close

Cara Mengatasi Rasa Takut Gagal

Pernah nggak sih kamu merasa takut akan kegagalan dalam hidup? Mulai dari takut gagal pas mau masuk perguruan tinggi idaman, gagal dalam perlombaan, sampai hal lainnya yang kamu inginkan. Dari situ, rasa takut merupakan suatu hal mengerikan yang kamu hindari sehari-harinya. Alhasil, itu seringkali mengalahkan rasa percaya serta motivasi diri kamu dalam mencapai sesuatu.

Kalo kamu pernah merasa begitu, sebenarnya itu merupakan hal yang wajar. Ketika takut gagal, tandanya kamu memikirkan segala kemungkinan yang ada. Namun, tentunya kamu juga perlu mempersiapkan itu untuk membentengi diri kamu menuju sukses dalam mencapai apapun.

Baca Juga: 3 Cara Menghadapi Kegagalan yang Baik

Apa sih penyebab rasa takut akan gagal yang sering kamu rasakan? Pertama-tama, kamu perlu sadar bahwa setiap orang memiliki pemaknaannya tersendiri mengenai kegagalan dan ketakutan. Ada yang takut gagal karena gak yakin dengan diri sendiri, takut mengecewakan orang lain, sampai pengalaman traumatis yang dimiliki saat kecil. Itu semua yang akhirnya membentuk ketakutan yang kamu alami saat ini. Oleh karena itu, rasa takut bisa dibilang merupakan sesuatu yang relatif bagi setiap orang dalam menghadapinya

Baca Juga: 3 Tips Agar Kamu Selalu Siap Menghadapi Masalah

Akan tetapi, rasa takut yang berlebihan juga gak baik bagi diri kamu, baik fisik maupun mental. Seringkali itu akan memunculkan perasaan kecewa, galau, dan membuat kamu jadi merasa cemas yang berlebihan dan overthinking, sampai berpikir terlalu jauh. Itulah mengapa, rasa takut merupakan sesuatu yang perlu kamu kendalikan. Salah satunya dengan memahami ketakutan apa yang kamu rasakan dan bagaimana menghadapinya.

Gimana cara mengatasi rasa takut gagal? Yuk simak ulasan berikut.

1. Melakukan Refleksi Diri

Kamu bisa mencoba melakukan refleksi diri terhadap apa yang membuat kamu takut gagal dalam mencapai sesuatu. Entah itu karena sesuatu yang berasal dalam diri, maupun dari eksternal yang membuat kamu takut gagal. Ini bertujuan agar kamu bisa mencari cara untuk meminimalisir kegagalan yang mungkin terjadi. Dengan begitu, refleksi diri dapat membantu kamu menghadapi ketakutan yang sering kamu alami.

Misalnya, kamu lagi takut gagal dalam menjalankan start up yang kamu miliki. Salah satu alasannya mungkin karena takut bisnis kamu itu nanti gagal di tengah jalan. Nah, kamu bisa mencoba refleksi diri, kira-kira apa saja hambatan yang akan kamu hadapi, baik saat ini maupun ke depannya. Harapannya, ini dapat membantu kamu dalam menjalankan bisnis tersebut, dan menghadapi rasa takut kamu dengan baik.

2. Menciptakan Perencanaan yang Baik

Nah,  kamu juga bisa mencoba menciptakan perencanaan yang baik guna menghadapi rasa takut gagal yang ada. Salah satunya dengan membuat tujuan yang ingin kamu capai secara terperinci. Dari situ, kamu bisa merencanakan cara agar dapat mencapai tujuan kamu itu. Dengan begitu, kamu dapat menghadapi rasa takut kamu dengan baik.

Misalnya, kamu merasa takut gagal mengikuti ujian seleksi masuk perguruan tinggi. Hal itu mungkin memunculkan berbagai perasaan negatif dalam diri kamu, seperti misalnya cemas yang berlebihan. Nah, kamu bisa mencoba menciptakan perencanaan yang baik guna sukses mengikuti ujian tersebut. Harapannya, ini dapat membantu kamu dalam menghadapi rasa takut gagal.

Perlu kamu ingat bahwa seringkali rasa takut yang kamu miliki disebabkan oleh pikiran negatif dalam diri kamu. Oleh karena itu, fokuslah dengan apa yang bisa kamu kendalikan dari pada memikirkan yang belum tentu terjadi. Itu salah satunya dengan melakukan hal terbaik yang bisa kamu lakukan dalam mencapai sesuatu.

Ketika merasa takut gagal, tanyakan kepada diri sendiri apa situasi positif yang bisa dipetik dari kondisi ini. Tak hanya itu, yakinkan diri bahwa kondisi ini membuat kamu bisa berkembang jauh lebih baik dengan belajar banyak hal. Perspektif seperti ini akan melatih kelihaian seseorang dalam merangkul rasa takut gagal dan berani mengambil resiko untuk melangkah.

Back to top button