close

Tips Membangun Dan Memperluas Relasi Untuk Menjalin Koneksi Dalam Menunjang Perjalanan Karirmu

Oke guys, pada artikel kali ini kita bakal bahas beberapa tips untuk membangun dan memperluas relasi untuk menjalin koneksi dalam menunjang perjalanan karirmu. FYI, relasi merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam menunjang perjalanan karirmu. Dengan adanya hal tersebut, maka kamu akan lebih mudah untuk mengembangkan dan memperluas koneksi atau jaringan di dunia kerja nanti. Maka dari itu, sangat penting bagi kamu untuk mengetahui tips-tips apa aja yang dapat membantumu dalam membangun dan memperluas relasi untuk menjalin koneksi dalam dunia kerja.

Nah, berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu ambil dan terapin nih guys. 

  1. Mulailah mengobrol pertama kali

Tips yang pertama adalah diawali dengan mengobrol untuk yang pertama kali. Pada saat pertama kali bertemu, cukup awali obrolan dengan hal-hal yang sederhana terlebih dahulu. Dengan mengobrol, selain bisa bertukar pikiran kamu juga bisa mendapatkan ide-ide dan masukan-masukan yang positif. Maka dari itu, dengan tips ini kamu akan bisa meningkatkan skill komunikasi kamu dengan orang yang pertama kali kamu kenal dan dari obrolan tersebutlah akan mulai terjalin relasi pertemanan.

  1. Bergabung di dalam suatu organisasi atau komunitas

Tips yang kedua adalah ikut bergabung dengan organisasi atau komunitas di sekitarmu. Tips ini merupakan salah satu tempat yang efektif untuk memulai proses membangun relasi dan koneksi. Organisasi atau komunitas bisa kamu temukan di sekitar lingkungan rumah dan masyarakat (Contoh : Karang Taruna, PKK, dll) atau sekolah/kampus (Contoh : OSIS, BEM, dll). Maka dari itu, dengan bergabung di suatu organisasi atau komunitas, maka kamu mudah dalam mencari dan menemukan orang-orang yang memiliki kesukaan yang sama denganmu, serta saling berbagi informasi antara kamu dengan anggota lainnya.

  1. Memanfaatkan media sosial sebagai tempat untuk bersosialisasi secara online

Tips yang terakhir adalah memanfaatkan media sosial yang kamu punya sebagai wadah untuk bersosialisasi secara online. Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat dan canggih, maka semakin banyak juga media sosial yang bisa kamu gunakan sebagai media untuk bersosialisasi dan membangun relasi yang dapat menunjang karirmu. Salah satu media sosial yang dapat membantumu dalam mencari relasi di dunia kerja adalah LinkedIn. Maka dari itu, dengan adanya media sosial sangatlah membantu kamu dalam membangun koneksi dan relasi pertemanan, namun kamu juga harus menggunakannya dengan bijak ya guys.

Oke guys, sekian artikel tentang beberapa tips yang bisa kamu ambil dan terapkan untuk membangun dan memperluas relasi untuk menjalin koneksi di dunia kerja nanti. Tetaplah positive thinking dan produktif demi mencapai tujuan dan cita-citamu ya.. Terima kasih dan semoga bermanfaat 😉

Back to top button