close

Pentingnya Kamu Memahami Toleransi Terhadap Perbedaan

Apa sih satu hal yang bisa menyatukan rakyat di dunia? Mungkin jawabannya adalah toleransi.

Siapa sih yang nggak tau toleransi? kamu pun punya pemahaman akan konsep toleransi, namun ketika kamu ditanya, apa itu toleransi? Apa yang akan kamu jawab?

Toleransi adalah sikap yang adil, objektif, dan permisif terhadap sesuatu pendapat, agama, ras, sudut pandang, kewarganegaraan, dll yang berbeda dengan apa yang kita miliki.

Hakikatnya, toleransi merupakan sikap yang menghadirkan kebaikan untuk bisa hidup saling berdampingan tanpa memandang perbedaan. Meski berasal dari latar belakang budaya, agama dan ras yang tak sama. Terdengar sederhana. Namun terkadang toleransi ini cukup sulit untuk terjadi, kenapa?

Baca Juga: 2 Tips Agar Kamu Tidak Mudah Baperan

Di sinilah kamu perlu untuk berpikiran terbuka. Dengan memiliki kualitas diri yang memungkinkan kamu untuk terbuka dan menerima hal-hal baru, kamu akan lebih berkemungkinan untuk menoleransi orang lain.

Dalam hidup keberagaman, toleransi merupakan syarat yang mesti dipenuhi untuk memelihara dan melindungi tidak saja keberagaman, tetapi persatuan itu sendiri. Dengan kata lain, persatuan negeri ini hanya mungkin terjaga jika keberagaman identitas primordial setiap warga sepenuhnya diakui dan diberi ruang untuk mengembangkan diri. Dan kondisi itu sepenuhnya bergantung kepada kesadaran setiap warga untuk terus bersikap toleran. Itu artinya, semangat menerima perbedaan dalam sikap toleransi adalah sebuah modal dasar bagi setiap orang dengan segenap keunikan identitasnya dapat hidup baik merealisasikan dirinya.

Baca Juga: 3 Tips Menentukan Pilihan dengan Tepat

Toleransi membutuhkan dirimu untuk menghargai orang lain, untuk berani mencoba menentang prinsip hidupmu demi menjadi manusia yang lebih baik, jika kamu berpikiran terbuka itu adalah senjata dan toleransi adalah tindakan menembak itu sendiri, dalam melawan keburukan yang ada di dunia ini. Contoh sederhana, gotong royong dilingkungan masyarakat, dimana masing-masing warga menyumbangkan tenaga, dimana ada satu atau dua warga yang sukarela menyediakan makanan dan minuman bagi warga yang melakukan gotong royong tanpa membedakan agama, ini adalah bentuk nyata dari toleransi.

Bagaimana cara menjadi lebih toleransi?

Mulailah dengan dirimu sendiri. Cobalah untuk menerima hal-hal yang asing. Ingatlah selalu bahwa kamu tidak pernah tahu alasan orang lain melakukan sesuatu. Seringlah juga merenungi situasi atau orang yang tidak kamu sukai. Dengan melakukan ini, kamu bisa lebih mengerti akan hal yang tidak kamu setujui.

Lawanlah prasangka dalam dirimu. Kita semua memiliki confirmation bias dalam diri kita, ini juga menjadi salah satu alasan kenapa orang-orang itu suka gampang percaya dengan teori konspirasi, dan hal ini wajar. Dengan menyadari bahwa kamu memiliki prasangka tersebut, kamu bisa lebih sadar dalam memproses informasi. Jadilah lebih penasaran, tanyakan hal-hal yang kamu tidak tahu. Dengan begitu kamu bisa membuka jalan bagi informasi baru untuk masuk dan kamu akan bisa memproses informasi. Tentu saja ini akan memakan waktu bagi beberapa orang, so take your time.

Perbedaan adalah keniscayaan dalam masyarakat. Sebagaimana mestinya seorang saudara, maka tidak boleh untuk saling menjatuhkan karena dia atau mereka berbeda. Toleransi, tidak cukup diidentifikasi sebagai sebuah sikap, melainkan suatu kesadaran, suatu cara berpikir yang kekhasannya terletak pada kemauan untuk saling menerima dan menghormati perbedaan.

Back to top button