PerkeretaapianS1B
Teknik InformatikaS1B
BiologiS1B
ArsitekturS1B
Teknik MesinS1B
Teknik IndustriS1B
MatematikaS1B
Teknik PertambanganS1B
Teknik BiomedisS1B
Sains Atmosfir Dan KeplanetanS1B
Teknik FisikaS1B
Teknik KelautanS1B
Teknik BiosistemS1B
Teknik Sistem EnergiS1B
Teknologi Industri PertanianS1B
Desain Komunikasi VisualS1B
Arsitektur LanskapS1B
Teknik MaterialS1B
Teknik TelekomunikasiS1B
Teknologi PanganS1B
Sains AktuariaS1B
Sains Lingkungan KelautanS1B
Rekayasa KehutananS1B
FarmasiS1C
Teknik SipilS1B
FisikaS1B
Teknik GeomatikaS1B
Teknik GeofisikaS1B
Perencanaan Wilayah Dan KotaS1B
Teknik ElektroS1B
KimiaS1B
Teknik KimiaS1B

Akreditasi Program Magister (S2)

Program StudiStrataPeringkat
FisikaS2B

Demikianlah informasi terbaru mengenai akreditasi  Institut Teknologi Sumatera tahun ajaran 2024/2025.

Informasi lebih lengkap kamu dapat mengecek di laman resmi https://www.banpt.or.id/, atau kamu bisa juga mengunjungi laman https://itera.ac.id/

Back to top button