close

Daya Tampung SNBP UIN STS Jambi dan Peminatnya 2024 – 2025

Daya Tampung SNBP UIN STS Jambi dan Peminatnya 2024. Berikut ini adalah kuota yang disediakan oleh Institut Agama Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi (UIN STS Jambi) jalur SNBP semua jurusan. Data ini dapat Kamu gunakan untuk mengikuti seleksi masuk PTN jalur SNBP pada tahun 2024 – 2025. Kamu dapat mengukur seberapa besar persaingan kamu masuk UIN STS Jambi melalui data ini, jadi jangan lupa disave ya!

Institut Agama Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi (UIN STS Jambi) adalah perguruan tinggi Islam negeri di Provinsi Jambi, Indonesia. Sejarah pendiriannya bermula dari keinginan masyarakat dan ulama Jambi yang mengamati keberadaan banyak lulusan madrasah/sekolah agama tingkat atas di wilayah tersebut. Hal ini memicu Kongres Ulama Jambi pada tahun 1957 yang menyatakan perlunya pendirian perguruan tinggi di Jambi.

Pada tanggal 29 September 1960, dibentuklah Fakultas Syari’ah di bawah Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Jambi yang kemudian menjadi cabang dari IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan IAIN Raden Fatah Palembang. Namun, dorongan dari pejabat, ulama, dan gubernur saat itu memperjuangkan pendirian IAIN dengan beberapa fakultas.

Melalui perjuangan yang panjang, pada tanggal 8 September 1967, IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi secara resmi diresmikan dengan personalia yang terdiri dari Rektor, Dekan, dan beberapa staf di setiap fakultas yang ada pada saat itu. Kemudian, fakultas-fakultas yang ada di IAIN STS Jambi ditingkatkan statusnya dari fakultas muda menjadi fakultas madya berdasarkan SK Menteri Agama Nomor 69 tahun 1982.

Pada tahun 1995, ide untuk membuka Program Pascasarjana muncul karena semakin diperlukannya tenaga dosen dengan kualifikasi S.2 dan S.3. Setelah persiapan yang matang, Program Pascasarjana diresmikan berdasarkan SK Dirjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam nomor: E/283/1999.

Dalam upaya memenuhi perkembangan dan meningkatkan kualitas pendidikan tinggi agama Islam, pada tanggal 25 Mei 2000, Fakultas Adab (Sastra dan Kebudayaan Islam) diresmikan, sehingga jumlah fakultas bertambah menjadi empat, ditambah dengan satu Pascasarjana.

Perkembangan IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi merujuk pada pedoman dan keputusan dari Menteri Agama Republik Indonesia, yang mengatur program-program pendidikan tinggi agama Islam di perguruan tinggi tersebut.

Daya Tampung SNBP UIN STS Jambi 2023

SNBP merupakan singkatan dari Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi yang merupakan salah satu jalur dalam seleksi masuk PTNi. Jalur ini menjadi pengganti dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Berikut ini adalah data Daya Tampung SNBP UIN STS Jambi semua prodi:

NOPRODIJENJANGDAYA TAMPUNG 2023PEMINAT 2022
1SISTEM INFORMASIS185(Prodi Baru)
2KIMIAS121(Prodi Baru)
3FISIKAS121(Prodi Baru)
4STATISTIKAS140(Prodi Baru)
5BIOLOGIS121(Prodi Baru)
6SAINS INFORMASI GEOGRAFIS121(Prodi Baru)

>> Lihat Semua Daya Tampung SNBP PTN <<

Silakan simpan dan bagikan ke teman-temanmu yang membutuhkan informasi ini ya! Jika ada update terbaru Daya Tampung SNBP UIN STS Jambi 2025 kami akan bagikan di website Kampus Impian. Good Luck, semoga berhasil masuk UIN STS Jambi ya!🙏

Back to top button