close

Jurusan DKV dan 7 Prospek Kerjanya

Jika kamu punya minat dalam bidang design dalam bentuk digital, jurusan DKV ini sangat cocok buat kamu pelajarin nih, ga ada salahnya buat menggali informasi mengenai jurusan yang mungkin menarik minatmu. Salah satunya adalah Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV). Apa sih Jurusan DKV itu? Yuk, simak penjelasannya!

Apa Itu Jurusan Desain Komunikasi dan V?

Jurusan DKV, atau yang lebih dikenal sebagai Desain Komunikasi Visual, adalah jalur pendidikan yang memfokuskan pada kreativitas, desain, dan cara berkomunikasi melalui elemen visual. Dalam jurusan ini, kamu akan mempelajari bagaimana menggabungkan elemen-elemen seperti gambar, tipografi, warna, dan bentuk untuk menyampaikan pesan dengan cara yang menarik dan efektif.

Jurusan DKV Ada di Fakultas Apa?

Biasanya, Jurusan ini dapat ditemukan di bawah Fakultas Seni dan Desain. Di beberapa perguruan tinggi, juga bisa ditemukan di bawah Fakultas Komunikasi atau Fakultas Teknologi Informasi, tergantung pada penekanannya. Jadi, jika kamu memiliki minat dalam seni, desain, atau komunikasi visual, Jurusan ini bisa menjadi pilihan menarik untukmu!

Prospek Kerja Lulusan DKV

Prospek kerja dari jurusan Desain Komunikasi Visual ini cukup beragam, di antaranya adalah:

1. Desainer Grafis Keren

Pernah lihat poster iklan, logo perusahaan, atau layout majalah yang cantik? Nah, tugas desainer grafis ini. Jurusan ini bisa membawa kamu jadi ahli bikin desain yang memukau. Keren kan? Kamu bakal bisa bekerja di agensi iklan, perusahaan branding, atau bikin desain freelance.

2. Ilustrator Berbakat

Punya tangan ajaib buat bikin gambar unik? Jadi ilustrator bisa jadi jalanmu. Kamu bisa buat ilustrasi untuk buku anak-anak, komik, hingga desain merchandise. Nggak cuma itu, ilustrator juga diperlukan di industri game dan animasi, lho!

3. Animator Kreatif

Pernah nonton kartun atau film animasi? Di balik keajaiban itu ada animator yang bikin karakter bergerak. Kalau kamu suka bikin gerak-gerik seru, jadi animator bisa banget. Industri film, game, dan hiburan selalu butuh tangan-tangan kreatif kayak kamu.

4. Desainer Produk Hebat

Bosan dengan barang-barang biasa? Jadi desainer produk aja! Kamu bisa menciptakan produk unik, mulai dari furnitur hingga mainan. DKV akan membekali kamu dengan keterampilan merancang produk yang estetis dan fungsional.

5. Spesialis UX/UI

Tahu nggak, setiap kali kita buka aplikasi atau website, itu semua ada desainnya? Nah, UX/UI Designer yang bikin tampilan itu nyaman dan gampang dipakai. Ini peluang bagus karena teknologi terus berkembang!

6. Fotografer Kreatif

DKV juga bisa mengantar kamu jadi fotografer handal. Kamu bisa ambil gambar indah, mulai dari fashion, produk, hingga potret manusia. Pernikahan, fashion show, atau bahkan jadi travel blogger bisa jadi jalurmu.

7. Pengajar yang Menginspirasi

Kalau kamu suka berbagi ilmu, bisa juga jadi dosen DKV. Mengajar di perguruan tinggi atau sekolah seni adalah opsi menarik. Kamu akan membagikan pengetahuanmu kepada generasi muda yang haus kreativitas.

Keuntungan Masuk Jurusan DKV

Memilih Jurusan DKV memiliki sejumlah keuntungan yang patut dipertimbangkan. Beberapa di antaranya meliputi:

1. Kreativitas Berkembang Jurusan DKV memberi kamu kesempatan untuk mengembangkan kreativitasmu secara maksimal. Kamu akan belajar cara berpikir out-of-the-box dan menghasilkan karya-karya visual yang unik.

2. Peluang Karir yang Beragam Lulusan Jurusan DKV memiliki peluang karir yang beragam, mulai dari desainer grafis, ilustrator, hingga animator. Industri kreatif selalu mencari individu dengan kemampuan visual yang kuat.

3. Relevansi di Era Digital Di era digital ini, komunikasi visual memainkan peran penting dalam menyampaikan pesan. Lulusan jurusan ini sangat dibutuhkan untuk membantu perusahaan atau merek dalam merancang konten visual yang menarik di dunia digital.

4. Keterampilan Komunikasi Jurusan ini tidak hanya mengajarkan keterampilan visual, tetapi juga keterampilan komunikasi yang kuat. Kemampuan untuk mengartikulasikan ide-ide visual adalah aset berharga di berbagai bidang pekerjaan.

Jurusan DKV Ada Dimana Saja?

Jurusan DKV dapat ditemukan di berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Beberapa perguruan tinggi terkenal yang menawarkan program DKV antara lain Universitas Seni Rupa dan Design, Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Multimedia Nusantara. Namun, ini hanya beberapa contoh, dan banyak perguruan tinggi lainnya juga menyediakan program DKV.

Setelah mengetahui apa itu Jurusan DKV, di mana bisa ditemukan, dan keuntungannya, kini saatnya untuk mempertimbangkan apakah ini adalah pilihan yang sesuai dengan minat dan bakatmu. Ingatlah bahwa memilih jurusan adalah langkah awal menuju masa depan yang cerah. Jangan ragu untuk mengeksplorasi lebih dalam dan mencari nasihat dari guru dan orang tua sebelum mengambil keputusan.

Jadi, bagi kamu yang memiliki hasrat dalam seni, desain, dan komunikasi visual, Jurusan DKV bisa menjadi pintu menuju karir yang kreatif dan menarik di masa depanmu. Mulailah merencanakan langkahmu sekarang dan berusaha untuk meraih impian dalam dunia desain komunikasi visual!

Back to top button