close

Yuk! Intip 10 Peluang Kerja Jurusan Teknik Geomatika dan Gajinya

Yuk! Intip 10 Peluang Kerja Jurusan Teknik Geomatika dan Gajinya Siapa nih yang berminat memilih jurusan Teknik Geomatika? Pasti kalian bingung kan kalau jadi lulusan jurusan ini akan banyak peluang kerja atau tidak, dan mungkin dari kalian ada yang mengira bakal jadi apa nantinya kalau jadi lulusan dari jurusan ini, ya ga nih?. Yuhuu, tak perlu khawatir, ya:). Jurusan yang tak kalah keren dengan jurusan lainnya ini mempunyai cukup banyak peluang kerja, dan disini saya akan membagikan beberapa informasi diantaranya. Tentu saja 10 prospek kerja untuk lulusan Teknik Geomatika merupakan peluang kerja yang sangat menarik dan dapat menjadi pilihan setelah kalian menjadi lulusan dari jurusan Teknik Geomatika. Yuk, kita simak apa saja sih?

1. Lembaga Militer

Nih, yang pertama buat kamu kalo punya ketertarikan yang cukup dominan dalam bidang kemiliteran. Kamu bisa menjadi bagian di lembaga militer di Indonesia, Karena jurusan ini sangat berelasi dengan bidang militer dan tentunya jurusan ini pilihan yang tepat buat kamu. Yang menjadi alasannya adalah dalam pekerjaan militer, tepatnya pada bidang TNI. Diantara TNI dan Teknik Geomatika memiliki keterkaitan satu sama lain dalam aktivitas survei dan pemetaan, yang mana hal ini dikuasai oleh anak lulusan Teknik Geomatika.
Nah, pada saat kamu sudah mulai bekerja di lembaga militer kamu mendapatkan tugas berupa melakukan survei dan pemetaan. Perolehan hasil dari survei dan pemetaanmu itu akan dapat dijadikan sebagai patokan nantinya, agar dapat digunakan sebagai pendukung kegiatan lapangan militer.

Well, selebihnya dari membahas peluang kerja tentunya kamu perlu tahu dong gaji yang dapat kamu peroleh dari profesi ini. Yaps, dalam profesi ini kamu dapat memperoleh gaji yang berkisar di angka 3jt hingga 4jt rupiah. Waw, keren ya :).

2. Perusahaan Tambang

Peluang yang satu ini keren banget loh, kamu bisa berpeluang untuk bekerja di perusahaan tambang. Ya, pada dasarnya memang jurusan ini relate dengan jurusan Teknik Geomatika dikarenakan secara prosesnya, dunia pertambangan membutuhkan lulusan Teknik Geomatika untuk menunjang berlangsungnya proses dalam pertambangan itu sendiri.

Nah, intip gaji yang akan kamu dapat jika kamu bekerja diperusahaan pertambangan yuuu. Ketika kamu telah bekerja di perusahaan pertambangan, kamu akan memperoleh gaji sebesar 4jt rupiah. Eits, jangan salah ya. Gajinya tidak hanya sebatas 4jt rupiah saja, tetapi bisa lebih dari itu dan bahkan bisa menginjak angka belasan juta rupiah loh!. Keren banget, bukan?:)

3. Land Surveyor

Kamu suka profesi yang mengolah data? Yaps, ini adalah salah satu profesi yang cocok banget buat kamu. Profesi land surveyor ini bertugas mengumpulkan sejumlah data yang berupa titik koordinat suatu wilayah. Sebagaimana pengukuran koordinat dilaksanakan, kamu berfokus tetap terhadap jarak, pengukuran sudut dan metode pengumpulan data lainnya. Perlu kamu ketahui ya, profesi ini akan terus dibutuhkan lho. Coba kamu perhatikan keadaan, pembangunan terus akan terjadi dan berjalan, demand terhadap lahan terus – menerus meningkat dimasa mendatang. Gimana nih?kamu paham ya, profesi ini dapat menjanjikan untuk kamu di masa depan.

Dalam profesi ini kamu sudah jelas ya tentunya bahwa tak hanya cocok buat kamu yang suka mengolah data saja, tetapi juga cocok buat kamu yang mencari pekerjaan outdoor. Profesi ini adalah salah satu pekerjaan yang sifatnya kerja di lapangan. Nih, kalau gajinya dari profesi ini dapat memuaskan kamu banget lho. Kamu bisa memperoleh gaji sebesar 3jt rupiah hingga 5B rupiah. Terdengar akan asyik banget nih ya, kerjanya di lapangan sekalian sambil menikmati momennya.

4. Ahli Sistem Informasi Geografis (GIS)

Profesi ini bisa disebut juga sebagai Analyst Data, Kamu bisa menjadi seorang data analis sistem informasi geografis, seperti nama sebutannya ya kamu akan bertugas menganalisis data sistem informasi geografis. Lalu kamu akan menyajikan dan menampilkan data ini dalam bentuk hasil dari analisis melalui grafik, tabel, serta peta. Nah, bentuk nyata dari profesi ini salah satunya adalah aplikasi ojek online. Coba kamu perhatikan, aplikasinya menggunakan titik keberadaan pelanggan secara real-time.

Yaps, dapat kita lihat sendiri seberapa besar peluang profesi ini. Mengingat jaman semakin berkembang dan semakin maju, profesi ini semakin dibutuhkan serta kamu dapat meraup gaji yang lumayan besar dong. Kisaran angka gaji yang dapat kamu peroleh bisa dimulai dari 3jt hingga 5B rupiah. Lumayan banget yah:).

5. Peneliti

Profesi yang kali adalah peneliti, dengan menjadi lulusan dari jurusan Teknik Geomatika kamu dapat menjadi seorang yang berkarier sebagai peneliti. Kalau kamu adalah seorang yang sangat suka terhadap suatu kasus atau suatu topik, dan kamu sangat gemar untuk memecahkan ya serta menganalisisnya. Ya, tentu saja karir ini adalah kamu banget! Kamu dapat bekerja di suatu perusahaan dengan berbagai topik yang akan disuguhkan kepadamu atau topik itu sendiri yang akan menghampirimu untuk dibedah, dan karir ini dapat kamu jumpai pada bidang tanah dan bumi.

Dengan karir ini kamu mungkin memperoleh sejumlah ide untuk inovasi yang baru sekaligus bermanfaat dan yang pastinya kehadiranmu akan menjadi suatu kebutuhan besar. Berdasarkan profesi ini , kamu dapat memperoleh gaji sebesar 3jt hingga 6jt rupiah. Lumayan banget buat mencukupi kebutuhan kamu bestie:).

6. Wirausaha

Yuhu, kamu suka menjadi seorang enterpreneur ? Pasti bisa dong meski kamu lulusan Teknik Geomatika. Profesi ini adalah profesi yang cocok disegala bidang bagi siapa saja yang tekun, jadi tidak ada stigma “tidak bisa menjadi wirausaha jika bukan dari jurusan atau pendidikan wirausaha secara spesialis”. Untuk menjadi seorang wirausaha, kamu harus memikirkan secara strategis dan matang mengenai usaha yang akan kamu kembangkan, pikirkan risiko-risiko yang mungkin berdatang di setiap kesempatan usaha kamu, perhitungkan modal dan untungnya, dan pastinya ajak partner agak persiapan usaha kamu dapat terbentuk secara baik dan terkonseptual.

Secara beneficial, kamu dapat memperkirakan dan mengukur sendiri penghasilan yang akan kamu dapatkan, dan kuncinya agar usaha kamu berkembang baik adalah dengan cara menekuninya, sesuaikan dengan minatmu, selalu introspeksi dan belajar dari setiap kesalahan yang kamu alami. Dengan demikian, usaha kamu akan menyenangkanmu dan tidak menghianati hasil yang akan datang.

7. ASN (Aparat Sipil Negara)

Siapa nih yang impiannya menjadi ASN yang dulunya sering disebut sebagai PNS? Tau gak sih, profesi ini adalah profesi yang diimpikan banyak orang dan banyak jadi idaman para mertu lho:D. Kenapa demikian? Ya, karena profesi ini adalah jenjang karir yang jauh lebih jelas dengan nominal penghasilan yang besar dan menjamin masa tua kamu. Kalau kamu sudah menetapkan untuk menjadi seorang ASN, kamu harus membuat persiapan yang matang untuk setiap seleksi yang akan kamu lewati, karena akan ada banyak pendaftar ASN di luar sana yang akan menjadi saingan kamu.

Oh ya, sejumlah lembaga yang menjadi tempat peluang kerja adalah di Kementerian Pekerjaan Umum, Badan Nasional Penanggulangan Bencana, serta Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional. Besar gaji yang dapat kamu peroleh dari profesi ini berkisar 3jt hingga 6jt dan ini belum termasuk tunjangan. Gaji kamu juga tentatif berdasarkan golongan dan pangkatmu, kawan. 🙂

8. Perusahaan Konstruksi

Dengan mengingat konstruksi di negara ini terus berjalan, selalu ada saja pembangunan apapun itu yang diadakan oleh pemerintah atau non pemerintah. Bahkan dengan meninjau keadaan seperti saat ini, proses pembangunan akan terus ada dan meningkat diwaktu ini dan diwaktu mendatang. Wilayah pembangunan yang sangat variatif dan dibutuhkannya proses pemetaan agar dapat memperlancar proses konstruksi, dan disini lah peran ilmu Teknik Geomatika kamu.

Dari hasil kerjamu itu, kamu dapat memperoleh gaji sebesar 3jt hingga 6jt rupiah, dan semua itu berdasarkan tempat kamu berkerak. Mungkin setiap tempat bekerja memberikan nominal gaji yang berbeda-beda berdasarkan perspektif mereka dalam mengukur seberapa besar gaji yang kamu peroleh dari hasil kerjamu, atau berdasarkan besar kecilnya tunjangan sesuai kepala perusahaan.

9. Perusahaan Tambang Minyak dan Gas

Waw, yang kali ini terdengar keren juga nih. Kamu bisa banget apply pekerjaan di perusahaan migas, karena sudah pasti perusahaan semacam ini membutuhkan orang yang lulusan Teknik Geomatika yang mana ia adalah orang yang ahli melakukan pemetaan wilayah atau lokasi tambang migas atau minyak dan gas. Sungguh menggiurkan, dengan bekerja di perusahaan ini kamu dapat memperoleh penghasilan sebesar 4jt rupiah dan bahkan bisa hingga belasan juta rupiah. Tidak terbayang bukan kalau gaji sudah dua digit, Kalian bisa menikmatinya bestie:D.

10. Akademisi

Teruntuk kamu yang yang sangat gemar dalam berbagi pengetahuan ke bentuk mengajar, atau mementori orang. Kamu bisa menjadi seorang akademisi atau semacam dosen di suatu universitas, dengan cara kalau kamu sudah menjadi lulusan S1 kamu dapat meningkatkan kualitas pendidikanmu ke jenjang master atau S2.

Gaji yang dapat kamu peroleh dari profesi ini tak kalah menarik dengan profesi lainnya lho. Kamu bisa memperoleh gaji sebesar 3jt rupiah hingga 5jt rupiah. Dua kenikmatan yang dapat kamu peroleh dari profesi ini, ialah kesenangan karena dapat berbagi ilmu dengan yang lainnya serta kenikmatan uang gaji. Menarik, bukan?

Nah, itulah informasi mengenai 10 peluang kerja jurusan Teknik Geomatika dan gajinya. Jadi, jurusan ini bukanlah suatu jurusan biasa yang tak ada masa depannya, atau samar – samar prospek kerjanya. Dari membaca artikel diatas sudah jelas ya, ada banyak peluang kerja yang jelas untuk jurusan ini. Semoga artikel ini dapat membantu. Thankyou for reading, bestie:).

Back to top button