close

Kenapa Kalian Tidak Boleh Kuliah Sembarang Tempat

Kampusimpian.com – Kuliah atau menempuh pendidikan tinggi bagi kalian yang baru lulus dijenjang SMA sederajat, lebih direkomendasikan. Semangat kalian untuk belajar lebih jauh, itu harus diberikan apreasiasi yang tinggi. Karena nggak semua orang bisa diberikan kesempatan untuk bisa menempuh pendidikan tinggi.

Baca Juga: Kenapa Sih Kuliah itu Penting Banget Untuk Kalian?

Namun kalian juga harus menghargai semangat kalian itu, dengan memberikan wadah yang tepat atau terbaik juga. Kalian nggak harus kuliah di PTN?Karena nggak semua dari kalian itu bisa masuk PTN. Kalian bebas mau milih jenis kuliah dimana, asal nggak sembarang tempat aja ya. Masuk PTS pun tetap oke, kalau kalian bisa memilih dengan baik PTS yang kalian tuju.

Baca Juga: 5 Tips Untuk Mendapatkan IPK Tinggi Di Kampus

Sembarang tempat disini diartikan sebuah Perguruan Tinggi yang tidak jelas identitasnya, seperti Akreditasinya maupun Struktur Kelembagaannya. Sedikit banyak tempat kuliah kalian, itu memiliki pengaruh juga terhadap peluang kalian dalam melamar sebuah pekerjaan. Untuk itu usahakan untuk memilih Perguruan Tinggi yang memang sudah terdaftar di Forlap Dikti dan juga sudah mendapatkan Akreditasi dari BAN-PT.

Baca Juga: 5 Kegiatan ini Bisa Menghabat Kelancaran Perkuliahanmu

Saya sarankan pilihlah Kampus dengan Akreditasi minimanl B, dan Jurusannya juga B. Sangat bagus sekali jika Akreditasi keduanya, itu A. Karena saat kalian melamar sebuah pekerjaan ijazah yang dipakai itu pendidikan terakhir kalian. Iya kalau kalian bisa diberikan lanjut Pendidikan S2, kalau nggak.

Baca Juga: 7 Tips Agar Mendapatkan Beasiswa saat Kuliah

Saya sempat ikut berkontribusi dalam salah satu CDC (Carier Development Center) disalah satu PTN yang ada di Indonesia. Dimana saya tergabung dalam tim CDC, untuk menyediakan sebuah tempat khusus untuk banyak perusahaan yang tergabung dalam CDC di Universitas Tersebut. Dimana tujuannya CDC ini adalah untuk menjadi jembatan antara Fresgraduate, dengan perusahaan yang mereka tuju.

Saya sempat berkomunikasi dengan beberapa Tim HRD di beberapa perusahaan ternama. Saya sempat menanyakan apakah asal pendidikan itu punya nilai juga untuk para pelamar. Mereka menjawab ya. Namun nggak cuman sebatas itu aja, banyak faktor lain juga yang mempengaruhinya.

Untuk itu lakukan yang terbaik ya untuk pendidikan terakhir kalian ini. Semoga menambah wawasan kalian ya.

Back to top button