close

Cara Mengetahui Minat Bakat yang Terpendam

Cara Mengetahui Bakat Kita Sendiri – Menemukan bakat sendiri memang bukanlah hal yang mudah dilakukan. Seringkali bakat terpendam kita justru dikenali oleh orang lain yang bahkan tidak kita sadari.

Apakah kamu pernah mencoba tes minat bakat online? Sayangnya di beberapa tes minat bakat karir secara online, tidak disertakan langkah-langkah yang bisa dilakukan. Hal ini malah akan membuat kamu bingung. Lantas apa dampaknya tes ini ke kehidupan kamu? Jika kamu mengalami kebingungan seperti ini, coba ikuti tes minat bakat Riasec.

Baca Juga: 3 Cara Mudah Menemukan Passion Diri Kamu

Apa itu tes minat bakat Riasec? Keputusan atas pemilihan karier bisa lebih terarah apabila seseorang paham mengenai ideal vocational types yang dimiliki atau preferensi pekerjaan ideal. Cara terbaik untuk mencari tau area karier yang cocok adalah dengan cara menganalisis pekerjaan dikaitkan dengan kepribadian kita, dan hasilnya disesuaikan dengan berbagai jenis lingkungan kerja. Apa sih hubungan lingkungan kerja dan kepribadian?

Seseorang yang memiliki kepribadian yang sesuai dengan lingkungan kerja akan membuat seseorang lebih bahagia dan memiliki tingkat kepuasan kerja yang tinggi.

Baca Juga: Ikuti Passion atau Karir Ya Sekarang?

Ada enam tipe karakter berdasarkan pembagian karier, biasanya hasil tes Riasec ini berupa kombinasi.

1. Realistic

Orang-orang yang masuk ke dalam tipe ini suka praktik langsung apa yang sudah dia pelajari, dan cenderung straightforward apa adanya. Mereka suka bekerja sendiri atau bersama orang lain dengan tipe yang sama.

2. Investigating

Orang-orang yang termasuk ke dalam tipe ini suka mikir dan menggemari semua yang berkaitan dengan keilmuan. Biasanya orang tipe ini cenderung kritis dan dikenal sebagai intelektual, analitis, dan teliti.

3. Artistic

Orang dengan tipe ini suka dengan kegiatan kreatif seperti seni, menulis, film, dan teater. Orang ini juga diliatnya kreatif dan unik, cenderung fleksibel dan suka bekerja di lingkungan yang membebaskan diri untuk berekspresi dan tidak terikat dengan sejumlah aturan.

4. Social

Orang-orang yang masuk dalam tipe ini nyaman bekerja dalam lingkungan yang menekankan pada kualitas kerja tim. Jadi mereka akan senang jika mereka bisa terbuka sama teman-teman kerja mereka. Mereka juga menganggap hubungan interpersonal sangat penting. Tipe ini juga dilihat sebagai sosok yang friendly, kooperatif, dan peduli.

5. Enterprise

Orang-orang tipe ini ambisius, mereka juga suka bisnis dan hal-hal yang berhubungan dengan politik. Mereka sering menjadi pemimpin di kelompok dan senang bekerja dalam kelompok.

6. Conventional

Orang-orang tipe ini dibilang organize karena suka pekerjaan yang repetitif atau cara kerjanya tidak berubah. Mereka biasanya cenderung bisa mengikuti instruksi tugas dengan sangat baik. Tipe ini juga senang bekerja dalam kelompok kecil yang masing-masing anggotanya memiliki tanggungjawab yang jelas.

Nah karena tes ini dapat membantu menentukan jalan karier, tes ini biasanya diikuti oleh siswa SMA untuk memilih jurusan pada saat kuliah dan mahasiswa untuk memilih pekerjaan dan kegiatan apa yang akan diambil. Ketika kamu ikut tes Riasec ini kamu akan tau pekerjaan, kegiatan, dan lingkungan apa yang sesuai sama kepribadianmu. Ketika tau pekerjaan yang cocok, kamu bisa lebih terarah saat melamar kerja atau berpartisipasi dalam suatu kegiatan. Banyak orang yang nggak kenal minat bakatnya dan akhirnya mengikuti teman, padahal mungkin cuma beberapa yang cocok dengan mereka dari semua pilihan tersebut.

Tes Riasec ini intinya adalah mencari kecocokan antara kepribadian kamu dan karier, kerjaan apa yang cocok untuk kamu, hobi, dan memilih jurusan. Kamu bisa lebih yakin dengan kemampuan yang kamu punya dan cocok atau nggak sama kepribadian kamu.

Back to top button