close

Cara Mudah Meningkatkan Kemampuan Critical Thinking Kamu

Cara Mudah Meningkatkan Kemampuan Critical Thinking Kamu  – Tahukah kamu? Critical Thinking atau Berpikir Kritis adalah suatu kemampuan yang sangat penting untuk kita miliki. Berpikir kritis merupakan kemampuan seseorang dalam berpikir secara jernih dan sangat rasional dengan apa yang seharusnya diyakini kebenarannya. Setiap orang bisa memiliki kemampuan berpikir kritis tetapi dengan proses yang berbeda dalam meningkatkan kemampuannya untuk berpikir kritis.

Baca Juga: Alasan Kenapa Mengenal Kesehatan Mental itu Penting?

Tanpa perlu banyak narasi, saya akan menjelaskan cara meningkatkan kemampuan Critical Thinking.

Well, berdasarkan teori Jordan Peterson seorang profesor psikologi yang menyatakan bahwa salah satu cara untuk meningkatkan serta melatih kemampuan berpikir kritis seseorang ialah dengan menulis. Dikarenakan dengan menulis akan membuat otak untuk terlatih berpikir secara sistematis. Kemudian dapat menyampaikan suatu argumen secara runtut dan baik.

Baca Juga: 3 Tips Mengatasi Masalah Keuangan dan Biaya Kuliah

Perlu kamu ketahui, bahwa menulis dan berpikir adalah dua hal yang berdampingan. Seseorang dapat menulis sudah didasari dengan adanya suatu hal dalam pikirannya kemudian dituangkan dalam bentuk tulisan, dan dikemas menjadi suatu bacaan informasi. Begitu pula dengan berpikir kritis, kamu dapat berpikir secara kritis yang kemudian kamu kemas menjadi suatu kalimat argumen yang bermutu dan dapat kamu sampaikan secara lisan ataupun tulisan yang terkandung informasi didalamnya.

Pada suatu kondisi, seorang dosen memberimu tugas untuk membuat suatu tulisan essai dan kamu harus mengerjakannya dengan benar-benar dipertimbangkan setiap argumennya baik itu opini atau pun fakta agar tersampaikan secara akurat dan kuat tanpa terbantahkan. Nah, disisi lain ternyata dosenmu memikul pekerjaan yang cukup berat dalam mengajari mahasiswanya ini, karena dosenmu harus menilai essai yang dibuat oleh kamu dan teman kelasmu. Dosen bisa saja dengan mudah memberikan nilai A untuk mahasiswa  dengan tulisan essainya yang bermutu yang artinya dia sudah mempunyai kemampuan berpikir kritis, tetapi dosenmu akan merasa sulit jika ada mahasiswa yang mendapat nilai C. Mengapa demikian? Ya, karena dosen harus menjelaskan koreksi dari letak kesalahan tulisanmu, dan dosen harus menjelaskan serta mengajari bagaimana cara berpikir dengan baik.

“ Critical Thinking makes you win the battles and those could be battles for good things, so that’s why you should learn to write! It’s the most powerful weapon for you”

-Jordan Peterson

Seseorang yang sudah mampu berpikir secara kritis adalah seseorang yang sudah mampu berpikir secara sistematis dan mampu memadukan antara menulis dan berpikir secara kritis. Yoa, it means mampu melakukan sesuatu secara efektif. Kemampuan berpikir kritis dapat menjadi suatu hal yang patut kita banggakan secara tersendiri, dikarenakan itu ibaratkan senjata bagi kita dalam sebuah pertarungan masa kini. Pribadi yang sudah mempu berpikir kritis juga tergolong sebagai sosok yang unstoppable atau tiada henti untuk menyerah dalam mencoba melewati berbagai macam rintangan. Jadi, begitu nyata bukan? Bahwa kemampuan berpikir kritis perlu ditingkatkan ialah dapat dengan cara membiasakan menulis.

Tetapi, Sungguh disayangkan sekali tak banyak dari kita yang sudah memahami betul betapa pentingnya kemampuan Critical Thinking ini. Sehingga, banyak yang beranggapan bahwa menulis di masa kuliah hanyalah melelahkan, “aku sudah menulis kok, kan yang penting aku punya tulisan dan aku bisa lulus kuliah dengan predikat nilai yang bagus”. Oh NO! esensi dari menulis tidaklah seperti itu.

Coba kamu perhatikan orang – orang hebat dan sukses diluar sana, mereka adalah kaum avengers karena mereka merupakan para pemikir yang kritis. Kamu pasti sungkan dan bahkan enggan untuk mencoba berargumen dengan mereka, karena kamu sudah tahu ending-nya akan bagaimana. Ya, tentunya kamu menampakkan kamu seperti si bodoh yang hanya berbekal argumen rumpang tidak utuh dan tak bermutu sekalipun. Nah, maka dari itulah kamu perlu meningkatkan kemampuan berpikir kritis agar kamu dapat merumuskan suatu argumen secara runtut dan tersampaikan dengan baik kepada orang.

Oh ya, jika kamu telah mempunyai kemampuan berpikir kritis maka, akan membuka berbagai peluang untukmu yaitu; peluang mendapatkan kerjasama atau peluang pekerjaan yang mana akan menghasilkan uang untukmu, serta inilah alasan mengapa kamu harus memanfaatkan studi kamu di universitas dengan baik dan rajinlah dari sekarang untuk menulis agar meningkatkan kemampuanmu dalam berpikir kritis.

Semoga Bermanfaat, Arigatou J.

Back to top button