close

7 Hal Inspiratif dari Najwa Shihab untuk Para Pelajar

7 Hal Inspiratif dari Najwa Shihab untuk Para Pelajar – Hallo Fellas! Tahukah kalian? Dikalangan kaum pelajar, tidak ada salahnya  menjadikan seorang public figure sebagai panutan dalam kehidupan untuk menjadi salah satu komponen pendukung dalam membentuk kualitas diri dan menemukan jati diri, “What I Will Be?” . Nah, sosok Najwa Shihab atau kerap dipanggil Mba Nana ini tidak diherankan lagi jika ia telah menjadi panutan dari banyak kaum, terutama kaum pelajar sejak pada zamannya.

Seperti yang kita ketahui,  berawal dari rekam jejaknya sebagai  seorang lulusan ilmu hukum hingga beralih fokus menjadi seorang jurnalistik merupakan perjalanan karirnya yang panjang dan tidaklah mudah.  Tentunya, hal ini sangat memotivasi kita untuk diteladani, karena penuh akan perjuangan dan tantangan disetiap fasenya.

1. Tekun Pada Setiap Hal yang Dilakukan

Jika ditinjau dari karir Mba Nana ini yang dimulai sejak tahun 2001 sampai sekarang dengan passionnya sebagai seorang jurnalistik. Terlihat jelas dari hal tersebut bahwasannya beliau ini benar – benar menekuni apa yang dia kerjakan, maka dari hal ini sepatutnya kita menekuni hal apasaja yang kita lakukan dengan sebaik mungkin agar dapat membuahkan hasil yang sesuai dengan usaha kita.

2. Bergeraklah Dalam Passion Masing – Masing

Najwa Shihab mengajarkan kita untuk menjadi sosok muda yang terus menggali jati diri, hingga menemukannya dan hidup dalam perputaran passion masing – masing yang memang dikuasai. Tidak peduli passion yang kita kehendaki satu linear atau tidaknya dengan background pendidikan kita, yang terpenting kita menjalaninya sesuai kata hati dan bahagia. Meskipun bertubi – tubi halangan dan tantangan yang akan singgah menyapa untuk menguji kegigihan kita.

3. Manfaatkan Waktu Muda untuk Explore Diri

Sejak semasa pendidikannya, Mba Nana ini tergolong sebagai orang yang suka dan aktif dalam mengikuti berbagai kegiatan apasaja yang dapat meningkatkan kualitas dirinya, seperti mengikuti organisasi atau komunitas yang bermanfaat. Dengan hal ini dapat meningkatkan kualitas diri kita dan membangun relasi pertemenan kita menjadi lebih luas lagi, serta membuat kita dapat mengetahui letak kekurangan dalam diri untuk dikembangkan secara lebih baik lagi.

4. Tidak Takut Mencoba Hal Baru

Ketahuilah Sahabat Kampus Impian, tidak menutup kemungkinan bahwa passion kita tidak sesuai dengan latar belakang jurusan kita. Banyak teman – teman kita diuar sana yang bekerja tidak sesuai dengan jurusan mereka, mengapa demikian? Ya, karena tidak potensi atau passion seseorang tidak dapat dijamin dari latar belakang pendidikannya. Lihat saja Mba Nana sekarang menjadi seorang jurnalistik yang pada awalnya tidak pernah sedikitpun terkira olehnya untuk menjadi  seorang jurnalistik. Tetapi, ia berani mencobanya dan beliau mendalami ilmu jurnalistik sehingga hal tersebut benar – benar menjadi passion-nya sampai sekarang. Kejarlah passion-mu dan tekadkan hal itu akan berkembang dan merubah hidup kalian.   

5. Dedikasi dan Jagalah Loyalitas Terhadap Apa yang Dikerjakan

Tanamkanlah sikap loyal dan dedikasi yang tinggi terhadap setiap hal kita kerjakan, fokuskan bahwa hal yang kita kerjakan akan dilakukan secara maksimal dan sebaik mungkin untuk diri kita sendiri. Seperti Mba Nana yang tengah 17 tahun lamanya menjalani perkerjaannya, dia benar – benar berdedikasi dan menjaga loyalitas terhadap apa yang dikerjakannya.

Jangan pedulikan hal apapun yang akan menghalangi kita, dan berusahalah untuk tidak menyerah dengan mudah. Karena tidak pernah bisa kita prediksi dikedepannya jika kita belum mencobanya. Pastikan tekad yang kuat kita miliki untuk mencapai impian kita.

6. Keluarlah dari Zona Nyaman

Sosok Najwa Shihab ini mengajarkan kita untuk keluar dari zona nyaman kita agar beranjak melihat dunia diluar sana, jika kita berlama – lamaan di zona nyaman ini tidak ada gunanya bukan? Nah, marilah kita menjelajah seperti yang kita ketahui bahwa Mba Nana ini menempuh pendidikan S2 nya di Aussie, dan tentunya dia jauh keluarga, teman, pola hidup disana yang berbeda, sendiri dan asing ditempat negri orang. Tetapi, hal ini mengajarkan untuk menantang diri bahwa kita bisa melewati apapun secara berani diluar zona nyaman kita dan  dengan tegas serta yakin bahwa kita dapat melewatinya dengan baik sebagai salah satu penentu kehidupan kita selanjutnya.

7. Tingkatkanlah Minat Baca

Buku adalah jendela dunia dan dengan membaca akan membawa kita menjelajahi cakrawala dunia. Perlu kita ketahui bahwa Najwa Shihab menjadi Duta Baca Indonesia sejak 2016 lalu hingga saat ini. Dia notice kepada kita untuk meningkatkan minat baca dan pernah merasa puas dengan ilmu, karena semakin kita menggali ilmu semakin menakjubkan juga maknanya. Tidak ada orang yang sukses tanpa membaca, dari membaca membuka banyak pintu kesuksesan.

Back to top button