close
Nilai UTBK

Rata Rata Nilai UTBK UPR Untuk Lolos SNBT 2024 – 2025

Berikut ini kami bagikan Daftar Nilai UTBK Rata Rata Untuk Lolos di SNBT UPR 2024 – 2025. Universitas Palangka Raya (UPR) merupakan institusi pendidikan tinggi negeri pertama dan tertua di Provinsi Kalimantan Tengah. UPR terdiri dari 8 (delapan) fakultas yang beragam, yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Kedokteran, serta Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[wptb id=28750]

Sekilas Tentang UPR

Pada tahun 1962, langkah awal pembentukan Universitas Palangka Raya dijalankan oleh Panitia Persiapan Pembentukan Universitas di Kalimantan Tengah. Upaya ini diperoleh dukungan resmi dari Pemerintah Daerah Kalimantan Tengah, yang melahirkan Universitas Palangka Raya dengan resmi. Momen ini dirayakan melalui penandatanganan oleh Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan Indonesia (PTIP Indonesia) pada saat itu, yaitu Prof. Dr. Ir. Thoyib Hadiwidjaja. Proses pengesahan ini terjadi melalui Surat Keputusan Menteri PTIP Indonesia Nomor : 141, bertanggal 10 November 1963.

Awalnya, Universitas Palangka Raya didirikan dengan tiga fakultas, yakni Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian, dan Fakultas Kehutanan. Secara bersamaan, pada periode yang sama, juga didirikan IKIP Bandung Cabang Palangka Raya dengan dua fakultas, yakni Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) dan Fakultas Keguruan Ilmu Sosial (FKIS).

Namun, pada tanggal 24 Juli 1969, IKIP Bandung Cabang Palangka Raya tersebut diintegrasikan ke dalam struktur Universitas Palangka Raya.

Baca Juga: Passing Grade UPR dan Kuota Diterima

UTBK SNBT UPR

Apa yang dimaksud dengan SNBT? SNBT merupakan singkatan dari Seleksi Nasional Berdasarkan Tes. Ini adalah sebuah metode seleksi untuk masuk perguruan tinggi negeri yang diterapkan di Indonesia. SNBT menggunakan tes ujian tertulis berbasis komputer (UTBK) serta mungkin juga mempertimbangkan kriteria yang ditetapkan oleh perguruan tinggi negeri (PTN). SNBT berfungsi sebagai pengganti SBMPTN mulai tahun 2023.

Dalam konteks Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), calon mahasiswa dinilai terutama berdasarkan hasil UTBK dan kriteria yang ditetapkan oleh PTN. Setiap siswa berhak mendaftar dengan syarat-syarat yang telah ditetapkan untuk UTBK-SNBT.

Materi UTBK UPR

  1. Tes Potensi Skolastik (TPS): digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif yang dianggap penting untuk mencapai kesuksesan dalam lingkungan pendidikan formal, terutama di jenjang pendidikan tinggi. Ujian ini akan menilai berbagai aspek, termasuk kemampuan penalaran umum, kemampuan kuantitatif, pemahaman umum, serta keterampilan dalam memahami teks dan menulis. Dalam bagian kemampuan kuantitatif, materi yang diuji mencakup pemahaman dasar matematika.
  2.  Kemampuan berbahasa dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris: Ujian ini bertujuan untuk menilai kemampuan seseorang dalam memahami, menggunakan, mengevaluasi, dan merenungkan berbagai jenis teks untuk mengatasi tantangan dan untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai anggota masyarakat Indonesia dan masyarakat global, agar mampu memberikan kontribusi yang produktif.
  3. Penalaran Matematika: Bagian ini akan mengukur kemampuan individu dalam berpikir menggunakan konsep matematika, prosedur, fakta, dan alat untuk mengatasi masalah sehari-hari dalam berbagai situasi yang relevan baik dalam konteks sebagai warga negara Indonesia maupun sebagai anggota masyarakat global.

Baca Juga: Akreditasi UPR (Universitas Palangka Raya)

Cara Daftar UTBK UPR

Secara keseluruhan, prosedur pendaftaran untuk UTBK-SNBT UPR dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Mendaftarkan Akun SNBT. Semua calon pendaftar UTBK-SNBT diwajibkan untuk melakukan registrasi menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Tanggal Lahir melalui situs web https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.
  2. Masuk (Login). Setelah mendaftar, calon peserta harus masuk menggunakan akun SNPMB yang telah dibuat di https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.
  3. Verifikasi dan Validasi Data. Di dalam akun, calon peserta harus mengisi dan melengkapi informasi pribadi, mengunggah pas foto terbaru berwarna, melakukan verifikasi data diri, serta mengunduh dan mengunggah pernyataan untuk calon peserta tuna netra atau dengan gangguan penglihatan rendah.
  4. Pendaftaran UTBK-SNBT. Pada langkah ini, Silahkan pilih Program Studi UPR yang diminati, mengunggah portofolio yang diperlukan, memilih Pusat UTBK di perguruan tinggi negeri yang dituju, dan mendapatkan Slip Pembayaran Biaya UTBK.
  5. Pembayaran. Instruksi mengenai pembayaran akan diumumkan kemudian.
  6. Pencetakan Kartu Peserta UTBK-SNBT. Calon peserta harus masuk ke laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id, memilih menu pendaftaran UTBK-SNBT, dan mengunduh Kartu Peserta UTBK.

Catatan: Pastikan untuk selalu mengikuti instruksi dan jadwal yang diberikan oleh pihak penyelenggara dalam proses pendaftaran ini.

Baca Juga: Daya Tampung dan Peminat SNBT UPR

Rata Rata Nilai UTBK UPR Semua Jurusan

Kamu dapat mengecek nilai UTBK untuk masing-masing Prodi yang ada di UPR, pada data tabel berikut ini. Masukan nama jurusan yang ingin kamu cek nilai utbknya.

PRODIDAYA TAMPUNG 2023NILAI UTBK
PEND. JASMANI, KESEHATAN DAN REKREASI20556,19
BIOLOGI27567,07
PEND. LUAR SEKOLAH10526,03
MANAJEMEN SUMBERDAYA PERAIRAN30604,52
PEND. GURU SEKOLAH DASAR (PGSD)64636,53
PENDIDIKAN DOKTER40644,33
ILMU ADMINISTRASI NEGARA68639,88
ILMU SOSIAL EKONOMI PERTANIAN (AGRIBISNIS)48624,75
TEKNIK PERANGKAT LUNAK (TEK. INFORMATIKA)40643,35
ILMU HUKUM120643,21
FISIKA16526,64
BUDIDAYA PERAIRAN16534,65
TEKNIK SIPIL64627,69
KIMIA18545,50
PEND. PANCASILA & KEWARGANEGARAAN (PPKN)28598,40
PEND. KIMIA16536,06
PEND. FISIKA16534,57
PEND. BAHASA INGGRIS40610,36
BIMBINGAN DAN KONSELING24607,80
TEKNIK PERTAMBANGAN40638,90
EKONOMI PEMBANGUNAN80626,17
PEND. BIOLOGI32581,99
TEKNOLOGI HASIL PERIKANAN16534,50
PENDIDIKAN SENDRATASIK16528,55
PEND. TEKNIK MESIN24560,40
TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN24610,03
PETERNAKAN18551,63
PEND. GURU PEND ANAK USIA DINI (PG PAUD)24564,12
MATEMATIKA12647,39
AGROTEKNOLOGI70622,27
ILMU PEMERINTAHAN68630,65
PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN20527,46
MANAJEMEN140645,48
SOSIOLOGI48622,69
TEKNOLOGI PENDIDIKAN24560,81
ARSITEKTUR32591,95
PEND. BAHASA, SASTRA INDONESIA & DAERAH40608,93
KEHUTANAN80627,58
PEND. EKONOMI20590,75
PEND. MATEMATIKA16566,57
MANAJEMEN PENDIDIKAN16585,98
AKUNTANSI140640,88

Cara Menghitung Nilai UTBK UPR

  1. Jumlahkan nilai dari keempat subtes Tes Potensi Skolastik (TPS): Tes Penalaran Umum (TPU), Tes Pengetahuan dan Pemahaman Umum (TPPU),
  2. Pemahaman Bacaan dan Menulis (PBM), Tes Pengetahuan Kuantitatif (TPK).
  3. Selanjutnya, jumlahkan juga nilai dari tiga subtes Literasi dalam Bahasa Indonesia, Literasi dalam Bahasa Inggris, serta Tes Penalaran Matematika.
  4. Gabungkan hasil penjumlahan kedua kelompok subtes tadi, lalu bagi hasilnya dengan angka 2.
  5. Hasil dari pembagian tersebut adalah skor rata-rata UTBK.

Tips Lolos UTBK SNBT UPR

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat membantu Kamu untuk lolos dalam UTBK-SNBT UPR:

  1. Pahami Format dan Materi Ujian:Kenali format ujian UTBK-SNBT UPR, termasuk jenis soal dan materi yang akan diuji. UTBK-SNBT UPR meliputi Tes Kemampuan Kognitif (TKK), Tes Kemampuan Saintifik (TKS), dan Tes Kemampuan Bahasa Inggris (TKBI).
  2. Belajar Secara Teratur: Buatlah jadwal belajar yang teratur dan konsisten. Alokasikan waktu untuk setiap bagian materi yang akan diuji. Hindari belajar mendadak dan lakukan revisi secara berkala.
  3. Gunakan Materi Referensi: Manfaatkan buku panduan, materi pembelajaran online, dan sumber-sumber lain yang relevan dengan materi ujian. Pastikan Kamu memahami konsep-konsep dasar dan penerapan dalam soal-soal ujian.
  4. Latihan Soal: Lakukan latihan soal UTBK-SNBT UPR dari tahun-tahun sebelumnya. Ini akan membantu Kamu untuk mengenali jenis soal, meningkatkan kecepatan dan ketepatan dalam mengerjakan, serta mengidentifikasi area-area yang perlu ditingkatkan.
  5. Simulasi Ujian: Cobalah untuk melakukan simulasi ujian dengan kondisi sebenarnya. Waktu yang diberikan dalam ujian terbatas, jadi latihan simulasi akan membantu Kamu mengelola waktu dengan lebih efektif.
  6. Focus on Problem-Solving: Banyak soal ujian yang menguji kemampuan pemecahan masalah dan logika. Latih kemampuan ini dengan berlatih mengerjakan berbagai jenis soal.
  7. Perhatikan Waktu:Keterampilan mengelola waktu sangat penting dalam UTBK-SNBT UPR. Jika Kamu menemui kesulitan pada suatu soal, lebih baik lanjutkan ke soal berikutnya dan kembali ke soal yang sulit tersebut jika masih ada waktu tersisa.
  8. Beristirahat Cukup: Jangan lupakan istirahat yang cukup selama proses belajar dan menjelang ujian. Kondisi fisik dan mental yang baik akan membantu Kamu dalam konsentrasi dan kinerja ujian.
  9. Pahami Petunjuk Ujian: Sebelum ujian dimulai, luangkan waktu untuk membaca dan memahami petunjuk dengan seksama. Pastikan Kamu tahu cara menjawab soal dan tata tertib selama ujian.
  10. Tetap Tenang: Jaga ketenangan saat mengerjakan ujian. Jika menemui soal yang sulit, tetap tenang dan coba fokus pada solusi. Panik hanya akan mengganggu konsentrasi Kamu.
  11. Pantau Pengumuman dan Jadwal: Pastikan Kamu selalu memantau pengumuman dan jadwal terkait UTBK-SNBT UPR. Persiapkan semua persyaratan yang diperlukan untuk pendaftaran.
  12. Ingatlah bahwa persiapan yang baik, disiplin, dan kemauan keras untuk belajar adalah kunci keberhasilan dalam lolos UTBK-SNBT UPR.

Nilai UTBK PTN Lainnya

  1. Rata Rata Nilai UTBK UNRAM
  2. Rata Rata Nilai UTBK UNUD
  3. Rata Rata Nilai UTBK UNDIKSHA
  4. Rata Rata Nilai UTBK UNTIRTA
  5. Rata Rata Nilai UTBK UNESA

Disclaimer: Nilai UTBK yang kami bagikan ini adalah sifatnya adalah prediksi, PTN manapun tidak pernah mempublikasikan nilai UTBK secara langsung. Data dihasilkan dari analisis dan sebagian dari hasil survei ke peserta yang pernah lolos di SNBT UPR tahun sebelumnya. Silakan gunakan data nilai UTBK UPR ini dengan bijak ya!

Semoga informasi ini bermanfaat dan memberikan gambaran kepada Kamu, nilai utbk yang berpeluang lolos di UTBK SNBT UPR 2024!

Back to top button