close

Rangkuman Biologi Kelas 10: Bab 3 Klasifikasi Makhluk Hidup – Kurikulum Merdeka

Sistem Klasifikasi Tiga Domain

Selain sistem lima kingdom, ada juga sistem tiga domain yang dikembangkan oleh Carl Woese pada tahun 1977. Sistem ini membagi kehidupan menjadi tiga domain utama berdasarkan analisis genetika ribosom RNA:

  1. Bacteria – mencakup semua bakteri prokariot.
  2. Archaea – mencakup mikroorganisme prokariot yang berbeda dari bakteri, sering kali ditemukan dalam lingkungan ekstrem.
  3. Eukarya – mencakup semua organisme eukariotik (protista, fungi, plantae, dan animalia).

Pentingnya Klasifikasi Makhluk Hidup

Klasifikasi makhluk hidup sangat penting karena beberapa alasan:

  1. Menyederhanakan Studi Biologi: Dengan mengelompokkan organisme berdasarkan karakteristik tertentu, kita dapat mempelajari mereka dengan cara yang lebih terstruktur.
  2. Mengidentifikasi Hubungan Evolusi: Klasifikasi membantu kita memahami bagaimana berbagai organisme terkait satu sama lain dalam pohon kehidupan.
  3. Komunikasi Ilmiah: Sistem taksonomi universal memungkinkan ilmuwan dari seluruh dunia untuk berkomunikasi dengan menggunakan nama-nama yang konsisten dan diakui secara global.

Baca Juga: Rangkuman Biologi Kelas 10: Bab 2 Keanekaragaman Hayati

Kesimpulan

Klasifikasi makhluk hidup merupakan aspek fundamental dalam studi biologi. Dengan memahami sistem klasifikasi, kita dapat lebih mudah mempelajari, mengidentifikasi, dan mengelompokkan berbagai jenis organisme di bumi ini. Melalui sejarah yang panjang dan berbagai sistem yang telah dikembangkan, klasifikasi terus berkembang seiring dengan penemuan ilmiah baru, memungkinkan kita untuk semakin memahami keanekaragaman hayati yang ada di dunia.

Laman sebelumnya 1 2

Tim Kampus

Platform Pendidikan digital yang berdiri sejak 2019 banyak membagikan Tips belajar, Info Kampus, dan Materi belajar gratis.

Artikel Terkait

Back to top button