close

5 Cara Menentukan Tujuan Hidup Kamu

Pernah kebayang nggak gimana cara kamu menentukan tujuan hidup? Atau bahkan kamu belum tau apa tujuan hidup kamu? Proses mengenali tujuan hidup bisa dikatakan sebagai salah satu misteri terbesar dalam hidup. Dalam proses menentukannya, berbagai kejutan yang gak kamu duga mungkin datang menghampiri. Ada kalanya kejutan sesuai dengan ekspektasi kamu, tapi tak jarang juga sebaliknya. Akibatnya itu akan memunculkan dilema dalam diri kamu, antara memilih pintu mana yang akan membawa kamu menuju kesuksesan.

Baca Juga: Tips Menentukan Tujuan Hidup (Life Motivation)

Akibat dilema tersebut, akhirnya mungkin kamu merasa capek dalam menjalani rutinitas ini. Dari situ, kamu pun bertanya kepada diri sendiri, “Sebenarnya, apa sih yang menjadi tujuan hidup saya selama ini?” Hal itu mungkin menghantui diri kamu tiap waktunya dan dimana pun kamu berada. Alhasil, kamu menjadi susah fokus dan mengganggu produktivitas kamu dalam berkegiatan sehari-hari.

Apasih tujuan hidup itu? Tujuan hidup sendiri diartikan sebagai suatu panduan bagi diri kamu dalam menjalani kehidupan. Hal ini berguna untuk memandu, membentuk cita-cita, serta menemukan makna dibalik kamu menjalani hidup. Hal ini juga dapat membantu kamu dalam mengambil berbagai keputusan dalam hidup, baik skala kecil maupun besar. Tentunya, tujuan hidup dapat berubah-ubah seiring berjalannya waktu dan pengalaman yang kamu alami.

Baca Juga: 4 Cara Mengurangi Ketakutan Apapun dalam Hidupmu

Terkait hal ini, setiap dari kamu bisa dibilang memiliki tujuan yang berbeda-beda. Misalnya, mulai dari ingin jadi orang sukses, ingin bahagia dalam hidup, memiliki harta berlimpah, sampai mampu bermanfaat bagi orang banyak. Semua itu tentu gak ada yang salah kok, sebab itu menjadi motivasi bagi kamu untuk melanjutkan hidup.

Cara Menentukan Tujuan Hidup yang Baik

1. Tentukan Hal yang Penting dalam Hidup

kamu mungkin udah sering denger ini, sehingga terdengar sedikit klise. Akan tetapi, masih banyak dari kamu yang lupa buat ngelakuin hal satu ini. Salah satunya mungkin karena terlalu sibuk mengejar sesuatu yang di depan mata, hingga lupa hal apa yang sebenarnya penting dalam hidup kamu. Maka dari itu, kamu bisa menentukan apa yang kamu anggap penting selama ini. Alhasil, itu dapat merencanakan tujuan hidup dengan baik.

2. Tentukan Apa yang Menjadi Prinsip Hidup Kamu

Selanjutnya, kamu bisa mencoba menentukan apa sih yang menjadi prinsip kamu dalam menjalani hidup. Prinsip ini berguna bagi kamu menghadapi berbagai dinamika kehidupan, serta merencanakan tujuan hidup. Salah satunya sebagai pegangan kamu saat mengalami dilema dalam hidup. Dengan begitu, kamu dapat merencanakan tujuan hidup dengan baik melalui prinsip hidup yang kamu pilih.

3. Tentukan Secara Jelas

Kamu bisa mencoba menentukan tujuan hidup yang jelas dalam merencanakannya. Salah satunya lewat mengetahui untuk apa kamu menentukan tujuan tersebut. Karena terdapat alasan umum kenapa orang gagal mencapai tujuan hidupnya, yaitu kurang jelasnya tujuan yang diciptakan. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk menciptakan tujuan hidup yang jelas, guna memudahkan kamu dalam menentukan tujuan hidup kamu.

4. Realistis dalam Menciptakan Tujuan

Tak ada yang salah dengan apapun tujuan hidup yang kamu tentukan. Karena sebagai manusia, kamu berhak buat menentukan sendiri apa yang menjadi tujuan kamu dalam hidup. Akan tetapi, seringkali mungkin tujuan kamu tersebut kurang realistis, sehingga memunculkan tekanan dalam mencapai tujuan tersebut. Maka dari itu, kamu bisa mencoba menyesuaikan antara tujuan hidup dengan kondisi kamu saat ini.

5. Ciptakan Tujuan untuk Dicapai, Bukan Dihindari

Seringkali kamu mungkin membuat tujuan untuk menghindari suatu hal yang tak diinginkan. Sebenarnya tak ada yang salah saat kamu membuat tujuan seperti itu, karena itu merupakan pilihan kamu sendiri. Namun, alangkah baiknya jika kamu memfokuskan tujuan hidup kamu untuk mencapai sesuatu, ketimbang menghindarinya.

Strategi yang harus kamu kuasai untuk menentukan tujuan hidup adalah dengan mencari tahu siapa kamu, apa hasrat yang ingin kamu lakukan, dan apa yang kamu sukai dalam hidup ini. Dengan cara seperti ini, maka kamu akan lebih sadar untuk mengenal diri sendiri dan melakukan apa yang terbaik dalam kehidupan. Miliki visi di dalam hidup kamu untuk mengetahui tujuan hidup dan bagaimana kamu ingin menjalani kehidupan.

Back to top button