close
Uncategorized

Kamu Merasa Introvert? Inilah 5 Jurusan Kuliah yang Cocok Untukmu

Haii Fellas Impiano!! Siapa nih yang merasa dirinya introvert, btw apa sih introvert itu?

Orang yang memiliki kepribadian introvert biasanya lebih senang menyendiri. Mereka akan cenderung lebih pendiam jika berada dikeramaian. Orang yang Introvert juga memilih dengan siapa mereka harus menjalin pertemanan lebih dekat. Itu dikarenakan introvert mencari seseorang yang mampu membuatnya nyaman dalam berbicara. Begitu juga dengan memilih jurusan, penting banget loh buat kamu mempertimbangkan kecenderungan introvert ini.

Beberapa jurusan berikut ini bisa kamu pertimbangkan jika kamu tergolong berkepribadian introvert.

1. Teknik Informatika

Jurusan yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang suka dengan bidang teknologi terutama yang suka mengotak-atik komputer. Dalam proses pembelajarannya pun tidak banyak melakukan interaksi dengan orang lain. Di jurusan ini kamu akan bermain di dunia coding, membuat program atau memperbaiki aspek teknis lain yang pastinya berhubungan dengan komputer. Lulusan jurusan Teknik Informatika saat ini sangat dibutuhkan loh Impianos.

2. Akuntansi

Kamu suka ngitung dan termasuk orang yang teliti? Jurusan Akuntansi ini cocok untuk kamu yang memiliki pribadi yang nggak banyak bicara tapi teliti dan disiplin. Untuk kamu yang merasa introvert, jangan takut untuk terjun ke dunia bisnis karena bidang accounting ini adalah tempat nya orang-orang yang banyak bekerja dan sedikit bicara. Ya bekerja sebagai seorang akuntan  mengharuskan kamu bekerja dan memeriksa laporan serta berbagai dokumen yang akurat dan nantinya bisa dimanfaatkan oleh para manager atau pemegang saham.

3. Desain Grafis

Jurusan Ini pada dasarnya lebih tepat untuk orang introvert. Seorang Desainer Grafis membutuhkan waktu sendiri lebih lama untuk dapat menyelesaikan pekerjaannya dan tentunya  didukung oleh suasana yang nyaman dan hening untuk menemukan ide-ide lalu mengasah kreativitasnya. Di Jurusan ini kamu akan belajar mengenai penguasaan suatu teknik tertentu. Saat ini prospek kerja lulusan ini pun sangat menjanjikan dan kamu juga bisa membuka usaha sendiri. Meskipun nyatanya jurusan ini masih membutuhkan interaksi sosial dalam lingkungan pekerjaannya seperti konsultasi dengan klien untuk membuat website atau mendesain logo. Tapi tenang Impianos kebanyakan waktu kalian akan sendiri untuk bekerja.

4. Sastra

Jurusan kuliah yang satu ini banyak diminati oleh para introvert loh Impianos. Wajar saja, karena jurusan ini sangat berkaitan dengan dunia kepenulisan. Jurusan di bidang Sastra sendiri cukup beragam, diantaranya Sastra Indonesia, Sastra Jerman, Sastra Inggris dan masih banyak lagi. Lulusan dari jurusan sastra bisa menjadi seorang penulis. Tapi banyak yang bilang nggak kuliah pun masih bisa menjadi penulis, nah mindset seperti ini yang harus diluruskan Impianos. Yakin dan percayalah, kita ini masih butuh belajar dalam mengerjakan hal apapun, orang pintar sekalipun mereka masih terus belajar karena belajar itu tiada batasnya. Dengan banyak belajar dan membaca, tulisan-tulisan kamu akan jauh bermanfaat untuk orang lain. Tidak hanya menjadi penulis buku atau puisi, kamu juga bisa bekerja menjadi Content Writer atau Copywriter.

5. Ilmu Perpustakaan

Kamu suka membaca? Suka dengan buku? Tepat sekali jurusan Ilmu Perpustakaan  ini sangat cocok untukmu. Jurusan ini juga membutuhkan keahlian di bidang informasi teknologi, manajemen, dan pendidikan untuk mengumpulkan dan menyimpan data. Jangan takut kuliah di jurusan Ilmu Perpustakaan yang anggapan banyak orang prospek kerjanya sempit. Seperti yang kita tau informasi akan terus berkembang, mulai dari mulanya berbasis kertas hingga kini jadi digital. Jadi Prodi Ilmu Perpustakaan akan semakin penting seiring dengan perkembangan teknologi digital.

Gimana Impianos? masih pada bingung  ambil jurusan apa untuk kamu yang Introvert?

Intinya kamu harus yakin dengan kemampuan dirimu. Kalau kamu merasa jurusan di atas tidak ada dalam planning list mu, tidak ada salahnya mencoba keluar dari siklus ternyamanmu. Well, semoga bermanfaat!!

Renita Safitri

Membacalah untuk mengenal Dunia dan Menulislah untuk Dikenal Dunia. Keep Skyward and Keep Grounded.
Back to top button