close

Kisi Kisi Materi UTBK SNBT 2024, Update Paling Baru

Sobat kampus sudah tahu belum ini kisi-kisi materi utbk snbt yang bakalan diujikan di tahun 2024 ini?

Seperti yang dilansir dari laman resmi SNPMB BPPP, yang juga merupakan panitia penyeleksi masuk PTN, berdasarkan yang di informasikan bahwa materi yang diujikan sama ko seperti tahun sebelumnya.

Sebenarnya ada 2 komponen materi yang diujikan di UTBK SNBT 2024, sudah tahu belum ini:

  1. Tes Potensi Skolastik (TPS)
  2. Tes Literasi Bahasa Indonesia dan Inggris.

Keduanya masing-masing, terdiri dari 7 sub tes tediri dari beberapa soal yang harus kamu kerjakan dalam waktu yang berbeda-beda.

Terus, apa saja sih materi yang akan di ujikan di masing-masing subtesnya? Mari kita bahas secara keseluruhan ya! Seperti yang diambil berdasarkan referensi dari portal resmi SNPMB seperti ini subtes yang akan kamu kerjakan.

Tipe Soal UTBK SNBT 2024?

Model soal yang diujikan di snbt 2024 bakalan ada perubahan dari tahun sebelumnya, meskipun ya gak terlalu jauh perubahannya. Akan tetapi, 3 moedl soal ini akan di tampilkan di dalam UTBK SNBT 2024.

Nah, ada tiga jenis soal yang bakal muncul di UTBK SNBT 2024, guys:

  • Soal pilihan ganda dengan lima opsi jawaban (A, B, C, D, E).
  • Soal pilihan majemuk kompleks yang muncul dalam tabel dan punya dua opsi jawaban.
  • Soal melengkapi rumpang, alias soal isian.

Yang bikin beda di tahun ini, ada tambahan soal isian, nih. Tapi tenang aja, gak usah cemas, soalnya meski namanya isian, bukan berarti harus jawabannya panjang lebar kayak esai. Cuma minta jawaban singkat aja kok.

Jadi pesertanya cuma diminta kasih jawaban singkat, bisa berupa angka, kata, frasa, atau simbol tertentu. Tujuannya biar bisa ngetes kemampuan peserta dalam mengingat dan menerapkan pengetahuan.

Kisi-Kisi Materi Tes Potensi Skolastik (TPS)

Jadi gengs, Tes Potensi Skolastik (TPS) ini tujuannya untuk ngetes kemampuan berpikir kalian, khususnya dalam hal ngertiin dan bernalar. Skill ini penting banget buat sukses di dunia pendidikan, khususnya di bangku kuliah. TPS ini udah sering diujikan dalam UTBK tahun-tahun sebelumnya.

TPS UTBK ini terdiri dari empat macam subtes, yaitu Penalaran Umum, Pemahaman Bacaan dan Menulis, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, sama Pengetahuan Kuantitatif. Nah, yuk kita bahas satu-satu materi TPS UTBK 2024:

1. Penalaran Umum (30 soal, 30 menit)

Ini tujuannya buat ngetes kemampuan kalian dalam ngebongkar masalah baru yang belum pernah kalian hadapi sebelumnya, plus kemampuan bernalar secara abstrak.

Subtes ini terdiri dari tiga bagian, yaitu Penalaran Deduktif, Penalaran Induktif, sama Penalaran Kuantitatif.

a. Penalaran Induktif (10 soal | 10 menit): Ini buat ngetes kemampuan kalian dalam ngamati fakta atau kejadian buat nemuin prinsip dan aturan di baliknya. Yang perlu kamu pelajari: Kesesuaian Pernyataan, Sebab-akibat.

b. Penalaran Deduktif (10 soal | 10 menit): Di sini kalian bakal diuji tentang kemampuan bernalar secara logis dengan menggunakan informasi yang udah kalian ketahui sebelumnya. Materi yang diujikan: Simpulan Logis, dan Penalaran Analitik.

c. Penalaran Kuantitatif (10 soal | 10 menit): Buat yang ini, ngetes kemampuan kalian dalam narik kesimpulan berdasarkan data atau info kuantitatif, tanpa perlu hapalin rumus matematika ribet. Cuma butuh pengetahuan matematika dasar aja. Yuk pelajari materi ini: Kuantitas, Hubungan matematika sederhana, Aritmatika dasar seperti penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.

2. Pengetahuan dan Pemahaman Umum

 20 soal, 15 menit: Ini buat ngetes kemampuan kalian dalam memahami dan ngebahas pengetahuan yang dianggap penting dalam budaya kita, guys.

Materi Pengetahuan dan Pemahaman Umum yang bakal diujikan di UTBK 2024 ada 20 soal dengan waktu pengerjaan 15 menit. Nah, ini dia materi yang bakal diujikan:

  • Ide Pokok Makna
  • Kata Bentuk Kata
  • Kesesuaian Wacana
  • Hubungan Antar Paragraf
  • Sinonim

3. Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis

20 soal, 25 menit: Ini buat ngetes kemampuan kalian dalam membaca dan menulis dengan lancar, serta kemampuan dalam memahami tulisan dan mengungkapkan pikiran lewat tulisan. Nah, tes ini bakal meliputi pemahaman bacaan dan menulis cerita.

Materi Kemampuan Membaca dan Menulis yang bakal diujikan di UTBK 2024 ada 20 soal dengan waktu pengerjaan 25 menit. Nah, ini dia materi yang bakal diujikan:

  • Ide Pokok
  • Kepaduan Wacana
  • Kalimat Efektif
  • Ejaan Konjungsi
  • Makna Kata
  • Bentuk Kata
  • Simpulan

4. Pengetahuan Kuantitatif

15 soal, 20 menit: Nah, yang ini buat ngetes kemampuan kalian dalam hal matematika, guys. Misalnya, kalian bakal diminta untuk menggunakan informasi angka dan bermain-main dengan simbol matematika.

Tes Pengetahuan Kuantitatif ini meliputi hitungan matematika, penyelesaian masalah matematika, dan pengetahuan umum tentang matematika. Beda dengan penalaran kuantitatif, tes ini lebih butuh pemahaman dasar matematika (numerik) buat bisa jawab soal.

Materi Kemampuan Kuantitatif yang bakal diujikan di UTBK 2024 ada 15 soal dengan waktu pengerjaan 20 menit. Nah, ini dia materi yang bakal diujikan:

  • Bilangan
  • Aljabar dan Fungsi
  • Geometri
  • Statistika dan Peluang

Kisi-Kisi Materi Tes Literasi

Menurut KBBI, literasi tuh keterampilan membaca, nulis, dan juga ngolah informasi serta pengetahuan buat bisa sukses dalam kehidupan sehari-hari. Nah, kemampuan literasi ini penting banget buat mahasiswa di dunia perguruan tinggi, guys.

Tes Literasi UTBK dibagi jadi tiga subtes, yaitu Literasi Bahasa Indonesia, Literasi Bahasa Inggris, dan Penalaran Matematika. Sekarang, kita bahas satu per satu materinya buat Tes Literasi UTBK 2024.

1. Literasi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris (50 soal, 75 menit)

Tes Literasi ini terbagi jadi dua subtes yang beda jumlah soal dan waktunya, guys:

  • Tes Literasi Bahasa Indonesia (30 soal | 45 menit)
  • Tes Literasi Bahasa Inggris (20 soal | 30 menit)

Tes Literasi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris buat UTBK-SNBT 2024 bakal fokus pada Literasi Membaca (Reading Literacy). Literasi membaca itu kemampuan buat ngerti, pake, ngevaluasi, merenungkan, dan interaksi aktif sama teks, guys.

Buat paham bacaannya, kalian juga harus bisa temuin konteks yang ada di dalam teks. Konteks teks yang bakal diujikan bisa berupa macem-macem, kayak teks tentang sains dan teknologi, atau teks sosial dan humaniora.

Ini beberapa materi yang bakal diujikan dalam Tes Literasi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris:

No.Materi Tes Literasi
1.Teks personal inspiratif
2.Menentukan inti bacaan
3.Menyimpulkan isi bacaan
4.Makna teks umum
5.Makna kontekstual kata
6.Tema dalam teks sastra
7.Unsur eksplanatif teks popular saintek dan sosial humaniora
8.Nilai dalam teks sastra
9.Unsur proses dalam bacaan eksplanatif
10.Sebab-akibat bacaan eksplanatif
11.Kelengkapan paparan kekhasan objek bahasan dalam bacaan ulasan
12.Keakuratan paparan kelebihan dan kekurangan objek bahasan dalam bacaan ulasan
13.Ketepatan opini atas objek bahasan dalam bacaan ulasan
14.Gagasan pendirian yang relevan/tidak relevan dengan isi bacaan argumentatif
15.Fakta atau data dan simpulan yang relevan atau tidak relevan dengan gagasan pendirian dalam bacaan argumentatif
16.Inferensi meyakinkan dalam bacaan argumentatif

2. Penalaran Matematika

Guys, pernah ikut tes Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) pas kelas 11 dulu? Nah, prinsip tes Penalaran Matematika di AKM sebenernya mirip dengan yang bakal diujikan di UTBK-SNBT 2024 nanti, loh. Tes Penalaran Matematika ini fokus banget sama kemampuan ngebongkar masalah-masalah matematika dalam berbagai situasi, guys.

Dalam ngerjain soal-soal Penalaran Matematika, kita butuh tiga proses kognitif, yaitu memikirkan rumusnya (formulate), menerapkan (employ), dan ngertiin artinya (interpret).

Penalaran Matematika di UTBK 2024 bakal ada 20 soal dengan waktu ngerjain selama 30 menit. Materi yang bakal diujikan dalam Tes Penalaran Matematika UTBK-SNBT 2024 juga bakal sesuai sama kerangka penilaian lewat AKM, jadi cocok sama arah kebijakan pemerintah sekarang. Ini nih cakupan materinya:

No.Materi Penalaran Matematika
1.Bilangan
2.Bilangan (Representasi, Sifat Urutan, Operasi Hitung)
3.Himpunan
4.Pola Bilangan
5.Aljabar dan Fungsi
6.Bentuk Aljabar
7.Aritmetika Sosial
8.Perbandingan dan Rasio
9.Persamaan Garis Lurus
10.Fungsi
11.Persamaan dan Pertidaksamaan
12.Pengukuran dan Geometri
13.Garis dan Sudut
14.Bangun Datar
15.Bangun Ruang
16.Data dan Ketidakpastian
17.Statistika Desktriptif
18.Aturan Pencacahan
19.Teori Peluang

Gitu deh, guys! Materi yang bakal diujikan dalam Tes Penalaran Matematika UTBK-SNBT 2024. Semangat buat persiapannya ya!

Back to top button