close

Menjadi Bucin Baik Gak Untuk Kamu?

Ada nggak sih kamu punya teman yang bucin? Atau kamu sendiri yang bucin?

Bicara soal cinta, mungkin emang gak bakal ada habisnya. Mulai dari seseorang jatuh cinta, sampai patah hati yang hebat, jatuh cinta lagi patah hati lagi begitu seterusnya. Tentunya, setiap orang bisa dibilang punya definisinya tersendiri soal cinta.

Baca Juga: Prinsip Hidup Bahagia yang Harus Kamu Ketahui

Sebetulnya apa sih kecanduan cinta itu? Kecenderungan menginginkan dan mengejar cinta atau hubungan asmara secara berulang-ulang tanpa kontrol, yang telah terjadi dalam waktu lama. Memang nggak bisa dipungkiri juga, merasa dicintai dan memiliki satu sama lain memang salah satu kebutuhan dasar manusia. Kita butuh itu buat bisa berfungsi dengan baik dalam kehidupan sehari-hari karena dicintai itu pada dasarnya enak, ada yang perhatian dan sayang sama kita. Nah beda nya sama orang yang biasa, orang bucin nggak bisa mengontrol keinginan mereka buat mengejar dan merasakan cinta. Dapat pacar terus tiba-tiba putus, cari lagi, itulah siklus hidup orang yang bucin, dan ketika mereka tidak bisa mendapatkan pasangan, mereka akan kayak orang yang haus akan asmara. Bagaimanapun cara nya akan mereka lakukan yang penting dapat pasangan karena mereka nggak bisa hidup tanpa cinta.

Nah biasanya love addict ditandai dengan beberapa hal yang kelihatan dari pola hubungan orang-orang pada umumnya.

1. Berwajah Palsu

Mereka akan berwajah palsu didepan calon pasangan atau diawal-awal ketika baru jadi pasangan. Dia akan berusaha dengan segala cara supaya dia bisa dengan mudah mendapatkan hati dari pasangannya. Ini termasuk berbohong tentang dirinya sendiri supaya memastikan calon pasangannya menganggap dia cukup oke dan baik untuk di cintai. Karena mereka ingin terlihat sempurna didepan pasangannya.

2. Love Bomb atau Ledakan Cinta

Ledakan cinta yang bertubi-tubi. Karena perasaan jatuh cinta bagi mereka itu menyenangkan banget seolah dunia hanya milik berdua yang lain ngontrak. Orang yang pecandu cinta akan berusaha semaksimal mungkin buat merasakan sensasi terbaik yang bisa dirasakan dari hal itu. Karena itu dia akan menghujam pasangannya dengan berbagai cara mulai dari pujian, sentuhan, dan keinginan bertemu dilakukan secara terus menerus. Biasanya love bomb ini terjadi secara terburu-buru. Misalnya nih hubungan baru jalan 1 minggu sudah ngajak jalan-jalan romantis ke luar kota atau bahkan udah mikir rencana untuk masa depan berdua.

3. Posesif

Seorang pecandu cinta akan berusaha supaya pasangannya itu selalu ada buat dia dan nggak akan pergi dan lari kemanapun. Karena jika pasangan nya hilang nggak ada kabar dia akan kehilangan sensasi jatuh cintanya. Apalagi pasangan yang sudah biasa bertemu setiap hari, sehari nggak ketemu aja rasanya LDR satu tahun, parah banget ya para budak cinta.

Nah tapi sebenarnya apa sih yang membuat seseorang jadi pecandu cinta dan kenapa seseorang bisa jadi pecandu cinta?

Secara umum orang-orang biasanya sepakat bahwa kecanduan cinta biasanya datang dari ketidakmampuan seseorang untuk bisa mencintai dirinya sendiri. hal ini bisa disebabkan bermacam-macam seperti misalnya, pola asuh yang tidak konsisten waktu kecil, kurangnya kepercayaan diri bahkan sampai tidak adanya role model yang bisa jadi contoh di bidang asmara dan ekspektasi yang terlalu tinggi terhadap cinta. Tapi intinya kalau kita tidak cinta terhadap diri sendiri, pasokan cintanya harus didapat dari eksternal, itulah mengapa seorang pecandu cinta akan terus mencari pasangan buat bisa merasakan sensasi jatuh cinta yang luar biasa. Dan itu salah satu cara supaya dia juga merasakan bagaimana rasanya disayang, karena dia sendiri nggak sayang sama dirinya makanya dia butuh kasih sayang dari orang lain agar bahagia.

Lantas giamana cara menghadapi orang-orang seperti ini? Atau pasangan kamu juga termasuk seperti ini? Jawabannya simpel, tinggalin. Tapi mungkin nggak semua orang bisa untuk meninggalkan karena mungkin udah terlalu sayang atau bahkan sudah mengorbankan banyak hal untuk pasangannya. Dan kamu masih positif thinking bahwa dia akan bisa berubah.

Baca Juga: Jangan Menikah Sebelum tahu 8 Hal ini

Nah penting untuk kamu ingat, salah satu kunci dari hubungan yang sehat ada di kedua pemainnya. Kalian harus mampu menemukan kebahagiaan dengan cara kalian sendiri, tanpa pasangan kalian. Karena jika kamu punya pasangan yang kebahagiaan nya tergantung sama hubungan kalian berdua, dia mau jadi apa pas kamu nggak ada. Kamu itu juga manusia yang punya kehidupan yang lain selain pasangan kamu, dan kamu juga nggak akan bisa terus ada untuk pasanganmu. Memang dia bisa aja berubah tapi bukan dengan kamu sebagai penyelamat malah yang ada kamu adalah korban. Suruh mereka konsultasi dengan psikolog, mungkin dengan cara itu lebih bisa membantu dia agar terlepas dari love addict.

Back to top button