close

7 Tips Agar Mendapatkan Beasiswa saat Kuliah

Apakah kamu sedang mencari beasiswa? Atau masih bingung bagaimana mendapatkan beasiswa saat sudah memasuki dunia perkuliahan. Dengan adanya beasiswa, dapat membantu kamu mendapatkan uang saku tambahan baik itu perbulan maupun persemester. Relatif sesuai kebijakan masing-masing lembaga pemberi beasiswa.

Beasiswa yang dapat kamu ikuti bisa dari pihak Pemerintah seperti Beasiswa PPA ataupun dari Swasta seperti Beasiswa Djarum. Mendapatkan beasiswa di dunia perkualiahan itu tidak sulit, asal kamu memiliki kemauan yang keras pasti dapat.

Hal yang harus diperhatikan untuk mendapatkan beasiswa adalah mengenai persyaratan dari beasiswa yang diikuti. Setiap lembaga pemberi beasiswa memiliki aturan dan kebijakan yang berbeda dalam memberikan beasiswa kepada mahasiswa.

Nah untuk kamu yang masih bingung bagaimana mendapatkan beasiswa saat kuliah. Berikut ini ada 7 Tips yang dapat kamu coba agar mudah mendapatkan beasiswa.

1. Minimal semester 2

Untuk mahasiswa baru belum bisa mendaftar beasiswa. Karena kebanyakan beasiswa dikampus, itu dapat diikuti oleh mahasiswa yang minimal sudah semester 2. Karena pihak pemberi beasiswa ingin melihat hasil semester kamu dalam tiap semester.

2. IPK minimal 3.0

Kamu juga harus mengetahui persyaratan umum dari lembaga pemberi beasiswa tersebut. Nilai sangat diperhatikan oleh pihak pemberi beasiswa, dalam hal ini IPK (Indeks Prestasi Kumulatif). Kebanyakan dari pemberi beasiswa, itu menetapkan bahwa mahasiswa harus memiliki IPK 3.0. Jika Kamu memiliki IPK lebih dari itu ya itu sangat bagus. Kamu juga bisa membaca 5 Tips Untuk Mendapatkan IPK Tinggi Di Kampus.

3. Rajin mencari informasi

Seorang mahasiswa harus mandiri dalam banyak hal. Termasuk dalam mencari informasi beasiswa. Karena kalau kamu hanya menunggu saja, kamu akan sulit mendapatkan beasiswa. Sebenarnya banyak sekali informasi seputar beasiswa jika kamu mau mencarinya. Kamu dapat mencarinya di internet, instagram, atau bertanya secara langsung dengan kk tingkatmu yang telah menerima beasiswa.

4. Ikut Komunitas Beasiswa

Dikampus banyak sekali komunitas. Kamu bisa ikut komunitas yang ada dikampus yang sering membagikan info update seputar beasiswa. Biasanya komunitas ini dibentuk oleh para mahasiswa yang telah menerima manfaat dari beasiswa tertentu. Saat kamu sudah tergabung akan diberikan tips, dan juga hal-hal terkait dalam mengurus pengajuan beasiswa.

5. Ajukan permohonan dan lengkapi berkas

Jika kamu sudah melihat ada informasi pembukaan dan penerimaan beasiswa. Mulailah untuk menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan. Jangan sampai kamu mendaftar dan mengirimkan berkas sudah mau berakhir penutupan. Karena makin cepat makin bagus, karena kamu akan lebih mudah dalam mengecek apakah data kamu sudah benar-benar lengkap.

Data yang disiapkan biasanya tidak sedikit, kamu bisa membaca persyaratan serta dokumen apa saja yang dibutuhkan. Pada umumnya berkas yang disiapkan mulai dari formulir pendaftaran, pas foto, transkip nilai, riwayat hidup, surat rekomendasi, dan juga surat keterangan khusus. Namun itu bisa beda-bedah dokumen yang dibutuhkan setiap lembaga pemberi beasiswa.

6. Buat makalah atau karya ilmiah

Beberapa lembaga pemberi beasiswa, itu memberikan sebuah kewajiban untuk peserta yang mendaftar untuk dapat menulis karya ilmiah seperti essai. Maka dari itu mulai sekarang, latihah skill menulismu dalam bidang keilmiahan. Sebisa mungkin untuk kamu dapat membuat karya original, karena karya yang kamu buat juga akan berpengaruh terhadap hasil yang kamu peroleh nantinya.

7. Ikuti tes wawancara

Dan terakhir yang menjadi persyaratan agar kamu dapat diterima di beasiswa yang kamu daftar adalah mengikuti wawancara. Ini bagian yang sangat penting, karena jika kamu tidak mengikuti kegiatan ini. Bisa dipastikan bahwa, kamu tidak akan lolos di beasiswa tersebut.

Dari kegiatan wawancara ini, pihak pemberi beasiswa ingin mengetahui tentang kepribadian dan latar belakang kamu. Dalam kegiatan wawancara ini, tunjukan sikap profesional kamu. Jangan terlalu tegang dan tetap tenang dalam mengikuti rangkaian kegiatan wawancara ini. Jawablah dengan jujur san sopan, dan tunjukan hal beda dari mahasiswa biasanya.

Catatan:

Pemberi beasiswa sangat menyukai bahkan memperioritaskan mahasiswa yang aktif dalam kegiatan organisasi, memiliki prestasi yang lebih, dan juga memiliki akademik yang bagus. Kalau kamu hanya mengandalkan nilai tinggi, tentu banyak mahasiswa yang memiliki nilai tinggi. Namun kira-kira, apa yang membedakan kamu dengan mahasiswa yang lain.

Back to top button