close
Uncategorized

Kamu Seorang Extrovert? Yuk Cari Tahu Jurusan yang Sesuai dengan Kepribadianmu

Haii Fellas Impiano!! Apakah kamu seorang extrovert?  Berbeda dengan mereka yang berkepribadian introvert, extrovert adalah kebalikannya. Extrovert adalah orang-orang yang suka berbicara dan ekspresif. Mereka suka bergaul dan cenderung aktif mengajak lawan bicaranya ngobrol terlebih dahulu. Biasanya orang extrovert ini merasa kesepian jika sendiri dan menyukai kegitan dengan komunitas besar atau banyak orang.

Tapi dengan kelebihan itu, siapa sangka extrovert juga masih bingung dalam memilih jurusan. Karena masih banyak para extrovert yang salah masuk jurusan. Passion mereka bukan di jurusan itu, akibatnya minat dan bakat yang mereka miliki tidak terasah. Sayang banget kan!!

Nah, supaya kamu tidak salah dan bingung dalam memilih jurusan kuliah, kuy cari tahu jurusan yang cocok untuk kamu yang extrovert.

1. Ilmu Komunikasi

Jurusan yang pertama adalah ilmu komunikasi. Jurusan yang satu ini pas banget deh buat kamu sang extrovert. Jurusan ini mempelajari tata cara berkomunikasi dan penggunaan media dengan baik sebagai sarana komunikasi antar manusia. Mulai dari teori komunikasi, seni dalam mengolah pesan kepada lawan bicara, psikologi komunikasi, fotografi hingga praktek langsung dalam bidang advertising, broadcasting, serta public relation. Tugas kuliah nya juga seru loh Impianos, kalian akan menulis berita, siaran radio dan bikin film. Prospek kerjanya juga sangat terbuka lebar.

2. Hubungan Internasional

Gimana nih Impianos tertarik dengan jurusan ini? Yaps! Hubungan internasional adalah jurusan yang mempelajari relasi, interaksi, dan komunikasi internasional. Di jurusan ini juga kamu akan belajar bagaimana berdiplomasi antar negara, politik dan perdagangan luar negeri, hukum dan juga ekonomi internasional. Wawasan, pola pikir kritis, keterampilan komunikasi, dan diplomasi yang baik akan sangat dibutuhkan di jurusan yang satu ini. So, buat kamu yang aktif berbicara dan mudah bergaul, jurusan ini sangat cocok kan dengan duniamu.

3. Ilmu Hukum

Apa kamu termasuk salah satu orang yang sering beranggapan bahwa jurusan hukum adalah jurusan yang sering berkutat dengan hafalan. No! kamu salah besar justru jurusan hukum mengharuskan kamu belajar bagaimana menangani permasalahan dalam menghadapi kehidupan sehari-hari dengan cara menganalisis, berpikir strategis, hingga problem solving. Dan tak ketinggalan kamu juga akan belajar mengenai kebijakan, aturan, undang-undang serta yang berkaitan dengan ranah hukum. Jurusan ini sangat pantaskan untuk kamu yang extrovert.

4. Ilmu Politik

Kamu suka hal-hal yang berbau politik?  Ya jurusan ini sangat tepat untukmu. Di jurusan ilmu politik kamu akan belajar mengenai berbagai macam sistem politik  dunia, mengkaji demokrasi, hingga hak asasi manusia. Kamu juga akan dituntut berwawasan luas, pola pikir yang kritis, keterampilan komunikasi dan interpersonal karena itulah kemampuan-kemampuan yang akan diasah di jurusan ini ya Impianos. Jurusan ini cocok dengan extrovert karena disini kamu akan banyak bertemu dan berintekrasi dengan banyak orang.

5. Pariwisata

Mana nih suaranya yang suka travelling? Suka bicara di depan umum? Senang jadi pemandu wisata? Yaps! Jawabannya adalah kamu mengambil jurusan kuliah yang sesuai yaitu jurusan pariwisata. Di jurusan ini kamu akan sering bertemu banyak orang untuk mempelajari dunia kepariwisataan, memperdalam potensi wisata yang ada, serta mempelajari sejarah, adat, social life dan budaya dari suatu daerah. Jurusan pariwisata mulai banyak dilirik karena prospek kerjanya yang menjanjikan. Siapa sih yang nggak suka jalan-jalan sambil belajar apalagi dibayar yaa kan Impianos.

Itulah beberapa jurusan yang bisa kamu pilih sesuai dengan passionmu, terutama bagi kamu yang extrovert. Semoga membantu.

Renita Safitri

Membacalah untuk mengenal Dunia dan Menulislah untuk Dikenal Dunia. Keep Skyward and Keep Grounded.
Back to top button