close

Kenapa Sih Kuliah itu Penting Banget Untuk Kalian?

Kampusimpian.com – Sebenarnya apa sih tujuan kuliah? Kenapa sih kita harus kuliah? Meski nggak kuliah kita kan bisa sukses, yups anggapan itu nggak salah. Tapi definisi sukses itu luas lo guys, setiap orang beda-beda standar nilai kesuksesannya. Misalnya aja kalian seseorang yang suka masak, terus kalian pengen coba membuat masakan resep baru. Beberapa kali kalian telah mencoba itu tetep aja gagal, dan ada di suatu moment kalian berhasil membuat makanan tersebut sesuai keinginan kalian. Dan itu bisa dibilang sukses.

Baca Juga: 10 Tips Memilih Kampus Setelah Lulus SMA Atau SMK

Sukses itu standarnya nggak cuman kalian terlihat kaya dan punya banyak uang. Namun sukses terkadang sederhana, saat kalian bisa melakukan hal kecil dengan sangat baik itu bisa juga disebut sukses. Namun pertanyaan diatas yang sukses itu bisa tanpa kuliah, itu saya yakin standar nilainya adalah material.

Baca Juga: Mahasiswa? Sudah Mampukah Survive di Dunia Perantauan? Berikut Tipsnya!

Namun kalian harus ketahui, kita saat berada di era serba digital dan penuh dengan kemajuan. Pendidikan memiliki peran penting dalam banyak sektor. Nggak dikota, nggak didesa peranan pendidikan itu benar-benar penting bagi kalian. Karena saya yakin rata-rata diantara kalian saat selesai menempuh pendidikan tinggi itu arah ya itu tetep pengen kerja juga kan.

Tapi coba kalian lihat sekarang, lowongan pekerjaan sekarang kriteria yang dibutuhkan sekarang makin tinggi. Terutama soal pendidikan berpengaruh banget terhadap posisi kalian dalam sebuah karir.

Kalian pernah dengar juga nggak sih soal pernyataan “ Untuk apa kuliah tinggi-tinggi, Sarjana aja banyak yang nganggur”. Sebenarnya nggak salah juga sih pernyataan itu, tapi banyak juga ko para Sarjana yang berhasil mengejar karir dan impiannya. Dan sebaliknya lebih banyak juga yang pendidikan dibawah sarjana yang nganggur, dibanding angka lulusan sarjana.

So sebenarnya tujuan kuliah itu bukan soal perkerjaan namun mengubah pola pikir, kalau kalian hanya orientasinya pada perkerjaan, saya yakin banyak yang nggak sesuai ekspetasi (diluar harapan kalian). Pekerjaan mengikuti pola pikir kalian, karena dari pola pikir itu bisa membuat cara berpikir dan gaya hidup kalian lebih terstruktur. Dan dari sana kalian bakalan berpikir lebih jauh, apa sih yang sebenarnya memberikan peluang bagi kalian dan orang banyak tapi nggak disadari banyak orang. Yang jelas dengan lanjut kuliah dan menempuh pendidika tinggi, itu membuat kalian lebih sadar bahkan kalian itu belum ada apa-apanya dan harus lebih banyak belajar. Karena kalian bakalan banyak menemukan orang-orang dari latar belakang dan dengan kebudayaan yang berbeda.

Kesimpulannya sedikit teman-teman, modal itu banyak banget sebenarnya. Ada yang berupa uang, dan ada yang tidak berupa uang. Nah yang tidak berupah uang inilah yaitu pendidikan kalian. Dengan adanya pendidikan yang baik, itu membuat kalian selangkah lebih maju dibanding yang lain.

Untuk itu tetap semangat ya kuliahnya.

Back to top button