close

Cara Menerima Kekurangan Diri Kamu

Cara Menerima Kekurangan Diri Kamu– Semua orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangan diri masing-masing. Mulai dari perihal kesuksesan, penampilan fisik, sampai kemampuan yang dia miliki. Itu semua merupakan suatu anugerah yang gak bisa diperbandingkan. Maka dari itu, sudah sepatutnya kamu menerima serta mensyukuri segala kelebihan dan kekurangan diri kamu.

Akan tetapi, banyak dari kamu yang mungkin masih belum bisa menerima kekurangan diri yang dimiliki. Misalnya aja nih, kamu merasa diri kamu gak cantik, yang membuat kamu membandingkan diri dengan perempuan lain. Kenapa ya orang kok sempurna gitu hidupnya, udah cantik, pintar nyanyi, jago nari, pokoknya multitalent lah. Satu aja dari dia gak ada yang kamu miliki.  Hal ini menimbulkan rasa insecure dalam diri kamu. Alhasil, kamu mulai mengutuk kekurangan diri kamu tersebut, bahkan lebih parahnya kamu merasa diri kamu tidak berharga.

Baca Juga: Pentingnya Mengenal Diri Sendiri

Kalo kamu pernah begitu, tandanya kamu belum bisa menerima kekurangan diri dengan baik. Padahal, menerima kekurangan diri merupakan sesuatu yang penting untuk kamu lakukan. Salah satunya untuk dapat mengenal diri kamu lebih baik, dan mengembangkan potensi yang ada dalam diri kamu.

Apa sih kekurangan diri itu? Nah, secara umum, kekurangan diri mungkin diartikan sebagai suatu hal yang tidak kamu miliki baik dalam maupun luar diri kamu. Selain itu, ini juga dapat menjadi penghambat diri kamu dalam mencapai sesuatu.

Baca Juga: Jangan Membandingkan Diri Kamu dengan Orang Lain

Kekurangan diri bisa dibilang merupakan sesuatu yang relatif bagi setiap orang dalam memandangnya. Misalnya, kamu merasa bahwa hidung kamu kurang mancung, yang membuat kamu minder ketika bertemu orang banyak. Padahal, belum tentu orang lain berpikir hidung kurang mancung itu adalah sebuah kekurangan. Dari situ, bisa dibilang sesuatu yang kamu anggap kekurangan bagi orang lain belum tentu demikian, dan sebaliknya.

Menerima kekurangan diri mungkin bisa dibilang bukan sesuatu yang mudah. Hal itu dikarenakan kamu harus menerima kenyataan yang kurang menyenangkan mengenai kondisi diri kamu sebenarnya. Namun, terdapat manfaat yang akan kamu dapatkan dari menerima kekurangan diri.

1. Dapat Jujur Terhadap Diri Sendiri

Terkadang, jujur merupakan sesuatu yang sulit dilakukan, termasuk terhadap diri sendiri. Itu mungkin dapat memunculkan berbagai perasaan negatif dalam diri kamu, seperti misalnya perasaan malu. Melalui menerima kelemahan diri, kamu bisa belajar untuk jujur terhadap diri sendiri. Salah satunya dengan menerima bahwa diri kamu gak sebaik orang lain. Dengan begitu, gak ada satu orang pun yang dapat memanfaatkan kekurangan diri kamu untuk menjatuhkan kamu.

2. Menurunkan Ego Terhadap Orang Lain

Selain itu, menerima kekurangan diri dapat membantu kamu menurunkan ego terhadap orang lain. Melalui itu, kamu akan sadar bahwa gak ada orang yang sempurna di dunia ini, apalagi diri kamu sendiri. Dengan begitu, kamu pun belajar untuk memahami kekurangan yang dimiliki oleh orang lain. Alhasil, kamu jadi bisa menurunkan ego kamu terhadap orang lain, seperti misalnya memaksakan kehendak.

Terus kamu harus gimana dong buat menerima kekurangan diri? Kan gak segampang itu buat melakukannya. Nah, berikut merupakan cara yang bisa kamu lakukan untuk menerima kelemahan diri.

1. Hindari Menggunakan Kalimat Negatif Terhadap Diri Sendiri

Kamu bisa menghindari menggunakan kalimat negatif terhadap diri kamu dalam sehari-hari. Ini bisa kamu lakukan dengan menggantinya menggunakan kalimat yang lebih baik. Tujuannya adalah guna menciptakan pandangan yang realistis bagi kamu dalam memandang kekurangan diri. Dengan begitu, kamu bisa menerima kekurangan diri dengan baik.

Misalnya, kamu nggak lulus saat mendaftar beasiswa. Dari situ, kamu mungkin merasa kecewa dan mulai berprasangka buruk pada diri sendiri. Nah, ketimbang begitu, kamu bisa menggantinya dengan menyemangati diri kamu sendiri bahwa kamu bisa mencoba daftar beasiswa lain. Harapannya, kamu bisa menerima kekurangan kamu itu dengan baik.

2. Ketahui Apa Saja Kelebihan Diri Kamu

Kamu juga bisa mencoba mencari tahu apa yang menjadi kelebihan diri kamu. Selain kekurangan diri, tentunya kamu juga memiliki kelebihan juga bukan? Ini bertujuan agar kamu bisa fokus memaksimalkan kelebihan yang kamu miliki. Dengan begitu, kamu bisa fokus dengan itu, dan bisa menerima kekurangan diri kamu.

Maka dari itu, kamu bisa mencoba menulis apa saja kelebihan diri yang kamu miliki. Misalnya, seperti kemampuan bernyanyi yang baik, pintar memasak, sampai pandai menulis dengan baik. Dengan begitu, kamu bisa fokus untuk mengembangkan kelebihan kamu itu. Harapannya, kamu bisa menerima kekurangan diri kamu dengan baik.

3. Mengubah Pandangan Terhadap Diri Sendiri

Terakhir, kamu bisa mencoba mengubah pandangan negatif terhadap kekurangan diri yang kamu miliki. Ini dapat kamu lakukan dengan mencoba melihat kekurangan kamu dari berbagai sisi. Ambillah sisi positif, salah satunya melalui memikirkan apa yang bisa kamu manfaatkan dari kekurangan ini. Dengan begitu, kamu bisa menerima kekurangan diri dengan baik.

Awalnya mungkin memang tidak mudah bagi kamu untuk menerima kekurangan diri. Perlu waktu dan proses yang nggak sebentar bagi kamu untuk melakukannya. Namun, percayalah bahwa semua mungkin saja terjadi selama kamu ada kemauan. Kenalilah dengan baik kekurangn diri kamu agar kamu bisa menerimanya. Jadikanlah kekurangan diri itu sebagai kekuatan, dan pahami setiap proses perkembangan diri menuju ‘kelebihan’. Karena sejatinya kekurangan adalah sebuah ‘karunia sederhana’ untuk mengingatkan kamu supaya selalu bersyukur.

Back to top button