close

Saat Kamu Berada di Titik Terendah Dalam Hidup

Saat Kamu Berada di Titik Terendah Dalam Hidup – Pernah nggak kamu merasa tertinggal dari orang lain? Misalnya temen sekolah kamu dulu, sekarang udah dapet beasiswa di luar negeri. Lah kamu masih gini-gini aja. Tapi hal kayak gini emang seringkali bisa bikin orang merasa inferior dan insecure terhadap diri sendiri. Jadi lupa aja gitu sama pencapaian selama ini, dan malah fokus sama hidup orang lain.

Baca Juga: Ketika Kamu Putus Asa dalam Hidup

Apa sih penyebab tertinggal dari orang lain? Biasanya isu yang sedang kamu hadapi sekarang ini berakar dari inferioritas dan insekuritas dalam diri sendiri atau bisa juga ini tuh terjadi karena kamu gak bisa fokus ke hal yang lebih relevan sama dirimu aja. Malah lebih fokus sama hal-hal yang terjadi di luar dirimu, termasuk pencapaian orang-orang lain. Akan tetapi, kegalauan kamu ini bukan berarti nggak bisa diatasi.

Bagaimana cara mengatasi perasaan tertinggal dari orang lain?

1. Tingkatkan Self Awareness

Apa sih self awareness? Sederhananya self awareness adalah pemahaman yang kamu punya terhadap diri kamu, bagaimana kamu mempersepsikan diri kamu, bagaimana orang lain memandang kamu serta bagaimana kamu menyatakan peran kamu di dunia. Self awareness yang tinggi ternyata punya banyak implikasi positif untuk diri kamu. self awareness yang tinggi bisa meningkatkan percaya diri, kreatifitas, dan produktifitas kamu. Logikanya seiring dengan peningkatan tersebut maka kamu akan lebih mudah untuk mencapai kesuksesan.

Gimana sih cara meningkatkan self-awareness? Coba manfaatkan waktu sendiri kamu untuk melakukan refleksi diri, meditasi, dan bisa juga dengan mencari feedback dari orang lain.

2. Stop Caring Too Much

Jangan terlalu berorientasi kepada hidup orang lain. Bodo amat lah dia multitalent kamu nggak, bodo amat dia cantik kamu nggak, bodo amat dia pernah menang lomba kamu nggak. Intinya bodo amat dengan pencapaian orang lain. Karena apa? Karena tidak ada pengaruhnya ke hidup kamu sama sekali. Kalau teman-teman kamu seberhasil itu lantas apakah hidup kamu akan lebih baik? Ya nggak juga kan. Berhasilnya kamu itu tergantung sama diri kamu sendiri. Kalau kamu tau orang lain lebih unggul dari kamu nggak usah terintimidasi, yang perlu kamu lakukan adalah belajar dari keunggulan teman kamu tersebut. Terkadang rumput tetangga terlihat lebih hijau, tapi kamu tidak tau seberapa besar usaha yang dia lakukan untuk mencapai kesuksesan tersebut. Fokuslah pada diri kamu. Lakukan lah yang kamu cintai dan cintai lah yang kamu lakukan. Dengan begitu kamu akan bisa sukses dengan cara kamu sendiri.

3. Jangan Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Diatas langit masih ada langit. Tidak masalah ada orang yang lebih unggul dari kamu, itu wajar. Tidak usah menghukum diri kamu karena tidak bisa jadi seperti orang lain. Membandingkan diri dengan orang lain hanya akan membuang waktumu. Bahkan membandingkan diri dengan orang lain itu tidak ubahnya sebuah hinaan untuk diri kamu sendiri. Jika kamu membandingkan diri dengan orang lain rasa percaya diri kamu akan turun, kamu akan susah untuk berpikir positif dan malah nggak bersyukur atas apa yang kamu punya. Kamu dengan teman mu melangkah dengan kaki yang berbeda, jadi tidak mungkin berhenti di kaki yang sama. Tupoksi hidup ini sudah diatur, jadi nikmatilah porsimu.

4. Buat Perencanaan Masa Depan

Jika kamu ingin hidup berkembang, kamu harus punya perencanaan yang logis dan realistis. Mungkin kamu mikir mau jalanin hidup aja kok susah ya, kenapa orang lain hidupnya mulus aja? Kamu memang melihat hidup orang lain mulus tapi kamu nggak tau perencanaan apa yang telah mereka buat untuk menuju sukses. Intinya sih kamu harus tau dulu apa tujuan hidup kamu, terus kamu buat perencanaan-perencanaan yang akan kamu lakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Ketika mengalami titik terendah, sebagai upaya mengimbangi hal itu, penting pula untuk kembali mengingat segala pengalaman positif atau penghargaan yang telah kamu dapatkan. Dengan begini, kamu akan tersadar bahwa hidup tak selamanya selalu berisikan kesedihan dan kegagalan, tetapi banyak momen membahagiakan yang mengiringinya.

Baca Juga: Tips Buat Kamu yang Gampang Menyerah

Setelah kamu mendapatkan pemahaman yang lebih positif serta merasa lebih baik, kamu dapat memperkokoh niatmu dengan mengingat kembali tujuan awal kamu melakukannya. Apa tujuanmu berkarya, bekerja, dan berusaha sampai sejauh ini? Dengan pemahaman atas tujuanmu ini, kamu akan mendapatkan motivasi intrinsik untuk kembali mencoba dan mengatasi rasa tertinggal dari orang lain.

Back to top button