close

3 Tips Menentukan Pilihan dengan Tepat

Sebagai manusia yang berakal sehat sudah pasti setiap harinya kamu harus mengambil keputusan suatu hal yang hendak kamu lakukan. Setidaknya dalam sehari minimal ada 10 keputusan yang harus kamu tentukan, misalnya dalam rutinitas kamu saja. Berawal dari bangun tidur, kamu sudah menentukan mau melakukan apa terlebih dulu, kemudian setelahnya melakukan apa lagi, lalu melakukan apa lagi hingga seterusnya kamu tidur kembali di malam hari.

Baca Juga: 4 Cara Menghindari Hoax dan Menentukan Pilihan Terbaik

Tetapi, pada suatu ketika ada saja dimana keadaan kamu sering bingung dalam menentukan keputusan sehingga keputusan yang kamu ambil menjadi salah dan berakibat penyesalan diakhir. Bahkan ada saja yang sampai timbul adu argumen sederhana disaat mengambil keputusan, dan ini mungkin saja terjadi saat kamu sedang bersama pasanganmu atau teman – temanmu. Contohnya, ketika tiba jam makan siang kalian saling bertanya ingin makan apa, ujung-ujungnya karena terlalu banyak adu argumen ini itu akhirnya kalian makan siang dengan makanan yang tidak selera dengan kalian. Nah, dalam hal sesederhana ini pun kamu masih suka salah dan bingung dalam menentukannya lalu, bagaimana dengan suatu keputusan besar? Ya, Kamu harus bisa menentukan keputusan itu dengan tepat. jika tidak, kamu bisa saja mengalami penyesalan yang mendalam dan bahkan sampai seumur hidup.

Baca Juga: 2 Alasan Penting Berpikir Kritis dan Rasional

Kemampuan dalam pengambilan sebuah keputusan bukanlah kemampuan yang sudah mutlak akan kamu dapatkan sejak lahir ke dunia ini. Tetapi, kemampuan pengambilan keputusan akan dapat kamu miliki disaat kamu sudah beranjak dewasa dan sudah bisa menentukan mana yang baik dan tidak baik. Namun, kemampuan ini perlu kamu asah dan latih terlebih dahulu dengan cara mengambil keputusan yang tepat mengenai suatu hal dalam rentang sederhana dan jika sudah cukup yakin mampu, kamu bisa beranjak untuk mencoba menentukan keputusan dalam rentang yang kompleks atau besar. Hal ini perlu kamu lakukan agar kamu tidak salah dalam langkah, dan kamu bisa menghindari penyesalan diakhir karena kamu sudah memikirkan dan menganalisisnya dengan benar sehingga keputusan yang kamu ambil akan tepat.

Baca Juga: Seni Hidup Minimalis Itu Apa Sih?

Banyak kasus yang terjadi dimana seseorang salah dalam menentukan suatu keputusan seperti; salah dalam mengambil jurusan, kemudian merasa tidak nyaman dengan jurusan tersebut hingga kamu hilang motivasi dan kamu memutuskan untuk tes ulang memilih jurusan yang sebenarnya baru kamu sadari cocok untuk kamu. Bahkan, ada saja yang salah dalam memilih pasangan sampai – sampai sudah menikah tetapi pada akhirnya cerai karena ketidakcocokan satu sama lain hingga menyebabkan sering bertengkar. Ya, masih banyak lagi kejadian – kejadian dimana kamu dihadapkan dengan keputusan besar yang harus kamu tentukan sekaligus sifatnya life-changing, tetapi kamu masing sering bingung dan salah dalam menentukan yang tepat.

Maka, dari itu artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara agar kamu tidak mengalami kesalahan dalam mengambil suatu keputusan.

1. Tanyakan Keputusan yang Akan Diambil

Langkah awal yang perlu kamu lakukan sebelum mengambil keputusan adalah mempertanyakan terlebih dahulu pada diri kamu sendiri mengenai keputusan yang akan kamu ambil itu apa? Ketahui alasan mengapa kamu hendak mengambil keputusan tersebut? Dan pertanyakan pula, apakah keputusan tersebut telah satu linear dengan jurusanmu?. Nah, langkah yang pertama ini dapat di kenal dengan istilah start with why. Karena ini menjadi esensi yang utama sebelum kamu mengambil keputusan, pertanyakanlah terlebih dulu kenapa mengapa terhadap suatu hal yang hendak kamu tentukan agar apa yang kamu putuskan dapat memiliki alasan dan tujuan yang jelas.

Apabila kamu mengalami kendala dalam menjawab pertanyaan – pertanyaan kenapa mengapa tadi sebelum mengambil keputusan, itu artinya kamu bermasalah dengan dirimu sendiri. Kamu belum mengenali dirimu dengan betul, sehingga kamu sulit untuk menemukan jawaban kenapa mengapa sebelum kamu menentukan keputusanmu itu. Maka, kamu perlu memahami dan mengenali dirimu terlebih dahulu. Tips agar kamu dapat mengenali dirimu ini dapat kamu baca pada artikel sebelumnya yang sudah diterbitkan oleh kampusimpian.

2. Menentukan Apa dan Bagaimana

Pada langkah yang kedua ini kamu perlu membuat pilihan alternatif lainnya, agar kamu mempunyai cadangan pilihan untuk kamu pikirkan dan analisis, sehingga kamu dapat menemukan satu pilihan yang pas buat kamu. Buatlah alternatif pilihan sebanyak mungkin, buat pilihan A, B, C dan seterusnya agar kamu bisa mengkerucutkan keputusanmu pilihanmu dengan tepat.

3. Cari Informasi Lebih Mengenai Pilihanmu

Pentingnya kamu melakukan hal ini agar kamu dapat lebih membandingkan dan banyak pertimbangan, sehingga pilihan yang akan kamu tentukan itu adalah benar – benar tepat.

Lakukanlah pertimbangan terhadap pilihanmu itu dari berbagai aspek agar kamu dapat mengetahui sisi positif dan negatif  dari pilihanmu, dan manakah pilihan dengan sisi negatifnya dapat kamu toleransi dan mana yang tidak, begitu juga dengan sisi positifnya apakah bisa kamu maksimalkan jika kamu pilih.

Contohnya saja, kamu bekerja disuatu perusahaan yang jaminan gajinya sangat besar dan benar – benar membuat kamu nyaman. Tetapi, disatu sisi kamu memutuskan untuk mengundurkan diri, karena kamu adalah sosok yang sangat berorientasi pada keluarga sedangkan pekerjaanmu itu menuntut kamu harus jauh dari keluarga. Tetapi, jika kamu adalah orang yang tidak terlalu mengorientasikan keluarga maka, kamu akan baik – baik saja dengan pekerjaan tersebut dan tidak akan mengundurkan diri.

Nah, setelah kamu selesai memikirkan dengan begitu matang mengenai pilihanmu dan kamu telah melakukan tiga langkah yang sudah saya jelaskan tadi. Perlu diingat, meskipun kamu telah melakukan semua langkah yang dijelaskan, serta kamu telah memikirkannya dengan begitu matang. Ya, belum tentu itu akan menjamin keputusanmu itu tepat sepenuhnya. Mungkin setelah ini kamu akan baik –  baik saja dengan keputusanmu itu, tetapi kamu tidak tahu mengenai apa yang akan terjadi kedepannya. Jadi, kamu perlu meyakinkan pada dirimu sendiri bahwa secara hakikat tidak ada yang tau kondisi apa yang akan terjadi kedepannya, apakah hal baik atau malah hal buruk yang akan terjadi.

Semoga bermanfaat, Arigatou. J

Back to top button