close
Uncategorized

Pentingnya Mengasah Soft Skill dimasa Kuliah!

Hai, Fellas Impiano! 😀 Apakah kalian menyadari adanya hal penting dan sangat urgent untuk kalian kembangkan? Yaps! Tentu saja tidak banyak dari kalian yang menyadari hal ini. Umumnya, mahasiswa saat ini sedikit sekali atensinya terhadap hal yang sesederhana ini, yaitu kompetensi dan bakat. Faktanya, banyak dari kita menjadikan nilai ijazah sebagai tolak ukur suksesnya masa depan yang mana hal tersebut bukanlah sesuatu yang akan menjadi standar dan tolak ukurnya.

Jika kalian apply pekerjaan di suatu perusahaan atau instansi, maka yang dilihat dan dinilai terlebih dahulu adalah rekam jejak bakat, kompetensi dan pencapaian prestasi yang kalian peroleh selama mengampu pendidikan. Karena hal tersebut telah menjadi hal utama dan ijazah menjadi hal yang kesekian untuk dinilai. Ingat sobat Impiano, Kualitas  pendidikan tidak menjamin kualitas kemampuan seseorang :).

Menapaki lembar kehidupan didunia kuliah dan mengukir jejak yang bersejarah dengan penuh makna bukanlah hal yang sangat rumit untuk dijalankan. Perlu kalian ketahui, betapa pentingnya mengetahui alasan untuk mengasah soft kill kita yang terpendam ini secara lebih jauh lagi agar kita siap menghadapi masa mendatang yang jauh menantang.

“Hidup bukan hanya sekedar tentang perjuangan, tetapi hidup adalah tentang medium untuk mencapai target dari segala perjuangan”.

-Rahma Haniffia

Well, untuk tahu lebih lanjut alasannya apa? mari kita simak Impiano semua!

Berada Pada Masa Kompetitif yang Tinggi

Seiring berjalannya waktu maka semakin berkembangnya zaman, segala hal yang konvesional satu persatu, perlahan – lahan telah ditransformasikan ke wujud basis digital. Hal yang begitu sederhana pun sudah bertransformasi kedalam basis digital.

Misalnya, ingin mencari ojek kini kita hanya perlu memesannya via online melalui aplikasi Go-Jek tanpa perlu lagi kita harus ke pangkalan ojek untuk memesan ojek. Jelas terlihat demand ojek di pangkalan ojek lebih menipis bahkan bisa dikatakan hampir tidak ada lagi, karena demand ojek sudah teralihkan ke aplikasi secara online yang sekaligus menyediakan fitur – fitur menarik lainnya dan bisa dikatakan lengkap pelayanannya sesuai dengan yang dibutuhkan pelanggan.

Dari hal seperti ini sangat menunjukkan bahwasannya tingkat persaingan yang sangat tinggi nan ketat selalu mengiringi kita dimanapun dan kapanpun beriringan dengan waktu. Jika kita hanya sekedar pengangguran yang sedang apply pekerjaan mengharapkan diterima bekerja tanpa modal kompetensi dan bakat atau kemampuan yang dikuasai, maka sia – sia saja masa pendidikan yang sudah kalian tempuh sejak lama selama bertahun – tahun.

Kita Mempunyai Mimpi Ingin Menjadi Apa Dimasa Kelak

Semua orang punya mimpi, dan pastinya teman-teman Impiano punya goals tersendiri untuk dicapai. Ada yang ingin menjadi pengusaha, guru mata pelajaran khusus dan masih banyak lagi profesi lainnya. Nah, dengan kalian mengembangkan keterampilan atau soft skill yang memang dikuasai. Maka ini akan sangat mendukung kita untuk menentukan pekerjaan kita kelak setelah lulus kuliah ingin menjadi apa? tanpa perlu kita ragukan lagi, karena memang sudah menguasai komponen pendukung pekerjaan itu sendiri.

Memiliki Relasi yang Baik Dengan Senior

Kita perlu memiliki relasi yang baik dengan senior agar kelak disaat kita telah wisuda, kita bisa meminta mereka mencarikan kita pekerjaan yang sesuai dengan keterampilan yang kita miliki. Disisi lain, mereka tidak akan sungkan untuk membantu kita dikarenakan mereka memang sudah mengenal kita sekaligus mereka telah mengetahui record pengalaman kita apa saja, sehingga mereka tidak akan sungkan untuk memberikan dan membantu mencari lowongan pekerjaan.

Hantam Semua Moment Kegagalanmu

Mulailah membiasakan dirimu untuk menjadi orang yang pantang menyerah, meski berkali-kali mengalami kegagalan tetapi tetap mencoba untuk bangkit. Apakah Impiano semua sudah menghabiskan semua moment kegagalannya di masa muda ini? Seharusnya iya ya. Kapan lagi jika tidak sekarang? Biasakanlah diri kita menjadi seorang kompetitor pantang mundur, soft skill ataupun keterampilan kita harus dipertajam sejak dini di bangku kuliah, agar kita menjadi lebih matang menghadapi segala rintangan di dunia kerja nanti karena kita telah melewati banyak kegagalan dan telah banyak belajar dari kegagalan itu sendiri : ).

Meningkatkan Ketangguhan Mental Pada Diri

Penting Impiano semua ketahui, dari keempat alasan yang mimino bahas demikian. Ketangguhan mental memicu pengaruh besar bagi kita untuk mengasah soft skill. Sejak kita terjun ke dunia perkuliahan, maka mental kita otomatisasi terhadap keadaan yang tengah kita alami. Dari hal tersebut membuktikan bahwa ketangguhan mental akan memperkuat konsistensi kita untuk meningkatkan kualitas soft skill yang kita miliki sehingga pada masa mendatang, kita sudah mempunyai modal berupa mental yang kuat dan tangguh untuk menghadapi berbagai tantangan dan rintangan yang menanti di setiap lekukan perjuangan masa depan kita :D.

Semangat, Fellas Impiano semua! Yakin, kalian semua bisa mencapai impian yang diinginkan. Hasil tidak akan menghianati usaha yang telah dilakukan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Impiano.

Back to top button