close

Passing Grade UNDIP 2024/2025 + Daya Tampung

Nah, jadi ceritanya banyak banget yang nanya tentang Passing Grade UNDIP, kan? Makanya, gue bakal jelasin nih, biar pada paham. Jadi, Passing Grade itu kayak ambang batas gitu yang harus lo capai biar bisa masuk ke UNDIP.

UNDIP itu singkatan dari Universitas Diponegoro, loh. Lokasinya ada di Semarang, Jawa Tengah. Sekarang, UNDIP punya 11 Fakultas dan 2 Sekolah. Kampus utamanya ada di Tembalang, tapi ada juga yang di Pleburan.

UNDIP ini awalnya didirikan sebagai perguruan tinggi swasta pada 9 Januari 1957, tapi baru jadi perguruan tinggi negeri pada 9 Januari 1960. Nama ‘Diponegoro’ diambil dari Pangeran Diponegoro, lho.

Oke, balik lagi ke Passing Grade. Jadi, itu cuma salah satu faktor aja yang bisa nentuin apakah lo bisa lulus di UNDIP atau enggak. Ada banyak faktor lainnya juga, kayak daya tampung UNDIP, jumlah peminat di tiap jurusan, dan sebagainya.

Tim UNDIP udah ngasih tau daya tampung mereka, yang isinya itu kuota yang mereka sediain buat tiap jurusan. Terus, data peserta yang mendaftar juga udah dijadiin bahan buat ngukur seberapa ketatnya persaingan masuk di tiap jurusan.

Jadi, kalo lo mau masuk UNDIP, selain liat passing grade, lo juga perlu ngecek keketatan di jurusan yang lo pilih dan passing grade buat jurusan itu di UNDIP. Jadi, jangan cuma fokus sama passing grade aja, tapi coba liat dari berbagai sisi biar bisa lebih siap dalam berjuang masuk ke kampus favorit lo!

Baca Juga: Rata Rata Nilai UTBK UNDIP

Buat Kamu yang penasaran dengan Passing Grade UNDIP, yuk intip bareng-bareng untuk bahan referensi mengikuti seleksi masuk PTN.

Passing Grade SNBP UNDIP 

Berikut ini adalah daya tampung terbaru SNBP UNDIP, jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi terbaru 2024, beserta peminatnya juga.

ProdiJenjangDaya Tampung 2024Peminat 2023KeketatanPassing Grade
ADMINISTRASI BISNISS1528361 : 1649,64%
ADMINISTRASI PUBLIKS1447341 : 1758,54%
ADMINISTRASI PUBLIK KAMPUS REMBANGS1241231 : 562,61%
AGRIBISNISS1425071 : 1215,15%
AGROEKOTEKNOLOGIS1424071 : 1038,71%
AKUAKULTURS1251461 : 660,99%
AKUNTANSIS1781.7041 : 2215,77%
AKUNTANSI PERPAJAKANS1865461 : 613,03%
ANTROPOLOGI SOSIALS1403161 : 840,89%
ARSITEKTURS1446371 : 1457,70%
BAHASA ASING TERAPANS130631 : 212,50%
BAHASA DAN KEBUDAYAAN JEPANGS1393561 : 954,58%
BIOLOGIS1422601 : 653,12%
BIOTEKNOLOGIS1264111 : 1637,94%
BISNIS DIGITALS120(Prodi Baru)1 : 010,28%
EKONOMIS1566771 : 1261,45%
EKONOMI ISLAMS1364461 : 1223,69%
FARMASIS1189671 : 5425,65%
FISIKAS1421711 : 418,01%
GIZIS1351.1251 : 3230,77%
HUBUNGAN INTERNASIONALS1427361 : 1857,55%
HUKUMS11842.0541 : 1162,52%
ILMU KELAUTANS1382991 : 842,76%
ILMU KOMUNIKASIS1521.4461 : 2825,08%
ILMU PEMERINTAHANS1526251 : 1222,66%
ILMU PERPUSTAKAANS1394511 : 1240,08%
INFORMASI DAN HUMASS1461281 : 354,06%
INFORMATIKAS1501.3471 : 2767,38%
KEDOKTERANS1621.7691 : 2949,63%
KEDOKTERAN GIGIS1103971 : 4014,22%
KEPERAWATANS1542.0741 : 3814,22%
KESEHATAN MASYARAKATS1821.5231 : 1931,65%
KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJAS124(Prodi Baru)1 : 014,14%
KIMIAS1422141 : 537,48%
MANAJEMENS1782.2051 : 2867,71%
MANAJEMEN DAN ADMINISTRASI LOGISTIKS1461801 : 435,34%
MANAJEMEN SUMBERDAYA PERAIRANS1301671 : 618,66%
MATEMATIKAS1463441 : 730,55%
OCEANOGRAFIS1351971 : 647,16%
PERENCANAAN TATA RUANG DAN PERTANAHANS130741 : 231,37%
PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTAS1505841 : 1226,55%
PERIKANAN TANGKAPS1201091 : 545,27%
PETERNAKANS1704971 : 736,66%
PSIKOLOGIS1822.2501 : 2742,50%
REKAYASA PERANCANGAN MEKANIKS126261 : 127,32%
SASTRA INDONESIAS1444091 : 946,13%
SASTRA INGGRISS1436101 : 1456,59%
SEJARAHS1353261 : 960,60%
STATISTIKAS1426421 : 1566,80%
TEKNIK ELEKTROS1466021 : 1316,78%
TEKNIK GEODESIS1423551 : 815,90%
TEKNIK GEOLOGIS1384771 : 1347,28%
TEKNIK INDUSTRIS1488691 : 1820,78%
TEKNIK INFRASTRUKTUR SIPIL DAN PERANCANGAN ARSITEKTURS1421511 : 421,81%
TEKNIK KIMIAS1504921 : 1059,92%
TEKNIK KOMPUTERS1426861 : 1621,02%
TEKNIK LINGKUNGANS1445341 : 1224,24%
TEKNIK LISTRIK INDUSTRIS126571 : 222,09%
TEKNIK MESINS1466281 : 1442,64%
TEKNIK PERKAPALANS1422481 : 658,28%
TEKNIK SIPILS1541.0091 : 1931,87%
TEKNOLOGI HASIL PERIKANANS1221741 : 834,35%
TEKNOLOGI PANGANS1487291 : 1552,97%
TEKNOLOGI REKAYASA KIMIA INDUSTRIS126551 : 253,84%
TEKNOLOGI REKAYASA KONSTRUKSI PERKAPALANS124171 : 118,00%
TEKNOLOGI REKAYASA OTOMASIS126311 : 162,91%

Passing Grade SNBT UNDIP 

Tim kampus juga sudah merangkum Kuota yang disediakan oleh UNDIP, jalur SNBT. Silakan dicek pada tabel berikut.

Prodi JenjangDaya Tampung 2024Peminat 2023KeketatanPassing Grade
KESEHATAN MASYARAKATS11231.9461 : 1640,84%
KEDOKTERANS1933.1331 : 3447,54%
KEPERAWATANS1811.6761 : 2111,79%
GIZIS1531.2461 : 2443,33%
MATEMATIKAS1693531 : 560,98%
BIOLOGIS1633171 : 561,97%
KIMIAS1632191 : 323,69%
FISIKAS1632431 : 458,84%
STATISTIKAS1637251 : 1249,41%
INFORMATIKAS1751.9791 : 2614,06%
MANAJEMEN SUMBERDAYA PERAIRANS1452901 : 637,05%
AKUAKULTURS1383191 : 824,86%
PERIKANAN TANGKAPS1301531 : 513,51%
ILMU KELAUTANS1574541 : 869,66%
OCEANOGRAFIS1533441 : 632,16%
TEKNOLOGI HASIL PERIKANANS1331651 : 560,70%
TEKNIK SIPILS1811.4691 : 1845,76%
ARSITEKTURS1669811 : 1542,36%
TEKNIK MESINS1698211 : 1244,46%
TEKNIK KIMIAS1755771 : 865,49%
TEKNIK ELEKTROS1697271 : 1116,09%
PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTAS1757651 : 1066,99%
TEKNIK INDUSTRIS1721.3691 : 1962,66%
TEKNIK LINGKUNGANS1666991 : 1149,53%
TEKNIK PERKAPALANS1634511 : 757,07%
TEKNIK GEOLOGIS1577961 : 1467,99%
TEKNIK GEODESIS1634181 : 729,37%
TEKNIK KOMPUTERS1638851 : 1464,82%
PETERNAKANS11057281 : 747,66%
TEKNOLOGI PANGANS1729851 : 1422,56%
AGROEKOTEKNOLOGIS1635771 : 928,56%
AGRIBISNISS1636631 : 1112,53%
KEDOKTERAN GIGIS1155511 : 3743,51%
FARMASIS1271.0811 : 4028,23%
BIOTEKNOLOGIS1393961 : 1024,33%
SASTRA INDONESIAS1664961 : 850,48%
SASTRA INGGRISS1657981 : 1255,74%
SEJARAHS1533501 : 720,76%
ILMU PERPUSTAKAANS1596101 : 1018,27%
HUKUMS12763.2851 : 1226,03%
MANAJEMENS11172.5031 : 2165,98%
EKONOMIS1847051 : 851,25%
AKUNTANSIS11172.0171 : 1756,79%
ADMINISTRASI PUBLIKS1661.0701 : 1618,75%
ADMINISTRASI BISNISS1781.3421 : 1723,00%
ILMU PEMERINTAHANS1787421 : 1021,74%
ILMU KOMUNIKASIS1782.0631 : 2665,77%
PSIKOLOGIS11233.6171 : 2913,39%
BAHASA DAN KEBUDAYAAN JEPANGS1595751 : 1016,23%
HUBUNGAN INTERNASIONALS1639611 : 1515,18%
ANTROPOLOGI SOSIALS1605701 : 1038,27%
EKONOMI ISLAMS1544091 : 856,44%
ADMINISTRASI PUBLIK KAMPUS REMBANGS1361891 : 542,48%
BISNIS DIGITALS130(Prodi Baru)0,0019,72%
KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJAS136(Prodi Baru)0,0030,76%
TEKNOLOGI REKAYASA KIMIA INDUSTRIS139851 : 219,39%
TEKNOLOGI REKAYASA OTOMASIS139451 : 115,78%
REKAYASA PERANCANGAN MEKANIKS139501 : 157,79%
TEKNOLOGI REKAYASA KONSTRUKSI PERKAPALANS136491 : 134,90%
TEKNIK LISTRIK INDUSTRIS139741 : 218,36%
PERENCANAAN TATA RUANG DAN PERTANAHANS1452141 : 515,56%
TEKNIK INFRASTRUKTUR SIPIL DAN PERANCANGAN ARSITEKTURS1634031 : 628,04%
AKUNTANSI PERPAJAKANS11291.2551 : 1046,08%
MANAJEMEN DAN ADMINISTRASI LOGISTIKS1694991 : 743,30%
BAHASA ASING TERAPANS1451341 : 325,10%
INFORMASI DAN HUMASS1694071 : 632,72%

Passing Grade PTN Lainnya:

Passing Grade UNIMED  

Passing Grade UNSRI

Passing Grade UNS

Passing Grade UB

Semoga informasi ini bermanfaat. Jika Kamu tertarik dan ingin berkuliah di UNDIP, kamu dapat mengunjungi laman resmi https://www.undip.ac.id/ , untuk mendapatkan informasi terbaru seputar UNDIP. Bagikan juga ke temanmu yang saat ini sedang mengikuti seleksi masuk PTN, semoga kamu berhasil masuk ke PTN Favorit Kamu dan diterima di Kampus Impian. 

Selamat Berjuang,,,

Back to top button