Bab 7 : Malaikat Selalu Bersamaku

Pengertian Iman kepada Malaikat

Beriman kepada malaikat mengandung makna bahwa sebagai orang yang beriman, kita harus percaya dan yakin dengan sepenuh hati bahwa malaikat diciptakan dari cahaya (nur) yang diberi tugas oleh 

Allah Swt dan senantisa melaksanakannya tanpa pernah membantah atau mengingkarinya.Salah satu tanda atau ciri dari orang beriman kepada malaikat adalah memiliki keyakinan yang kuat dalam hatiya bahwa di alam semesta ini terdapat malaikat dan keyakinan tersebut diucapkan melalui lisannya. Wujud konkret dari iman tersebut adalah dibuktian seorang muslim dalam perbuatan sehari-hari.

Landasan Beriman Kepada Malaikat

  •  QS. al-Baqarah/2:285
  • QS. an-Nisā’/4:136
  • Hadits-hadits Nabi Muhammad SAW

Sifat-sifat Malaikat

Malaikat adalah mahluk ghaib.Ia  tidak memiliki kelamin, nafsu, dan selalu taat kepada Allah. Ia Tidak makan, tidak minum, tidak tidur, dan tidak kawin.

Jumlah Malaikat

Jumlah malaikat tidak terbatas, tetapi yang wajib diimani berjumlah 10 Malaikat. Yaitu, Jibril, Mikail, Izrail, Israfil, Munkar, Nakir, Roqib, Atid, Malik, dan Ridwan.

Hikmah Beriman Kepada Malaikat

Iman kepada malaikat memiliki hikmah di antaranya meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT Selain itu Mendorong manusia untuk berhati-hati dan meningkatkan amal serta menghindarkan diri dari sifat tercela.

Back to top button