close

Daya Tampung SNBP UIN Sultan Maulana Hasanuddin dan Peminatnya 2024 – 2025

Daya Tampung SNBP UIN Sultan Maulana Hasanuddin dan Peminatnya 2024. Berikut ini adalah kuota yang disediakan oleh Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin jalur SNBP semua jurusan. Data ini dapat Kamu gunakan untuk mengikuti seleksi masuk PTN jalur SNBP pada tahun 2024 – 2025. Kamu dapat mengukur seberapa besar persaingan kamu masuk UIN Sultan Maulana Hasanuddin melalui data ini, jadi jangan lupa disave ya!

Sejarah berdirinya Institut Agama Islam Negeri (IAIN) “Sultan Maulana Hasanuddin” (SMH) Banten bermula dari usaha masyarakat Banten pada tahun 1961 untuk membentuk Universitas Maulana Yusuf. Inisiatif ini dipelopori oleh Korem 064 Maulana Yusuf yang hendak mendirikan Universitas Maulana Yusuf di wilayah Banten. Untuk memulai, dibentuklah Fakultas Syari’ah Islam Maulana Yusuf sebagai tahap awal dengan maksud untuk:

1. Membentuk pendidikan tinggi dalam bidang agama, hukum Islam, dan ilmu pengetahuan umum.

2. Memberikan pendidikan kepada masyarakat kurang mampu.

3. Mengembangkan ilmu agama Islam di daerah Banten yang kaya akan madrasah dan pesantren.

4. Menyiapkan sarjana agama Islam untuk menjadi pengajar, pegawai kedutaan, hukum di pengadilan, dan sebagainya.

Pada tanggal 16 Oktober 1961, dimulailah perkuliahan di gedung sementara, namun segera setelahnya, dibangunlah gedung kampus Fakultas Syari’ah di jalan Jenderal Sudirman no 30, Serang. Pembangunan gedung ini melibatkan partisipasi masyarakat dengan menyumbangkan kelapa sebagai dana. Gedung kampus ini selesai pada 13 Agustus 1962, kemudian diserahkan kepada Residen Banten sebagai perwakilan masyarakat Banten.

Fakultas Syari’ah Maulana Yusuf kemudian dinegerikan menjadi Fakultas Syari’ah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) “al Djami’ah al Islamijah al Hukumijah” tjabang Serang berdasarkan keputusan Menteri Agama. Bersamaan dengan penegerian ini, seluruh aset kampus, termasuk mahasiswa, diserahkan kepada Menteri Agama, dan Fakultas ini secara resmi menjadi Fakultas Negeri pada tahun 1962.

Pada tahun 1963, karena perkembangannya yang pesat, IAIN Yogyakarta dibagi menjadi dua bagian, IAIN Sunan Kalijaga dan IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Fakultas Syari’ah IAIN Serang menjadi salah satu fakultas dalam lingkungan IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kemudian, pada tahun 1976, Fakultas Syari’ah IAIN Syarif Hidayatullah Serang dialihkan dari koordinasi IAIN Jakarta ke dalam koordinasi IAIN Sunan Gunung Djati Bandung karena wilayahnya berada di Provinsi Jawa Barat. Pada tahun yang sama, beberapa fakultas daerah, termasuk Fakultas Tarbiyah IAIN Syarif Hidayatullah Serang, dihapuskan berdasarkan kebijakan pemerintah.

Pada tahun 1982, Fakultas Syari’ah IAIN Serang mengalami perubahan status menjadi Fakultas di lingkungan IAIN dan kemudian ditingkatkan statusnya menjadi Fakultas Madya, memungkinkan penyelenggaraan pendidikan tingkat doktoral. Pada tahun 1984, Fakultas Syari’ah IAIN “Sunan Gunung Djati” di Serang mulai menerbitkan gelar Sarjana lengkap dengan gelar Doktorandus (Drs).

Daya Tampung SNBP UIN Sultan Maulana Hasanuddin 2023

SNBP merupakan singkatan dari Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi yang merupakan salah satu jalur dalam seleksi masuk PTNi. Jalur ini menjadi pengganti dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Berikut ini adalah data Daya Tampung SNBP UIN Sultan Maulana Hasanuddin semua prodi:

NOPRODITINGKATDAYA TAMPUNG 2023PEMINAT 2022
1FISIKAS121(Prodi Baru)
2BIOLOGIS121(Prodi Baru)

>> Lihat Semua Daya Tampung SNBP PTN <<

Silakan simpan dan bagikan ke teman-temanmu yang membutuhkan informasi ini ya! Jika ada update terbaru Daya Tampung SNBP UIN Sultan Maulana Hasanuddin 2025 kami akan bagikan di website Kampus Impian. Good Luck, semoga berhasil masuk UIN Sultan Maulana Hasanuddin ya!🙏

Back to top button