Bab 6 Rendah Hati, Hemat, dan Sederhana Membuat Hidup Lebih Mulia

1. Rendah Hati

Rendah hati disebut juga dengan tawadu’. Pengertian tawadu’ adalahsikap diri yang tidak merasa lebih dari orang lain. Orang yang tawadu’berkeyakinan bahwa semua kelebihan yang ada dalam dirinya sematamata merupakan karunia dari Allah Swt.

Dalil Al Qur’an yang memerintahkan untuk berlaku rendah hati adalah Qur’an surat Al Furqon ayat 63 yang artinya: “Adapun hamba-hamba Tuhan Yang Maha Pengasih itu adalah orang-orang yang berjalan di bumi dengan rendah hat dan apabila orang-orang bodoh menyapa mereka (dengan kata-kata yang menghina), mereka mengucapkan salam.”

2. Hemat dan Sederhana

Hemat artinya adalah sikap berhati-hati dalam menggunakan harta.Adapun sederhana adalah sikap seseorang untuk berperilaku sesuai kebutuhan dan kemampuannya.Hemat dan sederhana akan membuat kehidupan manusia menjadilebih tenang dan tenteram.Sedangkan Berfoya-foya dan menghambur-hamburkan harta itu adalahpemborosan yang merupakan bagian dari perbuatan setan.

Dalil Al Qur’an yang memerintahkan untuk meninggalkan pemborosan dan berlaku hemat juga sederhana adalah Qur’an surat Al Isra ayat 27 yang artinya: ““Sesungguhnya orang-orang yang pemboros itu adalah saudara setandan setan itu sangat ingkar kepada Tuhannya.”

Back to top button