close

5 Cara Mudah Berdamai Dengan Diri Sendiri

5 Cara Mudah Berdamai dengan Diri Sendiri – Pernah nggak sih kamu berharap atau berekspektasi terlalu tinggi kepada diri sendiri? Memberikan ekspektasi dan target yang terlalu berat untuk diri sendiri justru menambah beban, apalagi jika ekspektasi dan target yang dibuat tidak sesuai dengan kapasitas dan kemampuan diri untuk meraihnya. Ini malah akan menimbulkan konflik dengan diri sendiri.

Baca Juga: Tips Mudah Mengubah Pola Pikir Agar Terhindar Dari Kesalahan Berpikir

Membanding-bandingkan diri dengan orang lain juga bisa menjadi pemicu susahnya berdamai dengan diri sendiri. ‘Rumput tetangga lebih hijau’ benar adanya, terkadang hal ini yang menjadi pemicu kamu tidak pernah merasa puas. Akses mudah yang kamu miliki untuk melihat kehidupan orang lain terkadang membuat kamu merasa ‘rendah’ dan tidak bersyukur atas apa yang telah kamu miliki. Tidak perlu menyamakan dirimu dengan orang lain, tapi berkacalah dari pengalaman mereka, yang baik jadikan contoh dan yang buruk jadikan pelajaran, cukup bekerja sesuai porsimu dan tetaplah pada jalurmu karena semuanya sudah diatur.

Baca Juga: 4 Tips Mencapai Apapun dalam Hidup

Berdamai dengan diri sendiri sama halnya dengan mencintai diri kamu sepenuhnya. Mencintai diri sendiri merupakan bagian penting untuk kesehatan mental serta hubungan kamu dengan orang lain. Mulai sekarang, yuk berdamai dan mencintai diri sendiri. Gimana sih caranya berdamai dengan diri sendiri? berikut ulasan nya!

1. Percaya Pada Diri Sendiri

Jangan pernah ada perasaan ragu terhadap diri kamu sendiri. Percaya setiap hal yang muncul dari dalam diri kamu dan yakin akan kapasitas diri kamu. Apapun yang terjadi, kamu akan tumbuh melalui pengalaman pribadi kamu yang mana itu lebih jauh mendewasakan diri, sehingga yakinlah pada diri sendiri.

Kamu mungkin mulai bisa untuk memahami langkah apa yang harus diambil dalam setiap situasi. Jangan takut melakukan kesalahan karena dari kesalahan itulah kamu bisa belajar menjadi pribadi yang lebih baik, dari kesalahan juga kamu bisa revisi diri.

Beri waktu untuk diri kamu belajar dan berilah jeda untuk bersabar sebagai bagian dari berdamai dengan diri sendiri, karena sabarlah kata paling lumrah untuk menyemangati diri.

2. Peduli Dengan Diri Sendiri

Tidak semua orang bisa melakukan hal ini. Mungkin memang terdengar sepele, siapa sih yang tidak peduli dengan dirinya. Namun fakta berbicara kebanyakan orang justru memilih untuk tidak memikirkan diri sendiri dan selalu mendahulukan orang lain diatas kepentingan dirinya, seolah kebutuhan dan kepentingan dirinya tidak lebih penting dari orang lain. Perlu diingat juga perhatikan hal sekecil apapun yang bisa melukai fisik dan mental kamu. Perlakukan diri kamu sama halnya dengan memperlakukan orang yang kamu sayangi dan jaga diri kamu seperti kamu menjaga benda berharga milikmu. Mencintai diri sendiri membuat kamu dapat memaafkan segala kesalahan yang telah diperbuat hingga akhirnya dapat berdamai dengan diri sendiri.

3. Pahami Pikiran Sendiri

Tidak semua pemikiran yang ada dalam pikiranmu adalah positif. Mulai sadari pikiran-pikiran buruk yang dimiliki agar kamu bisa segera menepis segala pikiran negatif yang muncul. Demi berdamai dengan diri sendiri, ikuti segala pikiran positif yang bisa menuntun kamu ke arah hidup yang lebih baik. Jangan memanjakan serta membiarkan pikiran negatif singgah bahkan hidup terus berlarut-larut di dalam kepala kamu.

4. Sadari Kecewa Adalah Bagian Dari Hidup

Sebagai manusia biasa yang jauh dari kata sempurna, kamu tidak mungkin terhindar dari rasa sedih dan kecewa. Bahkan orang yang sukses dan bahagia pasti pernah merasakan perasaan-perasaan itu.

Hadapi perasaan tersebut dengan tegar dan terima perasaan itu dengan bijak. Jangan berusaha untuk menghindarinya atau berpura-pura tidak merasakannya, karena hal itu hanya menunda diri kamu melaluinya. Apalagi semua yang dilakukan atas dasar pura-pura itu hanya akan bersifat sementara.

Beri diri kamu waktu untuk memproses perasaan tersebut dan melakukan sesuatu atasnya, sebagai bagian dari berdamai dengan diri sendiri.

5. Hadapi Rasa Takut

Jika kamu memiliki rasa takut akan sesuatu, jangan berusaha untuk membenci perasaan itu. Lebih baik akui perasaan itu dan coba untuk menghadapi rasa takut yang kamu miliki. Rasa takut akan terus meneror hidup kamu kalo kamu tidak berani melawannya.

Dengan menghadapinya, kamu akan menjadi lebih kuat dan terbiasa. Rasa takut itu mungkin tidak akan pernah bisa hilang, tapi setidaknya kamu sudah tahu bagaimana mengatasinya.

Cobalah untuk menerima kesalahan yang telah kamu perbuat sebagai bagian dari proses belajar. Jangan menghukum diri kamu terlalu keras atas kesalahan-kesalahan yang telah terjadi.

Berdamai dengan diri sendiri sama artinya dengan menerima diri kamu sepenuhnya, termasuk kesalahan-kesalahan yang telah kamu perbuat, khususnya terhadap diri kamu. Love your self guys!

Back to top button