close

5 Jurusan Kuliah Saintek Rasa Soshum 

Fenomena lintas jurusan pasti udah ga asing lagi di telinga kalian nih, banyak anak SMA dari IPA milih buat lintas jurusan ke IPS waktu kuliah karena mereka ngerasa ga cocok atau ngerasa kalo passion dia ada di bidang lain.  SBMPTN atau sekarang namanya jadi SNBT jadi salah satu cara buat lintas jurusan.

Tapi, tentunya lintas jurusan bukan cara yang mudah, perlu banyak persiapan supaya kita bisa masuk ke jurusan ataupun Universitas yang kita mau. Selanjutnya, ada juga orang yang pengen ambil jurusan saintek tapi punya minat di bidang soshum juga. Nah, solusinya itu adalah ambil jurusan saintek rasa soshum, berikut ini beberapa jurusannya : 

1. Teknik Industri

Meskipun, menjadi bagian dari Fakultas Teknik, tapi Teknik Industri ini juga belajar banyak dari sisi soshum, program studi Teknik Industri ini menggabungkan ilmu teknik dengan ilmu sosial. Materi soshum yang ada di jurusan ini di antaranya yaitu Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Pemasaran atau Kewirausahaan, dan Psikologi. 

Kemudian, prospek kerja dari jurusan ini pun beragam, dari mulai teknisi ahli, konsultan, product developer, manajer proyek, dan lain sebagainya. Universitas dengan jurusan ini adalah Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Universitas Andalas, Universitas Gajah Mada, dan lain sebagainya. 

2. Agribisnis

Agribisnis adalah jurusan yang mempelajari bidang bisnis dari segi pertanian, dan juga ilmu-ilmu bidang pertanian dari segi pengelolaan. Di Agribisnis kamu akan belajar mengenai mata kuliah soshum seperti Ekonomi Pertanian, Ekonomi Makro, Pemasaran Agribisnis, Pengembangan Masyarakat, dan Komunikasi Agribisnis. 

Setelah lulus dari jurusan Agribisnis, kamu mempunyai peluang untuk menjadi seorang wirausaha di bidang pertanian, peternakan, bahkan perkebunan. Universitas dengan jurusan ini adalah Institut Pertanian Bogor, Universitas Udayana, Universitas Airlangga, dan lain sebagainya. Terlebih jika kamu memiliki banyak ketertarikan di bidang Ekonomi, kamu bisa masuk jurusan Agribisnis di Institut Pertanian Bogor, karena di IPB sendiri Agribisnis masuk ke dalam Fakultas Ekonomi dan Manajemen.

3. Statistika

Statistika adalah salah satu jurusan yang biasanya berada di bawah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan (FMIPA). Di sini kamu akan belajar terkait pengelolaan data, perencanaan data, interpretasi data, pengumpulan data, dan penyajian data. 

Mata kuliah soshum yang dipelajari di sini adalah Akuntansi, Metode Riset Pemasaran, dan Analisis Keputusan Bisnis. Sebagai lulusan dari jurusan Statistika kamu memiliki kesempatan untuk berkarir di bidang Marketing, menjadi seorang Data Scientist atau Data Analyst. Selanjutnya, Universitas dengan jurusan ini adalah Universitas Brawijaya, Institut Pertanian Bogor, dan lain sebagainya.

4. Sistem Informasi

Sistem informasi adalah salah satu jurusan yang terkait dengan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam bisnis dan organisasi. Jurusan ini mempersiapkan mahasiswa untuk mengelola sistem informasi, mengembangkan solusi teknologi informasi, dan menerapkan strategi bisnis yang berorientasi pada teknologi.

Mata kuliah soshum yang dipelajari di sini adalah Manajemen, Prinsip-prinsip Manajemen, Manajemen Sumber Daya Manusia, serta Pengembangan dan Pemasaran Produk. Prospek kerja dari jurusan ini adalah menjadi wirausaha, web developer, dan seorang konsultan. Universitas dengan juursan ini adalah Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, dan lain sebagainya.

5. Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian

Jurusan Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian adalah jurusan yang mempelajari terkait Ilmu Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jurusan ini sangat cocok untuk kamu anak IPA yang memiliki minat di bidang Ilmu Komunikasi. Materi soshum yang dipelajari di antaranya Sosiologi, Ekonomi Pertanian, Ekonomi Mikro, Komunikasi Bisnis, Pengembangan Kepribadian,Gender dan Pembangunan, Komunikasi antar Budaya, serta Organisasi dan Kepemimpinan. 

Prospek kerja dari jurusan ini adalah menjadi seorang konsultan, Jurnalis, Wirausaha atau pun menjadi seorang Peneliti. Universitas dengan jurusan ini adalah Universitas Gajah Mada dan Universitas Sebelas Maret. 

Nah, jadi itulah beberapa rekomendari jurusan saintek yang juga mempunyai berbagai materi dari soshum. Ada jurusan impian kamu ga nih??

Artikel Lainnya

Back to top button