close

Tips Belajar Efektif Dengan Orang Lain

Pernahkah kamu mengalami kesulitan disaat kamu sedang belajar sendirian? Sebetulnya, kamu sudah meniatkan dari awal bahwa kamu ingin belajar hanya saja kamu sering sekali tiba – tiba terdiam memikirkan, “aku harus belajar yang mana dulu ya?”. Nah, wajar jika kamu merasakan hal tersebut dan bukan hanya kamu saja yang merasakan  hal itu. Kita semua disini pernah dan sering bingung, bahkan tidak tahu harus belajar dari mana terlebih dulu. Lalu, karena kamu sudah terjebak tidak tahu lagi harus bagaimana dan kamu tidak mau ambil pusing sendiri, jadinya kamu lebih memilih tidur atau rebahan serta melakukan hal lain yang sudah pasti harus ngapain.

Baca Juga: 3 Cara Cepat untuk Belajar Apapun

Nah, disisi lain kamu menyadari bahwa sangat disayangkan sekali jika kamu tiba – tiba beranjak melakukan hal lain selain belajar dan kamu hilang semangat untuk belajar karena kamu tidak mengerti serta tidak mengetahui awalan yang harus kamu pelajari dari mana dulu.

Yap, untuk problem ini kamu perlu tips agar bisa efektif dalam belajarmu. Tetapi, perlu kamu ketahui terlebih dahulu apa itu belajar? Secara istilah, belajar merupakan suatu perubahan yang cukup permanen dalam sebuah perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari sebuah pengalaman. Menurut Rossum and Hammer dalam sebuah bukunya yang berjudul The Meaning of Learning and Knowing menyatakan bahwa belajar adalah suatu bentuk proses yang dilakukan semua orang agar dapat menghasilkan sebuah perubahan. Dikarenakan dengan belajar kamu dapat tahu tentang suatu hal yang tidak pernah kamu tahu sebelumnya, dan kamu dapat melakukan suatu hal dari belajar yang pada awalnya kamu tidak bisa sama sekali.

Baca Juga: Ampuh! Hal Ini Dapat Meningkatkan Motivasi Belajarmu

Di zaman yang sudah modern seperti sekarang ini belajar juga menjadi lebih mudah, tanpa harus melakukan banyak tindakan nyata yang merepotkan. Karena sudah banyak sekali media – media pembelajaran yang dapat kamu jadikan sebagai wadah sumber materi untuk kamu pelajari. Misalnya, kamu ingin belajar matematika mengenai submateri trigonometri dan kemudian kamu bisa memanfaatkan ponsel pintarmu. Kamu tinggal membuka google lalu ketikkan materi trigonometri yang ingin kamu pelajari dan dengan ini kamu bisa menjadi efektif untuk belajar, kemudian kamu bisa tahu dari banyak sumber mengenai rumus – rumus matematikanya.

Lalu, ada suatu cara yang dapat kamu lakukan agar dapat efektif dalam belajar ialah dengan belajar bersama orang lain yang kerap kita kenal dengan istilah ‘mentoring’. Untuk orang yang menjadi teman sekaligus pemandu kamu dalam belajar ini bisa disebut sebagai ‘mentor’. Mungkin kamu yang disini mempunyai teman belajar yang mana sifatnya orang tersebut adalah tempat kamu bertanya mengenai suatu hal apapun yang ingin kamu pelajari dan dia juga adalah orang tempat kamu bertanya jika kamu belum memahami tentang suatu hal, dan terus – menerus kamu bertanya kepadanya karena dialah orang yang mudah kamu jangkau sekaligus lumayan menguasai bidang yang ingin kamu pelajari itu. Misalnya, kamu ingin belajar public speaking dan debat nah, kamu punya nih kakak tingkat yang lumayan berprestasi pada bidang itu dan tentunya dia cukup menguasai ya. Jadi, kamu coba untuk menghubungi kakak tingkatmu itu dengan maksud bertanya seputar public speaking dan debat secara detail, kemudian kamu juga minta bantuannya untuk membantumu mempelajarinya juga secara teknis bukan hanya sekedar teori.

Bellows dan Perry pada tahun 2005 menyatakan bahwa metode pembelajaran mentoring ini sangat efektif digunakan untuk belajar, karena dalam melakukan mentoring terjadi transfer informasi sekaligus adanya personal support bagi kamu untuk mencapai suatu target kesuksesan. Personal support merupakan suatu komponen yang sangat penting dalam proses belajar seseorang agar tidak merasa kesepian dalam belajar. Pada sebuah penelitian Universitas Nebraska – Lincoln menyatakan bahwa mentoring yang berkualitas dapat meningkatkan peluang individunya dalam mencapai kesuksesan pada suatu bidang.

Melalui metode pembelajaran mentoring ini dapat membuat kamu mendapatkan pengalaman belajar secara nyata, karena kamu belajar bersama orang lain secara langsung yang mana orang tersebut sudah ahli pada bidang yang sedang kamu pelajari dan dia sudah pernah melalui fase itu, sehingga kamu bisa lebih terbayang seperti apakah kamu akan melewatinya.

Dengan mentoring, kamu akan mendapatkan beberapa manfaat; kamu akan merasa tidak sendirian dalam melalui proses belajarmu dan mentormu akan menjadi sumber ide pertamamu jika kamu sedang dalam kendala mencari sebuah ide. Kemudian kamu akan menjadi lebih mudah memahami dirimu sendiri dan mudah untuk menentukan apa yang akan kamu lakukan kedepannya akan lebih terarah dan pasti. Lalu kamu menjadi lebih percaya diri dan mendapatkan banyak masukan dari mentormu, kamu bisa menjadi lebih percaya diri dalam belajarmu dan mengetahui letak kurang maksimalnya kamu agar kamu bisa memaksimalkannya dengan baik.

Semoga bermanfaat, Arigatou. J

Back to top button