close

Ini Dia Daftar Mata Pelajaran Yang Masuk Dalam Pehitungan SNBP 2023

Dalam Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), nilai rata rata raport dan minat dan bakat menjadi salah satu bagian komponen penting dalam penilain SNBP. Didalam komponen SNBP, 3 Unsur penting ini juga mempengaruhi seperti:

  • mata pelajaran pendukung, =>> relevan dengan prodi yang dipilih
  • prestasi => prestasi yang didapatkan oleh peserta snbp (Provinsi, Nasional, Internasionall,dll)
  •  portofolio => keahlian khusus yang dimiliki oleh peserta.

Pada aturan SNBP tahun ini, yang menjadi nilai rata rata raport, itu meliputi semua mata pelajaran yang ada di semester 1 hingga 5 untuk jenjang pendidikan SMA/SMK/MA.

Dalam pernyataan Prof Budi P Widyobroto yang merupakan ketua pelaksana SNPMB ia menyatakan bahwa mata pelajaran sekolah yaitu Muatan Lokal (mulok), tidak masuk dalam rata rata nilai raport tersebut.

Dijelaskan juga dalam Permendikbud 48 Tahun 2022, yang mana 50% itu merupakan dari nilai rata rata raport semester 1 – 5. Dan mulok tidak termasuk di dalamnya. Hal secara langsung oleh Budi dalam sosialisasi SNPMB yang  ada di youtube UNY.

Karena dalam mata pelajaran mulok, itu beragam karena bisa menggunakan banyak varian bahasa. Hal itu bisa membuat bingung ujarnya.

Komponen Penting Dalam Penilaian SNBP 2023

  1. Nilai rata rata raport pada seluruh mata pelajaran  dengan bobot 50%
  2. Komponen yang merupakan penggali minat serta bakat bobot 50%, yang terdiri:
    1. Nilai Raport dari maks 2 mata pelajaran pendukung.
    2. Prestasi
    3. Dan Perofolio (untuk yang emngambil jurusan seni/olahraga)

Unduh mata pelajaran yang menjadi pendukung setiap jurusan di SNBP 2023, dalam perincian Kep. Mendikbudristek RI No.345/M/2022. Silakan Download Disini.

Sebagai catatan, tiap PTN dalan SNBP 2023 dapat menentukan sendiri yang menjadi komposisi/presentase komponen 1 dan 2 dengan total 100%. PTN juga dapat menentukan apa saja yang menjadi sub komponen dan bobot pesentasenya.

Semoga Lolos ya di SNBP 2023….!!!

Back to top button