close

5 Habit Agar Kita Lebih Produktif Dalam Menjalani Kehidupan

Halo guys, kali ini kita akan membahas tips-tips dan kebiasaan-kebiasaan (habit) yang dapat meningkatkan produktivitas kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Berikut ini ada beberapa tips atau kebiasaan-kebiasaan yang bisa kamu ikutin biar tetep produktif dan aktif dalam menjalani kehidupan yang penuh dengan suka duka ini hehe :)

1. Rutin Baca Buku Sebanyak 10 Halaman

Nah, tips pertama yang harus kamu ikutin adalah rutin baca buku sebanyak 10 halaman. Eitss tunggu dulu, sebelumnya kamu tau engga buku itu apa? Buku merupakan jendela dunia, dimana sumber berbagai informasi dapat membuka wawasan kita tentang dunia dari beberapa hal dan aspek seperti ilmu pengetahuan, ekonomi, sosial, budaya, politik, maupun aspek-aspek kehidupan lainnya. Tanpa kita sadari, dengan rutin membaca buku dapat memberikan manfaat  bagi kita yaitu membantu mengubah masa depan dan menambah kecerdasan serta pikiran kita.

Namun, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat dan canggih, masih banyaknya kalangan yang kurang berminat membaca buku dikarenakan adanya media yang lebih praktis dan canggih untuk mendapatkan informasi yang lebih update seperti televisi, radio, internet, dan media sosial.

Maka dari itu, kita sebagai generasi muda atau Gen-Z diharapkan untuk lebih rutin dalam memperbanyak membaca buku minimal 10 halaman agar lebih produktif dalam menjalankan kegiatan atau aktivitas sehari-hari.

2. Rutin Berolahraga Selama 30 Menit

Sudah berolahraga atau belum kamu hari ini? Eh iya, kamu tau engga kalo berolahraga selama 30 menit bisa bikin kita lebih produktif lho. Berolahraga merupakan salah satu kegiatan atau aktivitas fisik yang sangat sehat dan penting untuk dilakukan secara rutin. Walaupun memiliki kesibukan yang padat, kita harus tetap meluangkan waktu untuk berolahraga yang bertujuan menjaga kesehatan agar terhindar dari berbagai penyakit.

Beberapa orang banyak yang beranggapan bahwa olahraga merupakan kegiatan yang melelahkan, namun anggapan itu adalah salah, justru dengan berolahraga dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh kita yaitu menjaga kekebalan dan kesehatan tubuh.

Maka dari itu, mulai saat ini luangkan waktu kita untuk berolahraga minimal 30 menit dengan olahraga ringan seperti jogging, push up, pull up, dll. agar tubuh kita selalu sehat dan kuat dalam menjaga produktivitas sehari-hari.

3. Perbanyak Minum Air Sebanyak 3 Liter

FYI, tanpa kita sadari ternyata tubuh kita itu mengandung air sekitar 60%-70% dari berat tubuh kita sendiri lho. Hal ini membuktikan bahwa kita sebagai manusia membutuhkan asupan air yang cukup untuk tetap bisa bertahan hidup. Saat kita dehidrasi maka beberapa fungsi tubuh akan menurun. Tak hanya saat kekurangan cairan, ketika kelebihan cairan pun juga dapat membuat fungsi tubuh menjadi tidak berkerja secara maksimal.

Manfaat air putih bagi tubuh memang tak perlu dipertanyakan lagi. Salah satu yang terpenting adalah mencegah tubuh dari dehidrasi sehingga tidak mengganggu kesehatan kita. Kita dianjurkan untuk minum air putih sebanyak minimal 2-3 liter per hari untuk melindungi kesehatan tubuh dan mengatur suhu tubuh. Penting bagi kita untuk mengetahui aturan minum air putih yang benar dan tepat untuk mendapatkan manfaatnya yang optimal.

Maka dari itu, dengan memperbanyak minum air putih minimal sebanyak 3 liter juga dapat menjaga dan mengatur suhu tubuh kita agar terhindar dari penyakit, kekurangan cairan tubuh, dan tetap fit dalam menjalani produktivitas kita sehari-hari.

4. Melakukan Meditasi Selama 10 Menit 

Apakah kamu tau meditasi itu apa? Meditasi merupakan salah satu bentuk latihan yang dapat mengarahkan dan melatih pikiran kita agar tetap fokus, tenang, nyaman, dan produktif. Praktik ini dapat dilakukan oleh siapapun, dimanapun, dan kapanpun dengan cara duduk yang tenang, memejamkan mata, dan mengatur pernapasan secara perlahan dan teratur selama kurang lebih 10 – 20 menit.

Manfaat utama dari meditasi adalah menjaga kesehatan mental dan emosional. Selain manfaat utama, meditasi juga memiliki manfaat-manfaat lainnya seperti,  mengurangi stress, mengatur emosi lebih baik, meningkatkan kemampuan beradaptasi, dan menumbuhkan empati serta mempererat koneksi dengan orang lain.

Maka dari itu, dengan melakukan praktik meditasi ini diharapkan dapat membantu kita dalam meningkatkan produktivitas dalam menjalani aktivitas atau kegiatan sehari-sehari.

5. Mempelajari dan Meng-improve Skill Baru Selama 1 Jam

Oke, sekarang kita masuk ke tips yang terakhir ya.. Kalo boleh tau, seberapa mahir keahlian atau skill yang kamu punya? Eitss, tapi sebelumnya kamu udah tau belum keahlian atau skill itu apa? Keahlian atau skill merupakan kemampuan / keahlian diri yang didapatkan dari hasil belajar. Dengan mempelajari skill baru adalah cara terbaik untuk bisa sukses dalam meniti karir dan kita akan mengalami perkembangan yang membuka kesempatan baru dalam kehidupan. Selain itu, mempelajari skill baru juga memberikan manfaat lain seperti, mendapatkan peluang karir baru, meningkatkan kepercayaan diri, beradaptasi dengan perkembangan zaman, dan membebaskan pikiran dari overthinking dan kebosanan.

Maka dari itu, dengan mempelajari dan meng-improve skill baru dapat meningkatkan produktivitas dalam kegiatan sehari-hari.

Baca juga : 7 alasan untuk menjaga hidupmu tetap private

Oke deh, semoga tips-tips atau kebiasaan-kebiasaan yang udah dijelasin di atas dapat berguna buat kamu ya agar tetap produktif dan siap menjalani kehidupan kedepannya.. Terima Kasih :)

Back to top button