close

10 Prospek Kerja Lulusan Teknik Mesin Beserta Gajinya

Tahukah kamu bahwa dibandingkan dengan jurusan lain, prospek kerja untuk teknik mesin jauh lebih luas? Lulusan teknik mesin bisa masuk ke hampir semua jenis industri yang ada, bukan hanya industri otomotif saja. Hal ini dikarenakan selama kuliah, kamu akan mempelajari mesin dan semua hal yang bergerak secara mekanis.

Sebelum tahu lebih lanjut tentang prospek kerja dan tugas dari seorang lulusan teknik mesin, sebaiknya kita bahas dulu tentang jurusan teknik mesin. Teknik mesin adalah ilmu teknik yang mempelajari penerapan dan teknik pemecahan masalah teknik mulai dari desain hingga manufaktur untuk membawa produk tersebut ke pasar. Insinyur mesin akan melakukan analisis pekerjaan menggunakan prinsip dari gerak, energi, dan gaya serta memastikan desain dapat berfungsi dengan aman, efisien, andal dengan biaya yang kompetitif.

Di samping itu, engineer mesin akan berfokus pada menciptakan teknologi untuk memenuhi kebutuhan manusia terutama dalam bentuk produk atau layanan. Masalah yang perlu dipecahkan untuk membantu kehidupan manusia tersebut bisa berupa perawatan kesehatan, energi, transportasi, ketahanan pangan, perubahan iklim, dan masih banyak lagi.

Pada prinsipnya, kamu bisa bekerja di lembaga, pemerintahan, instansi, industri, perusahaan swasta, perusahaan multinasional, bahkan mendirikan usaha sendiri. Ada banyak sekali peluang kerja yang bisa kamu ambil untuk lulusan teknik mesin ini antara lain:

1. Industri Otomotif

prospek ini menjadi prospek pertama yang cukup dekat dengan jurusan kamu. Dengan begitu, hampir semua lulusan dari teknik mesin pasti bakalan diterima dengan baik di industri otomotif. Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang ini adalah Astra. Astra sendiri merupakan salah satu perusahaan otomotif yang cukup besar. Jika kamu memang ingin berkecimpung di dunia ini, maka Astra bisa menjadi salah satu pilihan atau perusahaan-perusahaan sejenisnya.

Gaji yang bisa kamu peroleh dengan bekerja di industri yaitu sekitar 5 juta rupiah per bulan.

2. Perancang Mesin

Dalam teknik mesin terdapat berbagai bidang yang bisa kamu kuasai. Salah satunya adalah desain dan juga konstruksi. Ketika berada di teknik mesin, kamu pasti bakal belajar banyak hal. Misalnya adalah bagaimana sih caranya merancang mesin, kemudian menggambarkan modelnya, sampai ke tahap memilih material dan pembuatan. Sehingga, kalau kamu memang sudah fokus di bidang ini, sangat disayangkan kalau tidak diambil.

Gaji yang bisa kamu peroleh dengan merancang mesin tentu saja cukup besar, bahkan bisa di atas 5 juta rupiah.

3. Guru / Dosen

Jenjang karir berikutnya yang bisa kamu masuki adalah menjadi seorang guru atau dosen. Khususnya bagi kamu yang memang sudah berniat ingin melanjutkan pendidikan selepas lulus S1, bisa dipastikan untuk prospek kerja ini sangat terbuka lebar.

Untuk besaran gajinya akan tergantung di kampus mana kamu akan mengajar. Bila di kampus yang cukup bergengsi tentu besaran gaji akan di atas 7 juta rupiah.

4. Konsultan

Kamu juga bisa membuka perusahaan sendiri dan menjadi seorang konsultan di bidang teknik. Karir yang secara mandiri kamu dirikan bisa makin berkembang dan mendapatkan profit yang menguntungkan. Misal, terjadi suatu kerusakan pada bagian mesin namun ternyata tak dapat ditangani oleh karyawan perusahaan yang ada, maka nantinya bisa dipastikan perusahaan akan meminta konsultan untuk datang dan mencari tahu masalah pada mesinnya.

Gaji yang bisa kamu peroleh dengan menjadi seorang konsultan yaitu sekitar 5 juta rupiah per bulan atau bahkan bisa lebih.

5. Pertambangan

Apakah bisa Teknik Mesin ke pertambangan? Tentu saja bisa. Karena dalam dunia pertambangan bisa dipastikan membutuhkan kerja mesin yang cukup tinggi. Dalam hal itu, perusahaan akan sangat membutuhkan para ahli mesin untuk terus menjaga kinerjanya agar tetap stabil tanpa gangguan.

Gajinya juga sangat besar, bisa di atas 6 juta rupiah belum ditambah dengan tunjangan lainnya.

6. Perminyakan

Selain pertambangan, kamu juga berpeluang masuk ke industri perminyakan. Tentu bukan menjadi ahli minyak, tapi kamu akan menjadi ahli teknik mesin sesuai dengan disiplin ilmunya. Karena sama halnya seperti tambang, industri minyak akan membutuhkan kerja mesin yang harus selalu maksimal oleh sebab itulah dibutuhkan seorang ahli yang kompeten dibidangnya.

Gaji yang bisa kamu peroleh dengan bekerja di industri perminyakan yaitu sekitar 5 juta hingga 7 juta rupiah per bulan.

7. Maintenance Engineer

Peluang karir berikutnya adalah  maintenance engineer. Dalam sebuah industri yang menggunakan mesin sebagai salah satu kegiatan manufaktur terbesar, sangat penting bagi seseorang untuk melakukan perawatan yang  tepat. Dalam bidang engineering dikenal dengan istilah pediktif, preventif serta jenis pemeliharaan lain.

Gaji yang bisa kamu peroleh dengan bekerja menjadi Maintenance Engineer yaitu sekitar 5 juta hingga 6 juta rupiah per bulan.

8. Instansi Pemerintahan

Apakah lulusan teknik mesin bisa bekerja di instansi pemerintahan dan menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil atau PNS? Jawabannya tentu saja bisa. Kesempatan untuk berkarir dalam instansi pemerintahan tidak hanya dimiliki oleh mereka yang lulusan manajemen. Ada beberapa instansi yang memang sangat membutuhkan ahli mesin, seperti BPPT dan IPTN. Peluang karir yang bagus dan stabil.

Rata-rata gaji yang diterima PNS mulai dari Rp3.500.000 per bulan.

9. Pengusaha

Tidak selalu harus jadi karyawan dalam suatu perusahaan. Kamu juga bisa menjadi seorang pengusaha yang bekerja di perusahaan miliki kamu sendiri. Tak sedikit juga alumni teknik yang memang berkarir menjadi seorang wirausaha dalam bidang yang sama. Misalnya adalah dengan menjual produk-produk mesin, onderdil kendaraan, bengkel, dan lain sebagainya. Nah, prospek kerja teknik mesin satu ini cocok banget buat kamu yang memang nggak suka atau nggak mau jadi karyawan.

Gaji yang kamu terima sebagai pengusaha memang tidak pasti. Tapi kamu bisa mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi dari sebelumnya.

10. Peneliti

Bagi kamu yang berniat untuk mengambil peluang ini bisa banget. Nantinya, kamu bisa menjadi seorang peneliti di bidang permesinan. Kamu akan meneliti kira-kira kendaraan di masa depannya akan menjadi seperti apa, material yang lebih baiknya seperti apa, hingga menciptakan energi alternatif yang bisa bermanfaat di masa depan.

Gaji yang bisa kamu terima sebagai periset atau peneliti yaitu sekitar 6 juta rupiah per bulan.

Nah, itu dia sepuluh peluang atau prospek kerja untuk para lulusan teknik mesin. Pekerjaannya cukup banyak dan menarik, kan?

Back to top button