close

10 Prospek Kerja Lulusan Geografi Beserta Gajinya

Bagi kamu yang menyukai bidang ilmu kebumian, jurusan Geografi menjadi pilihan yang cocok untuk kamu ambil. Geografi adalah salah satu ilmu  yang secara khusus mempelajari mengenai bentang lahan dan segala hal yang berhubungan dengan fisik bumi.

Masuk ke jurusan geografi kamu akan dibekali pemahaman mengenai iklim, topografi, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan geografi. Selain itu, jurusan ini tidak hanya memberi bekal ilmu mengenai fisik bumi saja, melainkan juga kemampuan untuk memahami perspektif regional, yaitu ilmu yang berhubungan dengan pengelolaan dan pengembangan wilayah.

Pekerjaan apa saja yang bisa dilakukan oleh seorang lulusan Geografi? Tenang, masuk ke jurusan geografi akan memberi kamu kesempatan untuk punya pilihan karir yang lebih beragam.

Berikut beberapa prospek kerja yang bisa kamu pilih setelah lulus nanti.

1. Perencana Tata Kota

Prospek karir pertama yang bisa kamu pilih adalah menjadi ahli perencana tata kota. Karena lulusan Geografi memiliki keterampilan yang berkaitan erat dengan tata ruang atau tata kota. Kamu yang ingin menekuni profesi ini bisa bekerja di instansi  pemerintah yang bergerak di bidang tata kota. Selain itu kamu juga bisa bekerja untuk perusahaan pengembang properti atau menjadi pengusaha tata kota.

Gaji seorang ahli tata kota jelas sangat menggiurkan mulai dari 3 juta rupiah hingga mencapai belasan juta rupiah.

2. Ahli Transportasi

Kondisi di lapangan dan juga seluk beluk peta menjadi dua keahlian yang dijamin akan dikuasai oleh lulusan geografi. Untuk itu, kamu bisa menekuni profesi sebagai ahli transportasi. Sebab akan memiliki kemampuan untuk mengatur manajemen lingkungan dalam pengembangan moda transportasi dan tata ruang lalu lintas.

Gaji yang bisa kamu dapat juga menjanjikan mulai dari 3,5 juta rupiah hingga mencapai 6 juta rupiah per bulan.

3. Kartografer

Selanjutnya yaitu kamu bisa menekuni profesi sebagai kartografer, yang mana akan bertugas dalam membuat peta. Profesi ini dianggap sebagai salah satu pekerjaan yang paling tidak membuat stres, tetapi menawarkan gaji yang tinggi. Dengan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, kebutuhan akan kartografer semakin meningkat. Saat ini mulai dikembangkan teknologi peta digital dan proses pembuatannya dilakukan oleh kartografer.

Gaji yang bisa kamu peroleh sekitar 3 juta rupiah hingga 5 juta rupiah per bulan.

4. Staf BMKG

Peluang karir berikutnya kamu juga bisa masuk menjadi staf di BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika). BMKG sendiri merupakan instansi yang dikelola oleh pemerintah, dan memberikan peluang kamu untuk menerima gaji tinggi.

Gaji yang bisa kamu dapatkan dengan berkarir menjadi staff BMKG antara 4 juta rupiah hingga 5 juta rupiah per bulan.

5. Manajemen Lingkungan

Kamu yang memiliki kepedulian tinggi terhadap lingkungan sangat cocok masuk ke jurusan geografi. Setelah lulus, kamu akan memperoleh pengetahuan tentang pengelolaan lingkungan untuk mempraktikkan profesi ramah lingkungan. Ahli manajemen lingkungan sangat dibutuhkan oleh perusahaan milik pemerintah maupun swasta.

Gaji yang diberikan perusahaan juga umumnya tinggi, karena peran ahli manajemen lingkungan yang krusial terhadap kesuksesan sebuah proyek pembangunan dan jenis lainnya. Gaji yang kamu dapatkan juga besar mulai dari 3,5 juta rupiah hingga 5,5 juta rupiah per bulan.

6. Manajemen Bencana

Pemahaman kamu mengenai kondisi bumi, iklim, dan sebagainya memberi keahlian untuk mengenal titik wilayah mana saja yang rawan bencana. Sekaligus kamu bisa tau solusi bagaimana meminimalisir dampak ketika bencana terjadi. Sehingga lulusan geografi sangat layak menekuni profesi sebagai manajemen bencana. Keahlian yang dimiliki sangat dibutuhkan oleh perusahaan pemerintah yaitu di lembaga mitigasi bencana nasional.

Gaji yang bisa kamu dapatkan dengan profesi ini yaitu sekitar 3,5 juta rupiah hingga 4,5 juta rupiah per bulan.

7. Pemandu Wisata

Ingin punya pekerjaan yang lebih santai namun tetap menyenangkan setelah lulus dari jurusan geografi? Maka kamu bisa mempertimbangkan profesi sebagai pemandu wisata, yang biasanya banyak dicari baik turis lokal maupun mancanegara di sebuah tempat wisata. Pemahaman kamu di bidang geografi ini tentunya akan sangat membantu wisatawan menikmati kunjungan di tempat wisata. Sekaligus bisa memberikan penjelasan yang lebih kompleks, tidak hanya sejarah tempat wisata tetapi juga membuat mereka lebih aman saat menjelajahinya.

Dengan profesi sebagai pemandu wisata kamu akan mendapatkan gaji yang sangat besar. Bila kamu aktif selama satu bulan, maka pendapatan kamu bisa mencapai Rp 15 juta rupiah.

8. Peneliti

Menjadi peneliti juga profesi yang bisa kamu tekuni setelah lulus dari jurusan geografi. Profesi ini cocok untuk kamu yang punya minat melakukan berbagai kegiatan penelitian dan menulis hasilnya dalam jurnal ilmiah. Menjadi peneliti memberi kemudahan untuk mendapatkan pekerjaan yang nyaman dan tentunya tidak banyak berinteraksi dengan manusia. Sehingga cocok pula untuk kamu yang cenderung introvert namun ingin punya gaji besar setelah lulus kuliah.

Gaji yang bisa kamu dapatkan dengan mejadi peneliti di bidang geografi yaitu sekitar 4 juta rupiah hingga 6 juta rupiah per bulan.

9. Pendidik

Pilihan karir selanjutnya adalah menjadi tenaga pendidik, sangat cocok untuk kamu yang ingin menjadi pengajar baik itu guru maupun dosen. Ada jurusan Pendidikan Geografi yang lulusannya otomatis bisa menjadi guru. Jika ingin menjadi dosen maka perlu melanjutkan dulu ke jenjang magister atau S2.

Gaji yang kamu dapatkan sebagai tenaga pendidik ini sekitar 3 juta rupiah hingga 6 juta rupiah.

10. Teknisi Pemetaan

Sebagai lulusan geografi kamu juga bisa menjadi teknisi pemetaan. Memeriksa seluruh lapisan peta untuk memastikan akurasi, mengidentifikasi dan menandai bagian yang salah kemudian melakukan perbaikan.

Gaji yang akan kamu peroleh dengan profesi sebagai teknisi pemetaan ini sekitar 3,4 juta rupiah hingga 5,7 juta rupiah per bulan.

Nah, itulah beberapa prospek kerja bagi lulusan Geografi. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat bagi kamu yang tertarik mengambil jurusan Geografi sehingga kamu punya gambaran mau kerja apa setelah lulus nanti.

Back to top button