close

11 Universitas Terbaik di Provinsi Sumatera Barat 2024

Perguruan Tinggi di Indonesia mencakup berbagai bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Kota Padang, Sumatera Barat, merupakan salah satu lokasi dengan banyak Perguruan Tinggi berkualitas, baik negeri maupun swasta. Nah ini dia kampus pilihan recomended banget untuk kamu yang pengen berkuliah di kota Padang tahun 2024

Berdasarkan data dari laman UniRank , berikut adalah daftar 10 Perguruan Tinggi terbaik di Padang:

1. Universitas Negeri Padang

Peringkat 1, terbaik di Padang dan peringkat 30 di Indonesia. Universitas Negeri Padang (UNP) adalah perguruan tinggi negeri yang didirikan pada 23 Oktober 1954 di Padang, Sumatera Barat. 

🎓 UNP memiliki enam kampus di berbagai lokasi, termasuk di Lubuk Buaya, Ulu Gadut, Limau Manis, Kota Bukittinggi, dan Kota Pariaman. 🌍 Pada 2011, UNP masuk dalam 50 Perguruan Tinggi Paling Menjanjikan di Indonesia. 🌟 Pada 29 Desember 2016, UNP meraih akreditasi A dari BAN PT, dan pada 20 April 2022, naik menjadi predikat Unggul. 

🌈 Pada 17 Agustus 2018, UNP menempati peringkat 26 dari 100 perguruan tinggi Indonesia nonvokasi. 📈 Jumlah mahasiswa UNP pada 2020 mencapai 47.808, dengan 36.742 sarjana, 3.209 magister, dan 585 doktor. 🎓

2.  Universitas Andalas

Posisi 40 sebagai universitas terbaik di Indonesia. Universitas Andalas (Unand) adalah perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Kota Padang, Sumatera Barat, Indonesia 🏫. Didirikan pada tanggal 23 Desember 1955 oleh Wakil Presiden Mohammad Hatta, menjadikannya salah satu universitas tertua di luar Pulau Jawa. Saat ini, Unand memiliki lima belas fakultas dengan kampus utama di Limau Manis, Padang, dan kampus lain di Padang, Payakumbuh, dan Dharmasraya 🌍.

Berbagai prestasi telah diukir oleh Unand, termasuk peringkat keempat dalam Evaluasi dan Klasterisasi Perguruan Tinggi Berbasis Kinerja Penelitian pada tahun 2019. Sejak tahun 2016, Unand termasuk dalam klaster 1 perguruan tinggi negeri menurut Kemenristekdikti 📈. Pada tahun 2021, Unand resmi menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum ke-13 di Indonesia 🎓.

3.  Universitas Bung Hatta 

Universitas Bung Hatta adalah salah satu universitas swasta terbesar di Sumatera Barat yang didirikan pada 20 April 1981 di bawah Yayasan Pendidikan Wawasan Nusantara, kemudian berganti nama menjadi Yayasan Pendidikan Bung Hatta pada 1996. Kampus utama terletak di Jalan Sumatra, Ulak Karang, Kota Padang 🏫. Universitas ini memiliki tujuh fakultas dengan 27 program studi yang terakreditasi dan terus berkembang baik dari segi sarana maupun prasarana. Pada tahun 2017, Universitas Bung Hatta memperoleh Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) dengan nilai akreditasi B 📈.

Baca Juga: 10 Universitas Terbaik di Provinsi Lampung

4.  UIN Imam Bonjol 

Sejarah UIN IB dimulai pada tahun 1962 dengan pendirian Yayasan Imam Bonjol oleh Azhari dan kawan-kawan. Pada 29 November 1966, IAIN Imam Bonjol Padang secara resmi berdiri dengan 4 fakultas dan 5 jurusan. Seiring waktu, terjadi penambahan fakultas cabang di berbagai lokasi, dan pada tahun 1997, fakultas-fakultas cabang dilepaskan sebagai Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN). Pada tahun 2015, UIN IB mendirikan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Pada 7 April 2017, statusnya resmi berubah menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol berdasarkan Perpres No. 35 tahun 2017.

5.  Universitas Putra Indonesia YPTK Padang 

Universitas Putra Indonesia “YPTK” di Kota Padang, Sumatera Barat, didirikan pada 23 September 1985 oleh H. Herman Nawas dan Dr. Hj. Zerni Melmusni, M.M., Ak. melalui Yayasan Pendidikan Tinggi Komputer Padang (YPTK Padang). Awalnya berbentuk sekolah tinggi, universitas ini terdiri dari STMIK, AMIK, STIE, dan AAMPK, yang kemudian bergabung pada tahun 2001. Saat ini, Universitas Putra Indonesia memiliki tujuh fakultas dan dua program pasca sarjana, menempati lokasi di Jl. Raya Lubuk Begalung Padang. Rektor universitas ini adalah Prof. Dr. H. Sarjon Defit, S.Kom., M.Sc.

Fakultas Ilmu Komputer menyediakan program studi seperti Sistem Komputer, Sistem Informasi, Teknik Informatika, dan Manajemen Informatika. Fakultas Ekonomi menawarkan program studi Manajemen, Akuntansi, dan Psikologi. Sementara itu, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Teknik Industri, Fakultas Desain Komunikasi Visual, dan Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan memiliki spesialisasi masing-masing, termasuk Pendidikan Teknik Informatika dan Bimbingan Konseling.

1 2Laman berikutnya
Back to top button