close

Tips Buat Kamu yang Gampang Menyerah

Pernah nggak kamu merasa berada dititik terendah dalam hidup kamu? yang terpikir hanya kata menyerah. Dan pernah nggak kamu bertanya pada diri kamu sendiri kenapa kamu gampang menyerah?

Ketika kamu merasa ingin terus berjuang tapi mungkin kamu punya banyak alasan buat berhenti dan menyerah. Kamu mulai memikirkan apakah kamu sanggup menghadapi semuanya, pikiran-pikiran negatif kadang muncul mendera disaat kita ingin bangkit untuk melangkah. Rasanya sangat sulit untuk benar-benar bisa berpikiran positif dan bangkit kembali. Hal ini wajar karena hidup ini penuh dengan godaan berfikir. Ketika kamu berhasil bangkit dan berkembang disitulah kamu jadi pemenang sesungguhnya menakhlukkan diri kamu sendiri.

Baca Juga: 2 Cara Mudah Membangkitkan Semangat Hidup Kamu

Kamu mungkin sudah bertekad bulat untuk menyerah dan berpikir kamu telah kehilangan semuanya bahkan diri kamu tak lagi berarti. Namun, kamu salah besar dan lupa akan salah satu harta paling berharga yang kamu miliki, dirimu sendiri. Dirimu sendiri adalah elemen kunci yang membuatmu dapat bangkit dari keputusasaan. Kamu dapat memotivasi dirimu menjadi penggerak bagi dirimu untuk terus maju dan pantang menyerah.

Gimana sih caranya jadi orang yang pantang menyerah?

Optimisme. Mungkin kamu masih bingung apa itu optimisme? walaupun kadang kata ini sudah familiar dan sering kita dengar. Optimisme adalah paham keyakinan atas segala sesuatu dari segi yang baik dan menyenangkan dan sikap selalu mempunyai harapan baik di segala hal. Sederhananya optimisme itu perasaan bahwa kamu bisa mengubah sesuatu, perasaan kamu bisa sukses dan kamu bisa move on dari kegagalan.

Orang yang optimis akan melihat peristiwa yang tidak menyenangkan sebagai sesuatu yang terjadi secara temporer, yang terjadi dengan kata-kata “kadang-kadang”, dan melihat sesuatu yang menyenangkan sebagai sesuatu yang permanen atau tetap, sebaliknya orang yang pesimis akan menjelaskan kegagalan atau kejadian yang menekan dengan cara menghadapi peristiwa yang tidak menyenangkan dengan kata-kata “selalu”, dan “tidak pernah”.

Baca Juga: 5 Alasan Ini Menyebabkan Hidup KamuTerasa Berat

Apa sih yang membuat orang optimis itu susah untuk menyerah? Nah pertanyaan ini berhubungan erat dengan cara berpikir orang yang optimis. Pertama-tama kamu harus tahu dulu apa yang dipikirkan orang optimis saat menghadapi kegagalan. Misalnya nih saat membangun channel youtube, pasti kamu berpikir gimana nih kok channel nya gini-gini aja nggak ada perkembangan, dan melihat chanel orang lain berkembang pesat, disini kamu mulai pesimis dan tidak semangat lagi bikin konten yang menarik dan bermanfaat untuk mengembangkan channel kamu. Nah beda dengan orang yang optimis mereka selalu melihat kegagalan dari sudut pandang peluang, mereka akan tetap berpikiran positif dan tetap semangat setiap hari bikin konten, walaupun sedikit agak menguras ide dan pikiran, gimana caranya chanel mereka dilirik dan disenangi hingga akhirnya bisa viral. Intinya sih konsisten dan coba liat dari sisi positifnya.

Sebesar apapun rintangan jika kamu optimis akan bisa dilewati juga. Optimis itu tidak ubahnya ngomongin hal positif ke diri kamu sendiri. Bilang ke diri kamu sendiri bahwa kamu bisa.

Seseorang yang optimis selalu memiliki ide-ide baru setelah rencana pertamanya tidak berhasil. Bahkan, sebelum kegagalan menghampiri sosok orang yang optimis telah memiliki berbagai rencana cadangan untuk mengantisipasi kegagalannya. Jadi, orang yang optimis telah menganalisis rencana-rencananya secara matang dan mendetail sejak awal.

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Sifat Malas pada Diri Sendiri

Orang optimis juga akan percaya bahwa kesalahan memang harus dihindari. Namun, jika telah melakukan kesalahan bukan berarti harus menghukum diri dengan penilaian-penilaian yang menjatuhkan mental. Kesalahan adalah kesempatan baik untuk belajar. Dari yang salah kita sadar untuk mau mencari yang benar. Dari yang salah kita tahu apa sebenarnya yang harus diperbaiki. Jadi, semua hal selalu bisa disikapi dengan pemikiran positif.

Jadi gimana nih sudah siapkah kamu menerapkan sikap optimisme dalam hidupmu?

Berjuang menghadapi titik terendah memang tidak mudah. Butuh keberanian besar dari dalam diri untuk bisa bangkit dan kembali menghadapinya.

Ketika kamu pesimis kamu akan sulit melihat jalan keluar dan semakin susah juga buat kamu keluar dari masalah yang kamu hadapi, dan kita butuh optimisme untuk terus mencoba karena tanpa mencoba tidak akan ada yang berubah. Kamu butuh berfikir tentang dunia dan cara hidup kamu. Ingatlah menyerah hanya akan menjadikanmu manusia lemah. Bangkit, tatap dunia dan melangkah lah dengan membawa prinsip pantang menyerah.

Back to top button