close
Uncategorized

11 Prospek Kerja & Gaji untuk Lulusan Jurusan Psikologi

Sebentar lagi Anda akan memasuki dunia perkuliahan. Anda mungkin saat ini sedang mencari jurusan apa yang tepat untuk diri Anda. Jurusan Psikologi sering menjadi perbicangan oleh anak-anak SMA. Sudah tahukah Anda seperti apa jurusan Psikologi itu? Bagi Anda yang belum mengenal dengan baik tentang jurusan psikologi, kami sudah merangkumnya untuk Anda.

Pengertian Psikologi

Psikologi sendiri berasal dari bahasa latin, yaitu “psyche” dan “logos”. Psyche berarti jiwa, sedangkan logos berarti pengetahuan. Psikologi dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang kejiwaan.

Cabang Jurusan Psikologi

Jurusan Psikologi juga dibedakan dalam beberapa bidang, diantaranya:

  1. Psikologi klinis
    Pada Fokus pada pemahaman dan solusi masalah psikologis, peningkatan kemampuan penyesuaian diri dan kapasitas pribadi.
  2. Psikologi perkembangan
    Fokus dalam memahami perkembangan manusia sejak lahir hingga meninggal dunia.
  3. Psikologi pendidikan
    Mengembangkan ilmu psikologi dan menerapkannya dalam lingkup pendidikan berbasis riset.
  4. Psikologi industri dan organisasi
    Menerapkan teori perilaku manusia di dalam organisasi dengan tujuan meningkatkan produktifitas.
  5. Psikologi sosial
    Fokus pada pengkajian perilaku manusia dan pengaruhnya terhadap lingkungan sosialnya.
  6. Metode riset dan penelitian
    Mengembangkan metode yang tepat untuk meneliti gejala psikologis pada individu manusia.

Materi Jurusan Psikologi

Bagi Anda nanti yang memilih jurusan Psikologi, secara umum akan mempelajari 4 hal ini:

  1. Psikologi perkembangan: mempelajari perkembangan individu manusia sejak lahir hingga tua, serta segala faktor yang mempengaruhinya.
  2. Psikologi sosial: mengamati pengaruh sosial terhadap individu dan interaksinya di dalam atau antar kelompok.
  3. Psikologi kepribadian: memahami tingkah laku individu manusia saat menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya.
  4. Psikologi kognitif: mempelajari persepsi, proses belajar dan kognisi lainnya dari manusia.

Karir Mahasiswa Psikologi

Banyak calon mahasiswa yang ingin memilih jurusan Psikologi, namun masih sering mempertanyakan prospek kerja dijurusan ini. Berikut ini adalah daftar pekerjaan yang dapat Anda pilih di dunia kerja dari jurusan Psikologi.

Human Resources Development (HRD)

Posisi HRD juga cocok untuk Anda dari jurusan Psikologi. Pastinya dalam perusaah besar, selalu membuka posisi untuk bidang ini. Bagian HRD dalam sebuah perusahaan adalah untuk mengurusi operasional karyawan, mengurus penggajian karyawan, rekrutmen karyawan, pengembangan organisasi dan performance management, serta training dan development untuk mengembangkan karyawan.

Psikolog

Untuk menjadi seorang psikolog, Anda harus melanjutkan pendidikan Anda ke Pascasarjana (S2). Barulah setelah lolos nantinya, Anda akan mendapat gelar sebagai seorang psikolog. Seorang psikolog akan banyak dibutuhkan oleh pihak pemerintah maupun swasta. Misalkan saja dalam mengeluarkan hasil tes psikologi yang legal. Jika Anda bekerja dirumah sakit pada posisi psikolog, Anda akan menangani orang-orang yang mengalami gangguan kejiwaan, ataupun anak-anak yang dengan mental kurang. Anda juga dapat membut tempat praktik sendiri, sama halnya dengan dokter.

Guru Bimbingan Konseling

Anda juga bisa menjadi seorang guru BK, untuk sekolah-sekolah tingkat SD- SMA. Anda akan membantu sekolah, untuk memaksimalkan potensi dari siswa yang belum mengenal jati dirinya dengan baik.

Dosen Psikologi

Bagi Anda yang telah lolos pada jenjang S2 pada jurusan Psikologi. Anda dapat memilih karir sebagai tenaga pengajar di Perguruan Tinggi sesuai bidang Anda. Menjadi seorang dosen psikologi, juga cukup menjanjikan untuk masa depan Anda.

Penulis atau Penerjemah Buku Psikologi

Anda juga dapat menjadi penulis buku tentang ilmu-ilmu psikologi. Apalagi jika Anda memang sebelumnya, sudah memiliki latar belakang hobi dengan kegiatan tulis menulis.

Menjadi Seorang Trainer

Anda juga bisa menjadi seorang trainer. Sangat cocok untuk Anda yang suka dengan pekerjaan melatih. Namun melatih disini, bukan melatih fisik. Namun disini berkaitan dengan motivasi, pengembangan diri, kelompok atau organisasi.

Konselor

Anda juga bisa menjadi seorang konselor dalam perusahaan. Fungsi dari konselor disini adalah untuk memberikan konseling bagi pekerja yang ada di perusahaan tersebut. Selain di perusahaan, Anda juga akan dibutuhkan oleh LSM dan Non Government Organization .

Asesor

Dalam sebuah perusahaan akan ada yang namanya Asesor. Asesor disini fungsinya untuk memberikan penilaian terhadap performa dari masing-masing karyawan yang berkerja disana.

Konsultan Karir

Anda juga bisa menjadi seorang konsultan karir, dimana tugas Anda nanti adalah membantu merencanakan dan memilihkan karir bagi klien.

Market Researcher

Market researcher adalah mengumpulkan, menganalisa data dari kondisi pasar atau perilaku konsumen. Anda dapat bekerja sebagai seorang Market researcher dalam membantu perusahaan dalam menganalisa kebutuhan konsumen saat ini.

UX analyst

Anda juga bisa bekerja dalam perusahaan teknologi. Disini tugas Anda adalahmenganalisis perilaku konsumen saat menggunakan produk/layanan software tertentu.

Gaji saat Kerja

Gaji yang Anda dapatkan nanti dari lulusan psikologi disesuakan kembali dengan posisi karir Anda nantinya.

  • Untuk Anda lulusan psikologi, dan bekerja sebagai konsultan dengan pengalaman 1-3 tahun. Rentan gaji yang dapat Anda peroleh dari Rp10.000.000–Rp15.000.000
  • Jika Anda bekerja sebagai market researcher ditambah dengan pengalaman 2-4 tahun. Anda dapat memperoleh gaji dengan rentan Rp5.000.000–Rp8.000.000
  • Dan jika Anda bekerja sebagai Seorang recruiter atau talent acquisition specialist, ditambah dengan pengalaman kerja 3-5 tahun. Gaji yang dapat Anda peroleh adalah sekitar Rp8.000.000­–Rp25.000.000.

Sinta Anggraini

Alumni Psikologi Universitas Indonesia. Penulis. Tidak ada mimpi yang terlalu tinggi untuk dicapai, yang ada hanya niat yang terlalu rendah untuk melangkah.
Back to top button