close

Mengenal Jurusan Kriminologi yang Langka di Indonesia

Beberapa tahun terakhir ini jurusan kriminologi banyak diminati oleh para anak SMA, tapi mungkin masih banyak yang asing dengan jurusan ini. Artikel ini akan mengupas tuntas tentang jurusan kriminologi di Indonesia, termasuk peluang karir setelah lulus, universitas yang menyediakan program ini, serta seberapa sulit materi yang akan kamu pelajari. Yuk, kita mulai!

Apa Itu Jurusan Kriminologi?

Kriminologi adalah ilmu yang mempelajari berbagai aspek kejahatan, termasuk penyebab terjadinya kejahatan, pola perilaku pelaku, serta sistem peradilan pidana. Jurusan kriminologi juga akan membahas bagaimana mencegah kejahatan dan mencari cara untuk meningkatkan efektivitas sistem hukum. Jadi, jika kamu tertarik untuk mengetahui lebih dalam tentang apa yang mendorong tindakan kriminal dan bagaimana mencegahnya, jurusan kriminologi adalah pilihan yang tepat!

Peluang Karir Lulusan S1 Kriminologi

Setelah berhasil menyelesaikan studi S1 kriminologi, kamu akan memiliki beragam peluang karir menarik. Beberapa di antaranya termasuk:

  1. Penyidik Kepolisian: Menjadi bagian dari tim penyidik untuk mengungkap berbagai jenis kejahatan.
  2. Analisis Kejahatan: Meneliti data dan statistik kejahatan untuk membantu penyusunan kebijakan keamanan masyarakat.
  3. Konsultan Keamanan: Bekerja di perusahaan swasta atau lembaga pemerintah untuk memberikan saran dalam meningkatkan keamanan dan mencegah kejahatan.
  4. Peneliti Akademis: Menjadi dosen atau peneliti di perguruan tinggi untuk terus mengembangkan ilmu kriminologi.
  5. Pekerja Sosial: Membantu dan memberikan dukungan bagi korban kejahatan.
  6. Pengacara: Memahami aspek kriminologi dapat menjadi nilai tambah dalam praktik hukum.

Universitas dengan Jurusan Kriminologi

Meskipun jurusan kriminologi masih langka di Indonesia, beberapa universitas ternama telah menyediakan program studi ini. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Universitas Indonesia (UI): Salah satu universitas terkemuka di Indonesia yang menawarkan program kriminologi.
  2. Universitas Padjadjaran (UNPAD): Universitas ini juga memiliki program studi kriminologi yang menarik.
  3. Universitas Airlangga (UNAIR): Terkenal dengan fakultas hukumnya, UNAIR menyediakan kesempatan untuk mempelajari kriminologi.
  4. Universitas Gadjah Mada (UGM): UGM juga memiliki program studi kriminologi yang patut dipertimbangkan.

Kesulitan dalam Belajar Jurusan Kriminologi

Mungkin ada pertanyaan di benakmu, “Apakah jurusan kriminologi sulit?” Jawabannya tergantung pada minat dan kemampuanmu. Beberapa mahasiswa mungkin merasa tertantang dengan materi yang mencakup aspek hukum, sosiologi, dan psikologi. Namun, jangan khawatir! Semua jurusan pasti memiliki tantangannya masing-masing. Dengan ketekunan dan minat yang kuat, kamu pasti bisa menghadapinya dengan baik!

Jurusan kriminologi menawarkan peluang menarik bagi mereka yang tertarik dengan dunia kejahatan. Kamu bisa mengeksplorasi penyebab dan pola kejahatan serta berkontribusi dalam mencegahnya. Setelah lulus, beragam karir menarik akan menanti, seperti menjadi penyidik, analis kejahatan, atau konsultan keamanan. Beberapa universitas ternama di Indonesia juga menyediakan program kriminologi untuk menjawab minatmu dalam bidang ini. Meskipun tantangan mungkin ada, dengan semangat dan ketekunan, kamu bisa meraih kesuksesan di dunia kriminologi! Selamat berpetualang dalam dunia ilmu kejahatan!

Back to top button