close
Pengembangan Diri

Kamu Kesepian? Ini Cara Mudah Mengatasi Kesepian

Kesepian bukanlah hal yang jarang dialami siapun karena pada hakikatnya siapa saja dapat merasakan kesepian. Kesepian bukan hanya tentang kamu yang sendirian disuatu tempat tanpa siapapun yang menemanimu. Tetapi, kesepian adalah hal tentang perasaan dimana kamu merasakan kesepian meskipun kamu dalam keadaan baik – baik saja ataupun tidak. Kesepian dapat dialami oleh siapapun dan kapanpun, tidak peduli kamu sedang berada di tengah – tengah keraimaian ataupun sedang sendirian, tidak peduli kamu mempunyai banyak teman ataupun tidak. Sering kali rasa kesepian menghantuimu setiap saat yang terkadang entah mengapa kamu bisa saja merasakan kesepian yang seperti tiada sebab, bahkan ada yang merasakan kesepian seperti merasakannya begitu dalam sepanjang hidup.

Baca Juga: Pentingnya Mengenal Diri Sendiri

Bagi kamu yang merasakan kondisi kesepian ini perlu mengetahui alasan dari kesepianmu itu dan harus dapat mengatasinya agar tidak membahayakan dirimu sendiri. Jika kamu akan terus – menerus membiarkan dirimu terjebak dalam rasa kesepian, artinya kamu akan memperburuk kondisimu sendiri terutama kondisi mentalmu. Maka, kamu perlu mengatasi rasa kesepian ini dengan cepat. Pada artikel ini saya akan membahas mengenai cara mengatasi kesepian yang mungkin sedang kamu alami saat ini.

Ketahui dan sadarilah bahwa kamu adalah makhluk sosial dan yang dimaksudkan adalah kamu sebagai makhluk sosial dapat berfungsi secara maksimal jika telah berinteraksi dengan manusia lainnya. Nah, jika kamu hanya menjalani hidupmu secara sendirian dan melakukan apapun secara sendirian, termasuk hal apapun kamu lakukan semuanya secara sendiri. Bukankah terdengar sangat aneh dan tidak efektif ya? jika kamu ingin melakukan apapun secara sendirian, ya karena tidak mungkin kamu akan kuat melakukannya sendirian dan mengingat kamu itu mempunyai keterbatasan. Maka, kamu perlu beradaptasi dengan makhluk  yang lain dan membentuk ikatan sosial agar kehidupanmu dapat berlangsung secara optimal. Sehingga tercipta kehidupan sosialmu yang sesungguhnya dengan maksimal. Jika kehidupan sosialmu tidak baik – baik saja maka, itulah yang membuat kamu merasakan ada suatu partikel yang hilang dari hidupmu dan inilah yang menyebabkan kamu jadi merasakan kesepian.

Baca Juga: Tips Belajar Efektif Dengan Orang Lain

Disisi lain, lingkungan sosialmu juga penting karena ini yang juga mempengaruhimu. Maka, kamu perlu mempunyai lingkungan sosial yang baik, oke lingkungan yang seperti apa? Nah, lingkungan yang kamu butuhkan ialah lingkungan yang dapat mendukung kebutuhanmu. Jika kamu berada pada lingkungan yang tidak dapat mendukung kebutuhan maka, akan membuat kamu merasakan kesepian. Misal, kamu sedang bosan total bercampur rasa galau kemudian kamu disaat itu juga membutuhkan seseorang untuk jadi teman ceritamu sekaligus memberikanmu dukungan emosional, tetapi orang tersebut tidak ada.

Kesepian dapat diartikan sebagai kondisi dimana kamu berekspektasi akan suatu hal dan dukungan dari eksternalmu tidak bisa menyatu sehingga ini menyebabkan rasa kecewa. Nah, jika kamu merasakan kekecewaan karena kesepian ini dapat berlangsung panjang karena kamu tidak bisa menemukan jalan keluarnya. Kamu tidak bisa menyalahkan siapapun sehingga kamu jadi menyalahkan diri sendiri. Sikap kamu yang menyalahkan dirimu sendiri ini dapat memicu turunnya self esteem  dirimu sendiri, padahal self esteem  ini sangat penting bagi kamu untuk berkembang dan terus maju dalam menjalani hidup.

Baca Juga: Tips Agar Kamu Tidak Sombong Kepada Orang Lain

Apabila kamu merasakan kesepian, maka hal ini secara tidak langsung akan menghambat perkembangan dirimu. Perlu kamu ketahui bahwa kesepian sangat berkorelasi dengan stress berat,  ada penelitian yang menyatakan bahwa kesepian yang dialami seseorang dapat meningkatkan produksi kortisol dalam tubuh, jika terus – menerus tubuhmu memproduksi kortisol akan menyebabkan sistem imun dalam tubuhmu menjadi berantakan dan ini memperbesar peluang diriku kamu untuk sakit dan menjadi tidak produktif.

Telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa resiko bagi orang yang sering merasakan kesepian ialah meningkatkan resiko kematiannya menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang mengalami obesitas atau dengan orang yang tidak pernah olahraga sekalipun. Nah, cara mengatasi agar kamu tidak merasakan kesepian ialah dengan menerima kenyataan bahwa kamu itu butuh orang lain siapa pun itu, jangan pernah memutuskan sendiri bahwa kamu akan, ingin dan pasti bisa melakukan apapun dengan sendirian. In fact, semua makluk hidup didunia ini saling memutuhkan dan jika kamu tidak menemukan orang yang bisa sesuai dengan kebutuhanmu, ya kamu bisa mencari temanmu yang lainnya. Hey, ofcourse kamu punya banyak teman dan impossible ya jika kamu tidak menemukan teman yang bisa sesuai dengan kamu.

Semoga Bermanfaat, Arigatou.

Rahma HF

Author, Writing Addict | Painter | "Semua orang punya takdir sukses dengan cara yang berbeda, hanya butuh segumpal usaha agar maksimal :)". -Manage your time as well, don't forget to be happy.
Back to top button