close

Pendaftaran UM-PTKIN 2020: Persyaratan, Jadwal & Cara Daftarnya

Meski tak lolos pada Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri ( SPAN-PTKIN) 2020, Jangan khawatir masih ada kesempatan ikut jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (UM-PTKIN) 2020.

Baca Juga: Info UTBK Terbaru 2020: Jadwal, Persyaratan & Alur Pendaftaran

Hanya saja, untuk pendaftarannya mundur dari yang seharusnya dimulai pada 15 April – 29 Mei 2020. Ini karena melihat perkembangan situasi terutama kondisi darurat pencegahan virus corona atau Covid-19.

Jika kamu ingin kuliah di kampus Islam Negeri, maka segera lakukan pendaftaran. Karena pendaftaran UM-PTKIN 2020 dimulai pada tanggal 1 Mei 2020.

Apa itu UM-PTKIN 2020?

UM-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN-IAIN/STAIN dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Nasional yang ditetapkan oleh Menteri Agama RI.

Pembiayaan penyelenggaraan UM PTKIN dibebankan kepada peserta seleksi dan Kementerian Agama RI.

Jadwal UM-PTKIN

  • Pendaftaran/pembayaran: 1 Mei – 30 Juni 2020
  • Cetak kartu ujian: 1-9 Juli 2020
  • Pelaksanaan ujian: 15-22 Juli 2020
  • Pengumuman: 28 Juli 2020

Persyaratan UM-PTKIN

  1. Lulus tahun dari 2018, 2019 dan 2020 Satuan Pendidikan MA/MAK/SMA/SMK/Pesantren Muadalah atau yang setara dan memiliki izin dari Kemenag RI. Lulusan tahun 2018 dan 2019 harus sudah memiliki ijazah. Lulusan tahun 2020 harus mempunyai Surat Keterangan Lulus dari Kepala Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah yang dilengkapi dengan pas foto terbaru yang bersangkutan dan ditandai cap Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah.
  2. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di PTKIN.
  3. Lulus dari Satuan Pendidikan MA/MAK/Pesantren Muadalah/SMA/SMK atau yang setara dan seleksi UM-PTKIN 2020, sehat, dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTKIN penerima.

Cara daftar UM-PTKIN

  1. Calon mahasiswa mengisi biodata secara online di https://um-ptkin.ac.id sehingga mendapat nomor SIP (Slip Intruksi Pembayaran), PIN dan informasi nominal yang harus dibayarkan serta tatacara pembayaran.
  2. Peserta melakukan pembayaran di seluruh kantor cabang bank BNI di seluruh Indonesia atau selain BNI dengan ketentuan sebagai berikut: Melalui Bank BNI / BNI Syariah, pembayaran dapat dilakukan di seluruh Kantor Cabang, ATM, SMS Banking (Aplikasi Android/IOS), Keagenan Bank BNI / BNI Syariah dengan menunjukkan nomor SIP. Selain Bank BNI, pembayaran dapat dilakukan dengan cara transfer ke Virtual Account BNI melalui Kantor Pos atau Bank manapun di seluruh Indonesia yang mendukung transfer antar bank dengan menunjukkan nomor SIP sebagai nomor Virtual Account BNI anda. (ada tambahan biaya tergantung mitra).
  3. Mengikuti Ujian CBT dengan memilih jurusan IPA atau IPS, menentukan program studi di PTKIN yang dituju, dan lokasi ujian.
  4. Cetak Kartu Peserta.
  5. Mengikuti ujian di lokasi yang telah dipilih sesuai tanggal, hari, dan sesi yang tertera pada kartu peserta.
  6. Peserta tidak dapat memindahkan tanggal, hari, dan sesi ujian sesuai yang tertera pada kartu peserta dengan alasan apapun.

Mekanisme sistem seleksi elektronik (SSE)

  1. Kelompok ujian: IPA dan IPS
  2. Materi tes:
    • Bahasa: Arab dan Inggris Tes
    • Kemampuan Dasar: Verbal dan Kuantitatif
    • Keislaman: Sejarah budaya Islam, Fiqih, dan Akidah Akhlak
    • IPA: Matematika dasar dan IPA Terpadu
    • IPS: Matematika dasar dan IPS Terpadu
    • Kesempatan: Setiap peserta diperbolehkan mengikuti tes 1 kali
  3. Pelaksanaan
  4. Pengumuman dan hasil: Setiap peserta diberikan hasil tes secara individu dan diumumkan melalui laman resmi https://um-ptkin.ac.id

Baca Juga: Info SNMPTN Terbaru 2020: Jadwal, Persyaratan & Pendaftaran

Terakhir jika ingin lolos UM-PTKIN 2020 perbanyaklah berdoa. Dengan doa segala yang mustahil bisa tercapai. Dari doa pula InsyaAllah akan muncul kemudahan setelah adanya usaha-usaha. Semangat menakhlukkan UM-PTKIN 2020.

Artikel Lainnya

Back to top button