close

Pentingnya Meditasi Agar Tetap Fokus

Tak sedikit dari kita yang sulit untuk tetap fokus dan menjaga konsentrasi agar apa yang dilakukan dapat terlaksanakan secara tepat dan maksimal. Sering kali terjadi disaat ingin fokus dan konsentrasi malah hal – hal aneh bermunculan dalam pikiran. Hiruk pikuk hal yang timbul dalam pikiran tidak pernah berkesudahan, terkadang dalam batin berkata “berisik banget sih ini otak!, ga bisa tenang”. Ya, memang pikiran sangatlah berisik. Senang sekali pikiran masa lalu atau pikiran mengenai masa melayang – layang dikepala saat kita sedang fokus pada suatu hal sehingga mengacaukan pekerjaan kita.

Baca Juga: Alasan Kenapa Mengenal Kesehatan Mental itu Penting?

Dalam pikiran memilliki sebuah konsep, berdasarkan pada buku yang ditulis oleh Mark Manson bahwa pikiran manusia itu sangatlah berisik dan disebut dengan konsep two mind. So, It means otak manusia dapat terbagi menjadi bagian dalam berpikirnya; thinking mind dan observing mind.

Thinking mind merupakan bagian pikiran manusia yang sangat berisik, pikiran yang mana sering muncul tiba – tiba tanpa kamu inginkan. Ya, thinking mind ini sering pula bermunculan disaat kamu sedag istirahat, sebelum tidur. Thinking mind ini adalah pikiran yang dapat menyebabkan kamu memikirkan suatu hal hingga overthinking dikarenakan hal yang terpikirkan olehmu muncul dengan tiba – tiba tanpa terkontrol olehmu sehingga itulah dia bisa menyebabkan kamu memikirkannya hingga overthinking. Maka, thinking mind ini sifatnya jika kamu semakin ingin melupakannya, itu dapat menyebabkan kamu semakin mengingatnya dengan kuat. Nah, berdampaknya pada hal yang ingin kamu fokuskan menjadi berantakan karena adanya pikiran  – pikiran dari thinking mind diluar konteks muncul.

Baca Juga: 5 Dampak Buruk dari Kecanduan Bermain Gadget

Untuk bagian pikiran yang selanjutnya yaitu observing mind,  bagian otak ini adalah pikiran yang dapat dikontrol  karena kamu dapat menyadari apa yang sedang dan akan kamu pikirkan.  Misalnya, jika kamu ingin menganalisis suatu masalah maka, disaat itu juga kamu bisa fokus dan tetap berkonsentrasi memikikannya. Hanya saja, jika kamu tidak memanfaatkan observing mind ini dengan tepat dapat memberikan dampak buruk bagi kamu. dampaknya bisa saja kamu mengalami stress, overthinking karena kamu mencampur adukkan antara observing mind dan thinking mind.

Dengan cara meditasi kamu dapat mengatasi agar kamu bisa fokus dan konsentrasi melalui kamu melakukan meditasi, kamu bisa observasi pada pikiran kamu untuk membedakan mana hal yang bisa kamu kontrol dalam pikiran dan mana yang tidak bisa kamu kontrol. Untuk hal yang tidak bisa kamu kontrol, tentunya muncul dari thinking mind ini harus kamu terima layaknya seperti kamu tiba – tiba terpikirkan masa lalu, kemudian kamu merasa cemas karna memikirkan hal lainnya. Nah, kamu harus observasi dan menerima itu semua karena pikiran tersebut secara otomatis muncul dalam pikiranmu tanpa bisa kamu kontrol.

Ketka kamu tiba – tiba emosi dan pikiran kamu campur aduk, bercabang memikirkan A, B, C, dan D. lalu, apa yang sedang  kamu fokuskan menjadi kacau dan terbengkalai maka, jangan kamu coba untuk segera melupakannya, jangan tolak itu jika muncul dalam pikiranmu tetapi cobalah untuk tenang. Kemudian, lakukan observasi pada apa yang sedang kamu pikirkan itu, lalu terimalah. Karena kamu tidak bisa menghindari thinking mind, itu semua terjadi secara otomatis tanpa kamu sadari.

Meditasi juga mengajarkan kita untuk menjadi mindfulness , ya mengajarkan agar kita bisa secara sadar hidup dengan utuh pada masa ini tanpa perlu memikirkan masa lalu, ataupun masa mendatang, peduli pada hal yang akan terjadi pada diri, peduli pada hal akan terjadi dalam pikiran, dan peduli akan kehidupan sekitar.

Maka, lakukanlah meditasi setiap harinya, bukan hanya kamu yang perlu melakukan meditasi ini. Tetapi, banyak dari orang – orang hebat yang setiap harinya melakukan meditasi setiap harinya. Karena ada banyak manfaat jika kamu melakukan meditasi.

Semoga bermanfaat, Arigatou J

Back to top button