close

Siapkan Diri Kamu, Ini 8 Tips Lolos SNBT 2023

Hay sahabat kampus, kamu pastinya sudah tau bahwa sistem jalur seleksi masuk PTN di tahun 2023 mengalami banyak perubahan. Salah satu jalur terbaru masuk perguruan tinggi negeri (ptn) adalah Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT). Jangan khawatir ya, kita akan banyak share info-info SNBT ke kamu.

Tahun sebelumnya, dikenal dengan sebutan SBMPTN. Materi yang dipelajari di jalur SNBT ini juga tidak jauh berbeda dengan materi sebelumnya. Ada 4 subtes penting yang akan kamu kerjakan yaitu: 

  • Tes Potensi Kognitif, 
  • Penalaran Matematika, 
  • Literasi Bahasa Indonesia, 
  • Literasi Bahasa Inggris.

Nah ini dia, 8 tips yang bermanfaat untuk kamu agar bisa memiliki kesempatan untuk lulus masuk PTN jalur SNBT. Silahkan disimak ya…!!!

1. Mencari Informasi Tentang SNBT

Seperti biasa, diawal kamu harus mencari informasi umum tentang apa itu SNBT beserta persyaratannya. Jangan lupa untuk catat juga jadwalnya ya, mulai dari tanggal pendaftaran hingga langkah-langkah untuk membuat akunnya juga ya.

2. Yakin dan Percaya Diri

wiujQNeebLuNbY53ad5wuzRYTlrVlaw2qo zgYKnlLDblBw MttD4gpflWYisv825no2MOM4ucvcZ VGJR7PsqHQTLtg3Yt3cufV3PVVlSkJwmvfMctErO11 La2hB00NBkYsnxNi6CmIrjmeFXN4aMeAAMHLSnQvOwPZLw lNqq 2VYf3fh23DTg

Kamu harus yakin kepada diri sendiri bahwa kamu bisa masuk PTN impian tahun ini. Jangan lupa buat plan, untuk mempersiapkan diri untuk menghadapi SNBT. Tentukan juga jurusan dan kampus mana yang akan kamu tuju. Baca-baca juga tentang jurusan yang akan kamu pilih, terutama daya tampung dan peminat ptn sebelumnya. Kamu bisa juga tanya-tanya kepada senior kamu, yang kuliah di kampus yang akan kamu pilih. Tanya-tanya juga biaya kuliah disana, sebagai bahan pertimbangan kamu nantinya.

3. Buat Jadwal Belajar

0IbDT4JCxkcr3wqD30Jnh70rfdncxujVBmENxEaOiMvnDEZCst ULCha741iwUkCTjca j Hqk5SQ7Ns NzOGvM356iSbqxxV58k6BUzcDzc31KhV4MqGD6rjlGMQNJ4ZfmfAdHGXzhh6AaXIVS9nvD6UYdhwSkAkvI4Wa Pf 8thiMScot1bp3L7A

Mulai sekarang buat plan yang jelas, dan alur mulai dari mana kamu akan belajar setiap materi SNBT. Karena soal yang akan kamu kerjakan nantinya, tidak sedikit. Karena 1 hari tidak cukup untuk mempelajari seluruh materinya. Jangan sampai kamu menerapkan sistem sistem kebut semalam ya, karena hasilnya tidak akan maksimal. Kesuksesan tidak dapat dibangun dalam sehari, pastinya bertahap.

4. Mulai Belajar Sesuai Gaya Sendiri

jeQPT01eD 0mNuoIDgXA0Qsxy0XKW34eFieXWFNrUqCoGHk8gR7nPBHUGa8ZF7uAy wIlzkge5AKGwPbH UXOfIPilapLbSOfdUNkKuw P8wnCLXko Wz5QNoFEwFd3tzksUQNdYzHnzw2u6my1 0N0O8D71PLo1rKfFBKCh8zm rwq1Fj453kMB A

Kamu pastinya sudah mengenali metode belajar yang tepat untuk kamu. Misalnya kamu akan lebih mudah paham jika belajar dari jam tertentu, atau dalam kondisi tertentu. Rapikan juga tempat belajar kamu, agar kamu bisa lebih fokus nantinya. Siapkan juga notes, untuk membuat catatan-catatan kecil. Sehingga kamu akan lebih mudah mengingat apa yang telah kamu pelajari sebelumnya.

5. Perbanyak Bahas Soal Latihan

9pkSOgZga4tfbh1Gf731pdEHu3Kh1oAv4yWnOD0WKoWJ5ayd PcxWgMakS 9bTXX1Rsf3z1Vj4X4mu53 5LNaDHuHxrwaAj5Vgzn IsbaRATjKEPZbVS9cJlDIH11w2y624E34 0baEa0XNJL2yWZvaZuh4FId2wlaGbAfOsrLWuI3byLNibY9Mjyw

Yups, percuma juga kamu banyak belajar, tapi tidak pernah latihan sama sekali dalam mengerjakan soal SNBT. Mustahil banget kamu dapat memahami konsep dan materi yang kamu pelajari selama ini. Latihan soal akan menguji kamu, tentang seberapa jauh pemahaman kamu terhadap materi yang telah kamu pelajari.

Ada banyak sebenarnya tempat latihan soal SNBT, kita juga sudah siapkan kumpulan soal SNBT yang dapat kamu kerjakan.

6. Mengikuti Try Out

CCk99 qSEQC 2Di4KJDO6cvhvfDVw vpCZBGDUssLojA7vr5yXGz6Heo6xDjklw9EwvhZEpAoRAfijYMFaiLD5CqQFiRiGjoNglB t5MRF0wFI 7t u3dw7vcGsBzoyqbi0ob74HlLDBj tK0yJQJPKvcd80S0CF DV8a5ZbJ6gBdGGEMbhGprPOAQ

Bagian yang ke-6 ini hanya opsional. Kalau kamu mempunyai budget lebih, bisa mengikuti try out yang diselenggarakan oleh beberapa lembaga bimbingan belajar. Namun jika kamu mengalami keterbatasan finansial, cari aja bahan belajar dan latihan soal di internet banyak ko. Makin banyak kamu latihan, maka akan semakin besar kamu akan lolos masuk ptn impian kamu.

7. Selalu Menjaga Kondisi Fisik dan Mental

n3Gc9KdVMNswB8J6hjr2EIjypLvBfbxEAzPxhfRMjKeuR0PKtxAxuOA3QdhxaJGz5EEDSGA20ZZ36ogyJ1BTcDhpJXm8vOwtH6dMxQ4v0 RvbeWjtWfh3nFKN kUaa5KZ6rdPnjSeP0CUdyIq8I Zt1xwMyUrbbHP yq4ufVS7aopDdN3NauBGUqfw

Tentunya saat ini kamu sedang mengalami banyak tekanan, demi masuk ke kampus impian. Tapi tidak apa-apa, seperti kata pepatah, bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian. Namun kamu tetap harus menjaga pola makan dan istirahat ya, mengingat itu juga akan berpengaruh besar terhadap kefokusan kamu saat sedang belajar nantinya.

8. Selalu Ibadah dan Berdoa 

usFmgERPFMRCOvfyp7lGCR9qMedgMUALCpJAiqts44xcMXKrUJ1S4BIiH6BT0OKe1aThal M5zOEtFw0xgXDubnxfqWfjw7WZGoXYjfpCewhKbiMgKYFhcredkSSfBvULpN5LyTTOmyq BBEauxzKoOXjaOQok3nyLqXDt7UmFRE2zVCopRb Y9Npw

Banyak-banyak melakukan ibadah juga dan berdoa ya, agar apa yang menjadi hajat kamu bisa terkabul juga. Jika kamu sudah berusaha dengan maksimal, jangan lupakan juga kamu bukan apa-apa tanpa bantuan yang kuasa. Minta restu dari orang tua juga ya, agar kamu menjadi lebih semangat dalam masuk kampus impian.

Nah itu dia tips dan trik yang dapat kamu terapkan untuk bisa berhasil dalam mengikuti SNBT tahun

Back to top button